Ubah Ubuntu jadi Mac

panduaji

0 Comment

Link
Siapa yang tidak tahu Mac OS? Saya kira hampir semua pengguna komputer mengetahuinya. Sebuah branding yang keren bagi saya, mungkin juga bagi kebanyakaan orang. Dengan memiliki Mac, hampir dipasti kita mendapat cap keren untuk Pc apa Laptopnya, orangnya belum tentu. haha.

Kali ini saya coba share pengalaman saya ketika mengubah Ubuntu saya dengan tampilan Mac OS. Untuk mengubahnya tidak sulit, cukup download Macbuntu dan persiapkan koneksi internet untuk mendownload aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan untuk menyempurnakan tampilan seperti compiz, docky dll.

Pertama, kita download Macbuntu yang ukurannya sekitar 22Mb.
Letakkan Macbuntu pada folder tmp

  • Extract Macbuntu dan buka folder Macbuntu
  • Baca readme untuk langkah-langkah instalasi, atau ikuti petunjuk dari saya.
  • Klik dua kali pada install.sh lalu pilih run in terminal

Ubah Ubuntu jadi Mac 1
  • Setelah muncul terminal dan beberapa perintah didalamnya, untuk install kita membutuhkan akses root, pilih Y untuk mengizinkan

Ubah Ubuntu jadi Mac 2
  • Masukkan password untuk memberi ijin terminal melakukan instalasi.

Ubah Ubuntu jadi Mac 3
  • Pada tahap ini kita juga mendownload list aplikasi yang dibutuhkan oleh Mac versi ubuntu.

Ubah Ubuntu jadi Mac 4
  • Setelah list didapatkan kita tekan Y untuk memberi izin kepada terminal bahwa kita setuju untuk melanjutkan instalasi.

Ubah Ubuntu jadi Mac 5
  • Setelah Instalasi selesai, Ubuntu kita seperti Mac OS
Ubah Ubuntu jadi Mac 6
Setelah tampak seperti Mac, kita bisa atur konfigurasinya. Satu hal yang kurang saya kurang suka dari theme ini adalah iconnya. Icon GIMP di replace dengan icon photoshop. Dan masih banyak lagi, namun hal tersebut tergantung selera.

Tampilan ini tidak berlangsung lama, karena setelah itu saya putuskan untuk menggunakan theme yang saya custom sendiri dengan campuran berbagai theme yang sudah pernah saya install. Dulu saya sudah pernah menggunakan tampilan tersebut saat masih sekolah.

Semoga bermanfaat 

Tags:

Share:

Related Post

Leave a Comment