panduaji

Kategori: Uncategorized

Harian Kompas ~ Serunya Komunitas Pengguna Blender

Diperbarui:

Sebagai bagian dari komitmen kami terhadap transparansi, beberapa link di situs kami adalah link afiliasi. Artinya, tanpa biaya tambahan untuk Anda, kami mungkin mendapatkan komisi jika Anda memutuskan untuk melakukan pembelian melalui link tersebut. Komisi ini membantu kami membiayai keberlangsungan blog ini.

Harian Kompas, 8 September 2011
Ditulis oleh: Pandu Aji Wirawan (http://kompasiana.com/ndundupan)
Harian Kompas ~ Serunya Komunitas Pengguna Blender 1
Harian Kompas, 8 September 2011hal 23
Blender. Saya pikir hampir semua pembaca tahu lah blender itu apa, sangat mudah ditemui di dapur-dapur rumah tangga.
Tapi Komunitas Pengguna Blender yang saya maksud adalah komunitas pengguna perangkat lunak (software) Blender 3D yang pada umumnya digunakan untuk mengilah kreativitas menjadi kontan tiga dimensi. Selain untuk membuat konten 3D, Blender ini juga dapat digunakan dalam berbagai kegiatan multimedia seperti editing video, game, animasi dan compositing.
Blender sendiri merupakan sebuah pernagkat lunak terbuka (open source) yang kini dikembangkan oleh sebuah organisasi non profit di Belanda bernama Blender Foundation. Jangan remehkan pengguna Blender lho, karena saat ini animasi sedang berada diatas angin. Para pengguna Blender diburu lantaran masih sedikitnya sumber daya manusia yang dapat menggunakan Blender.
Selain lebih efektif dalam berbagai hal, Blenedr merupakan sebuah program yang dikembangkan oleh komunitas yang ada di seluruh dunia, sehingga jangan heran jika update-nya sangatlah cepat. Kok, jadi mondar-mandir gitu ya? Okelah kembali ke Komunitas Blender Indonesia.
Komunitas ini didirikan oleh Hiza Ro pada bulan Agustus 2009 dengan modal semangat, keyakinan dan uang sebesar 100ribu rupiah guna pembelian domain. Karena komunitas ini  merupakan komunitas yang berkembang di dunia maya, sehingga siapapun bisa bergabung di dalamnya secara gratis, orang Indonesia kan banyak yang suka gratis-gratis. Hehehe…
Selain bertemu secara online, para pengguna Blender terkadang mengadakan kopi darat dalam bentuk seminar maupun workshop. Selain itu banyak juga studio animasi yang terlahir dari komunitas ini. Untuk bergabung silakan langsung mengisi form di .
Sebelum saya tutup tulisan ini, biasanya kami para anggota komunitas Blender Indonesia yang biasa disebut Blender Armu menggunakan salam Blender untuk beberapa kegiatan (lihat foto pada gambar untuk tahu bagaimana salam Blender itu.). Oh ya ada yang kelupaan. Selain berbagi tutorial, pengalaman dan diskusi, ada juga lho yang berbagi file mentahan produksi secara gratis.
Selengkapnya:
Shopee Lovember

2 thoughts on “Harian Kompas ~ Serunya Komunitas Pengguna Blender”

Leave a Comment