14 Januari 2018

Pos Ketan Legenda, Wisata Kuliner Hits di Batu

Pos Ketan Legenda di Batu
Baru merupakan sebuah kota yang baru lahir sekitar 12 tahun silam, karena sebelumnya memang masih masuk kabupaten malang, jadi jangan heran kalau main ke Batu akan sering melihat KWB yang merupakan kependekan dari Kota Wisata Batu. Yep!

Minggu lalu aku sempat main ke Batu, karena adik memang sedang mudik ke Blitar jadi ya itung-itung liburan singkat. Salah satu hal yang membuatku penasaran sama Batu adalah POS KETAN! Yep, bagaimana nggak penasaran temenku aja dari Surabaya pernah malam-malam naik motor ke Batu cuma buat nongkrong di sini dan keesokan paginya pada bolos kuliah semua. Jadi nggak salah dong kalau bilang Pos Ketan itu Kuliner Hits di Batu?

Sekitar pukul 13.30 aku sampai di kawasan aloon-aloon Batu, sambil menunggu sore aku pun mlipir ke Pos Keetan Legenda yang ada di kawasan aloon-aloon batu. Dalam bayanganku, pos ketan batu ini terletak di sebuah kios dengan tenda jalanan dan lesehan. Ternyata dugaanku salah! Pos Ketan Legenda di Batu ini ternyata hanyalah sebuah kios kecil standard pedagang di sekitaran pasar. Berdiri sejak 1967 menyajikan ketan dengan berbagai kombinasi yang menarik tuk dicoba.
Nongkrong di Pos Ketan Batu
Nongkrong di Pos Ketan Batu
Akhirnya rasa penasaranku terbayarkan siang ini, aku pun masuk untuk mencoba memesan, ada banyak sekali pilihan menu lengkap dengan harganya! Jadi enggak perlu takut kegetok, karena semua sudah transparan di depan.

Aku nggak ngerti mau pesen apa siang itu, tetiba mataku tertuju pada sebuah menu dengan durian. Kebetulan emang lagi pengen durian langsung aja aku pesen Ketan Susu Keju Durian yang dibandrol dengan harga 16 ribu rupiah untuk satu porsinya. Setelah membayar pesanan, langsung mencari tempat duduk diluar sambil melihat orang yang lalu lalang.

FYI aja sih, buat kamu yang mau datang ke pos ketan legenda di aloon - aloon batu ini bisa datang setiap hari diantara jam 7.30 - 15.30 setelah itu break sejam an dan buka lagi pukul 16.30 - 03.00 pagi. Kemarin aku datang setengah dua masih ada kok, tapi jam 3 an itu ketannya masih belum mateng katanya. Sepertinya dalam waktu sejam itu sedang close order.

Tidak butuh waktu lama untuk menyajikan pesananku, meski suasana enggak seenak ketika malam tapi rasa penasran tentang pos ketan legenda ini sudah terbayar. Seporsi ketan dengan durian, keju dan fla tersaji menggoda di hadapanku.

Penampakan Ketan Susu Keju Durian di Pos Ketann Legenda Batu
Penampakan Ketan Susu Keju Durian di Pos Ketann Legenda Batu
Perpaduan ketan - susu - kejunya udah bikin agak eneg sih. Duriannya aku makan terpisah karena pengen ngerasain durian yang enak. Dari rasanya, sepertinya ini durian medan yang biasa di frozen. Karena saat disajikan, duriannya masih dingin keluar dari kulkas gitu.

Seporsi ketan dengan tambahan susu sudah lebih dari cukup untuk bikin perut kenyang meski temporary. Buat nongkrong sih sepertinya enak, tapi kalau liat lokasinya di sini kurang sreg karena tempat yang terlalu sempit. Coba ada trotoar dan lesehan, nyangkruk jadi makin gayeng :D.
Ketan Susu Meses
Ketan Susu Meses
Overall, pos ketan legenda ini emang layak untuk dicoba ketika main ke Batu! Nilai 8.5 deh untuk harga dan rasa. Seperti halnya nyobain Ramen Jepang beneran kalau lagi liburan ke Jepang.

Buat yang pengen nonkrong sambil ngobrol-ngobrol kayaknya lebih enak kalau nyobain ketan di cabang yang lain deh. Karena ada kok cabang-cabang lain di sekitaran Batu - Malang dengan tempat yang lebih asyik buat ngobrol sama temen. Aku baru tahu kemarin kalau ada cabangnya :D.

Posting Komentar

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search