panduaji

Kategori: Uncategorized

Shutter Sebagai Default Screenshot Ubuntu 12.04

Diperbarui:

Sebagai bagian dari komitmen kami terhadap transparansi, beberapa link di situs kami adalah link afiliasi. Artinya, tanpa biaya tambahan untuk Anda, kami mungkin mendapatkan komisi jika Anda memutuskan untuk melakukan pembelian melalui link tersebut. Komisi ini membantu kami membiayai keberlangsungan blog ini.

Shutter, merupakan salah satu aplikasi open source favorit saya, karena dengan shutter kita bisa mengambil screenshot sekaligus mengeditnya. Ini sangat membantu apalagi dalam pembuatan tutorial. Beberapa minggu ini setelah upgrade ke Ubuntu 12.04 saya mengalami kesulitan untuk mengambil screenshot, karena screenshot software bawaan Ubuntu yang bernama ‘Gnome-screenshot’ tidak mau digantikan dengan software lain seperti shutter. Entah ini bug di shutter atau software lain.

Problem tersebut yang telah menghambat saya beberapa hari ini untuk menulis tutorial lengkap dengan screenshotnya. Alhasil tulisan tersebut masih ada dalam draft belum terpublish karena belum saya ambil screenshotnya. Setelah mencoba beberapa alternatif akhirnya saya menemukan jawabannya setelah dibantu oleh kawan saya yang bernama ade. Berikut tips dan trik menggunakan shutter sebagai default aplikasi screenhot di Ubuntu 12.04 dan GNOME Shell

  • Pastikan shutter sudah terinstall, kemudian buka shutter dan buka tab preferences. Pada bagian Keyboard atur tombol untuk mengambil screenshot. Saya menggunakan tombol Print (print screen) untuk mengambil screenshot
shutter preferences as default
shutter preferences as default
  • Buka system settings, kemudian pilih menu keyboard. Buka tab shortcut dan pilih Custom Shortcuts. Tekan symbol ( + ) pada bagian bawah. Masukkan nama perintah terserah sesuai keinginan dan masukkan shutter -f pada bagian command. Perintah shutter -f merupakan perintah untuk mengambil keseluruhan gambar yang ada pada desktop.
shortcut mengambil screenshot dengan shutter
shortcut mengambil screenshot dengan shutter
  • Klik shortcut yang di disable kemudian tekan tombol print. Hal tersebut akan crash dengan gnome-screenshot, oleh karena itu pilih tombol reassign untuk mengganti perintah screenshot gnome-screenshot dengan shutter. Sehingga ketika kita menekan tombol print maka shutter akan mengambil screenshot dari desktop kita.
Semoga ini bisa menjadi solusi untuk teman-teman yang mengalami hal serupa. Semoga bermanfaat
Shopee Lovember

Leave a Comment