panduaji

Kategori: Review

Share Your Blend File

Diperbarui:

Sebagai bagian dari komitmen kami terhadap transparansi, beberapa link di situs kami adalah link afiliasi. Artinya, tanpa biaya tambahan untuk Anda, kami mungkin mendapatkan komisi jika Anda memutuskan untuk melakukan pembelian melalui link tersebut. Komisi ini membantu kami membiayai keberlangsungan blog ini.

Free Open Source Software BUKAN berarti gratis, namun kemerdekaan atau kebebasan dalam distribusi, memodifikasi dll. Karena ada juga software open source yang berbayar seperti RedHat Enterprise (Operasi Sistem). Blender adalah salah satu software open source yang bisa kita dapatkan secara gratis. Siapapun dapat membagikan dan mendistribusikan Blender secara gratis. Ada orang memasukkan gambar dibawah ini untuk mengikuti kontes splash screen Blender 2.57 :D. Sumber gambar di sini
Share Your Blend File 1
Salah satu karya Blender 2.57 splash screen contest
Selain membagikan softwarenya, kita juga dapat membagikan hasil karya kita menggunakan Blender. Seperti Blenderswap dan Gudang Army, keduanya merupakan website yang bertujuan untuk mengumpulkan karya-karya menggunakan Blender yang bisa digunakan bersama. Karena karya-karya yang diupload pada situs tersebut merupakan karya yang menggunakan lisensi creative commons.

Kita bisa menggunakan semua file yang ada disitu asalkan tidak melanggar ketentuan creative commons. Selain dapat menggunakan untuk kepentingan sendiri, kita juga bisa ikut berkontribusi menyumbangkan karya kita disitu. Saya baru berkontribusi dengan menyumbangkan satu karya yang bisa di download secara gratis.
Share Your Blend File 2
Blendswap website

Gudang Army sendiri merupakan portal yang disediakan oleh Blenderindonesia untuk menyimpan file-file dengan ciri khas Indonesia. Sedangkan Blendswap lebih general. Jika tidak keberatan silakan bagikan file blend anda di situs tersebut.
Share Your Blend File 3
Portal gudang army

Ada beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan share karya disitu diantaranya :
  • Sebagai backup file kita (baca manfaat file sharing)
  • Sebagai sarana belajar bersama
  • Promosi produk (orang jadi tahu apa yang kita bisa)
Jika ada yang mau menambahi atau mengomentari silakan.
Shopee Lovember

2 thoughts on “Share Your Blend File”

  1. banyak orang gak ngeri konsep foss,
    sebenarnya kita juga dapat memanfaatkan keleluasaan modifikasi untuk kepentingan kmersil,

    sperti billing yang dibuat untuk warnet linux..

    salam

    Reply

Leave a Comment