Backpacker Karimunjawa

panduaji

Kategori: Dolan, Review

Liburan ala Backpacker ke Karimunjawa

Diperbarui:

Sebagai bagian dari komitmen kami terhadap transparansi, beberapa link di situs kami adalah link afiliasi. Artinya, tanpa biaya tambahan untuk Anda, kami mungkin mendapatkan komisi jika Anda memutuskan untuk melakukan pembelian melalui link tersebut. Komisi ini membantu kami membiayai keberlangsungan blog ini.

Mau backpackeran ke Karimunjawa tanpa trip Karimunjawa? Bisa banget dong! Beberapa waktu lalu saya dan Adit teman saya jalan-jalan ke Karimunjawa tanpa menggunakan tour dan travel. Kami merencanakan semua perjalanannya sendiri.

Saya akan menulis Itinerary, Jadwal Kapal, Biaya untuk backpackeran ke Karimunjawa. Saya berangkat dari Surabaya. Tapi kamu juga bisa menggunakan panduan liburan ke Karimunjawa ini meski berangkat dari Jakarta, Jogja, Solo, Semarang, Malang, maupun kota-kota besar lainnya.

Kalau mau liburan agak jauh dikit, mungkin kamu bisa baca tulisanku ketika backpackeran ke Jepang.

Liburan ala Backpacker ke Karimunjawa 1

Saya dan adit ketika berada di Bukit Joko Tuo Karimunjawa

Rute Menuju Karimunjawa

Saya berangkat dari Surabaya menuju Karimunjawa menggunakan bus dari terminal Bungurasih dengan tujuan akhir Jepara. Ada 2 bus yang melayani rute ini, yaitu Bus Indonesia dan Bus Jaya Utama.

Bus terakhir dari PO Indonesia menuju ke Jepara pukul 20.30 sedangkan dari PO Jaya Utama pukul 21.30. Waktu itu saya naik bus Indonesia dari Bungurasih menuju ke terminal Jepara dengan durasi perjalanan sekitar 6 jam. Sudah termasuk istirahat dan makan malam di daerah Tuban.

Tiket bus saat itu Rp.90.000, saat ini saya kurang tahu berapa harga tiket bus dari Surabaya ke Jepara. Seharusnya tidak sampai menyentuh angka Rp.150.000

Saya sampai di Terminal Jepara sekitar pukul setengah 3 pagi yang kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki kurang dari 30 menit ke Pelabuhan Kartini Jepara. Selain jalan kaki, kamu bisa naik angkutan yang tersedia. Ta

Kapal Jepara – Karimunjawa PP (Update 2022)

Ada dua pilihan kapal untuk menyebrang dari Jepara ke Karimunjawa, yaitu kapal Siginjay dan Kapal Bahari Ekspress. Dulu ada kapal ekspress dari Semarang, namun sudah tidak beroperasi lagi. Ada juga kapal PELNI namun saya belum pernah mencobanya sehingga tidak saya tulis di sini

Kapal Siginjay Jepara – Karimunjawa PP

Kapal Siginjay merupakan kapal ferry yang membutuhkan waktu sekitar 5 jam perjalanan dan bisa digunakan untuk mengangkut kendaraan. Kalau kamu mau bawa motor dan mobil, kamu bisa naik kapal ini.

Berikut jadwal Kapal Siginjay dari Jepara ke Karimunjawa dan dari Karimunjawa ke Jepara

Jepara – Karimunjawa Karimunjawa – Jepara
Senin 07.00 Selasa 07.00
Rabu 06.30 Rabu 13.00
Kamis OFF Kamis 07.00
Jum’at 06.30 Jum’at 13.00
Sabtu 06.30 Minggu 07.00

Harga tiket untuk kapal Siginjay dari Jepara ke Karimunjawa adalah sebagai berikut

  • Kelas Ekonomi: Rp120.000
  • Kelas VIP: Rp150.000
  • Bawa Motor: Rp80.000
  • Bawa Mobil: Rp875.000

Tiket Kapal Siginjay tidak bisa dibeli secara online. Kamu harus membeli tiket di pelabuhan ketika kapal mau berangkat. Biasanya kapal akan berangkat sekitar pukul 7 pagi. Loket dibuka pada pukul 5 pagi. Ada baiknya setelah mendapatkan tiket, kamu segera naik ke kapal karena kapal bisa berangkat kapan saja ketika dianggap sudah penuh.

Kapal Bahari Ekspress

Kapal Express Bahari

Kapal Bahari Ekspress merupakan kapal cepat dari perusahaan swasta yang juga mengoperasikan rute Gresik – Bawean. Saya pernah naik juga ketika backpackeran ke Bawean.

