Percantik Ubuntu dengan GNOME PIE

Last Updated on 2 years by panduaji

Percantik Ubuntu dengan GNOME PIE 1
GNOME Pie
Sudah seminggu ini ubuntu 11.10 rilis, sudah beberapa hari ini pun saya mencoba untuk mengeksplore ubuntu agar dapat bekerja lebih optimal. Namun dasarnya saya suka iseng-iseng alhasil nemu sebuah fitur yang cukup keren bagiku. Fitur yang rencananya akan digunakan oleh microsoft pada edisi Windows 8.
Fitur yang saya maksud adalah fitur GNOME PIE. Sebuah variasi model menu seperti gambar diatas. Namun jangan khawatir, karena kita disediakan fitur untuk mengatur sendiri apa saja yang akan ditampilkan dan bagaimana kita mengaksesnya. Yaitu dengan Setelah menu GNOME Pie aktif klik icon pie > preference > pies > atur sendiri sesukamu.

Percantik Ubuntu dengan GNOME PIE 2
Custom App on GNOME Pie

Sebelum menggunakan pie, kita harus menjalankan GNOME Pie yang sudah tersedia pada menu, setelah itu kita dapat menggunakan GNOME Pie menggunakan keyboard. Berikut shortcut default dari GNOME Pie

  • Ctrl + Alt + A memunculkan menu aplikasi
  • Ctrl + Alt + B memunculkan bookmarks
  • Ctrl + Alt + Q memunculkan kontrol sesi
  • Ctrl + Alt + M memunculkan menu media
  • Ctrl + Alt + W memunculkan kontrol jendela
  • Ctrl + Alt + Spasi memunculkan menu utama
Menarik bukan? Untuk menginstallnya cukup dengan koneksi internet dan search di Ubuntu Software Center, namun sebelum melakukan itu jangan lupa untuk menambahkan repositori baru pada software source. yaitu 

ppa:simonschneegans/testing

Untuk menambahkan source tersebut cukup masuk update manager > setting > other software > add > masukkan source > Add source. Setelah menambahkan source, jangan lupa untuk update list repositori, sehingga GNOME Pie sudah muncul pada ubuntu software center. Selamat mencoba dan dapatkan desktop yang keren!

info:  OMGUbuntu

Previous

Kumpulan Poster

Tips Setelah Install Ubuntu

Next

Saya juga ada di Instagram facebook Twitter dan Youtube Suka menulis tentang blogging di panduaji.com

2 thoughts on “Percantik Ubuntu dengan GNOME PIE”

Leave a Comment