panduaji

Kategori: Uncategorized

Ubuntu 9.10 Karmic Koala

Diperbarui:

Sebagai bagian dari komitmen kami terhadap transparansi, beberapa link di situs kami adalah link afiliasi. Artinya, tanpa biaya tambahan untuk Anda, kami mungkin mendapatkan komisi jika Anda memutuskan untuk melakukan pembelian melalui link tersebut. Komisi ini membantu kami membiayai keberlangsungan blog ini.

Ubuntu 9.10 Karmic Koala 1Beberapa waktu lalu dapet kiriman kaset ubuntu dari temen di Malang. ini barusan sempat nginstall ubuntu. ini pertama kalinya memakai ubuntu. karena terdorong untuk mendukung IGOS (Indonesia Go Open Source). Banyak yang menarik dari OS ini. setelah semalaman otak atik ubuntu dapet beberapa kesimpulan (menurutku)

  • ubuntu merupakan open source software yang keren. bisa juga disebut versi gratis dari Mac OS. karena tampilannya bisa dibikin mirip dengan Mac . OS dengan download temanya.
  • ubuntu dan aplikasi di dalamnya bisa didapatkan secara gratis di http://sourceforge.net yang merupakan situs open source software terlengkap untuk segala macam OS.
  • ubuntu memang agak lelet sih. tapi sebanding dengan kinerjanya yang bagus dari tampilan grafiknya
  • mempunyai 2 desktop(bisa dibuat lebih dari 2 desktop), sehingga seperti menggunakan dual VGA atau dengan 2 monitor (gak tau bener apa salah istilahnya)
  • sulit untuk memainkan file multimedia (harus cari codec dan decodernya sendiri beserta library)
  • apabila ada sistem yang broken cukup rumit membetulkannya. saya pernah smp broken pada gnome-about. karena gak tau cara mbenerinnya langsung install ulang aja 😀

mungkin hanya itu yang bisa saya review untuk pertama kalinya mencoba ubuntu. review selanjutnya nunggu pendalaman pada OS ini. apakah kalian gak mau dapet Mac OS gratis yg terinstall pada PC rumah kamu :D? itung itung mendukung IGOS lah.

Shopee Lovember

Leave a Comment