Butuh waktu 2 jam dari Jepara ke Karimunjawa maupun sebaliknya naik kapal cepat ini. Ketika kamu naik Siginjay, kamu akan melihat kapal cepat ini mendahului sekitar pukul 10 pagi. Padahal kapal ini baru berangkat pukul 9 pagi. Hahaha

Berikut jadwal kapal cepat express bahari dari Jepara ke Karimunjawa dan dari Karimunjawa ke Jepara

Jepara – Karimunjawa Karimunjawa – Jepara
Senin 09.00 Senin 12.00
Selasa 09.00 Rabu 11.00
Kamis 09.00 Kamis 12.00
Jum’at 09.00 Sabtu 07.00
Sabtu 10.00 Minggu 11.00

Harga tiket Express Bahari ini adalah

  • Executive: Rp200.000
  • VIP: Rp230.000

Pemesanan bisa dilakukan secara online di nomor:

  • Pelabuhan Kartini Jepara: 62813-50679768 / +62291-592-999
  • Pelabuhan Karimunjawa: 62813-50679769

Backpacker ke Karimunjawa?

Karimunjawa dari Joko Bodo

Mungkin banyak yang berfikir bahwa kita akan kesulitan apabila tidak mengikut travel di sana. Padahal kita bisa mendapatkan harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan mengikut salah satu biro. Penginapan di sana mulai dari Rp. 80.000 – jutaan /malam pun ada :D.

Update Informasi penting

  • Hanya ada ATM BRI di Karimunjawa, lebih baik bawa uang cukup dari luar daripada kehabisan uang di Karimunjawa
  • Ada wifi.id di telkom dekat alun-alun, bisa dijadikan alternatif internet kencang di malam hari.
  • Tidak disaranakn datang saat libur natal dan tahun baru #kataoranglokal, karena kamu tidak bisa benar-benar menikmati liburan di sini
  • Bulan Februari – Maret ombak seringkali besar, kapal kadang tidak menyeberang.

Setelah mendapatkan penginapan bisa langsung tanya ke pengelola tentang paket tour laut. InsyaAllah dibantu. Harga untuk tour laut berbeda-beda, tergantung orang yang anda tanyai. Saya ikut paketan dari homestay yaitu sebesar 150.000/hari. Itu sudah all in tur laut sehari dengan rincian sebagai berikut

Paket Tour Laut Harian

Fasilitas yang didapatkan dengan biaya 150.000/ hari adalah sebagai berikut

  • Transport berupa kapal
  • Persewaan alat snorkling
  • Dokumentasi underwater (siap-siap flashdisk untuk copy data)
  • Makan siang (Ikan laut bakar)

Intinya tinggal datang ke dermaga, naik kapal sampai pulang ke dermaga lagi. Enggak perlu ribet nyari macem-macem. Ini numpang rombongan yang lain.

Island Hoping tour laut karimunjawa

Makanan di Karimunjawa

Kalau backpacker di Karimunjawa tidak perlu takut dengan makanan, karena ada banyak warung dengan harga standard di sana. 1 porsi sekitar 10 ribuan sudah termasuk minum. Untuk Aqua botol 1.5 liter dibandroll dengan harga 5 ribu. 

Wisata di Karimunjawa

Selain laut, ada banyak wisata darat di Karimunjawa seperti Makam Sunan Nyamplungan, Tracking Mangrove, Pantai Nirwana Resort dan Fosil di Bukit Joko Tuo. Beberapa lokasi memang cukup jauh dari pusat kehidupan warga Karimunjawa. Kamu bisa sewa motor dengan harga Rp. 75.000/ harinya. 

Sistem sewa motor di sini bukanlah 24 jam, tapi hari dimana kamu pinjam. Apabila kamu pinjam hari Senin ya harus balik hari Senin Malam.

Kisaran Anggaran Dana Backpacker ke Karimunjawa

Berikut anggaran yang saya habiskan untuk backpackeran ke Karimunjawa pada tahun 2014 silam. Tentu ada banyak hal yang berubah, seperti tiket bis, tiket kapal hingga harga tour laut. Sehingga kamu bisa menghitung biaya yang mungkin berbeda dari apa yang saya tulis di sini.

NomorKeperluanBiaya
1Tiket Bis Surabaya – Jepara PPRp. 180.000
2Tiket Kapal Siginjai PP Rp. 90.000
3Tiket Masuk KarimunjawaRp. 5.000
4Homestay 1 KamarRp. 80.000/hari
5Tour LautRp. 150.000/hari
6Wisata Lain-LainRp. 20.000
7Sewa MotorRp. 75.000
8MakanRp. 10.000/makan

Mungkin itu anggaran kasar yang dibutuhkan untuk backpackeran di Karimunjawa. Untuk yang lain bisa menyesuaikan. Kalau mau makan seafood, harga sekitar Rp. 20.000 an kok. Ikannya gede-gede dan fresh. Ini salah satu penampakannya.

Kuliner di Karimunjawa

Saya berdua selama 4 hari di sana tidak habis lebih dari Rp. 800.000. Mau tahu fakta ketika saya backpackeran di Karimunjawa? Tunggu tulisan tentang backpacker karimunjawa Eps 02 – selesai di panduaji.net 😀

Cerita Lanjutan di Karimunjawa

Backpacker ke Karimunjawa Eps 02 – Perjalanan dimulai

Backpacker ke Karimunjawa Eps 03 – Bertualang di daratan Karimunjawa

Backpacker ke Karimunjawa Eps 04 – Menikmati pesona laut Karimunjawa

Backpacker ke Karimunjawa Eps 05 – Menikmati pesona laut Karimunjawa (lagi)

Buat yang gak mau ribet, mungkin bisa coba cek paket liburan wisata karimunjawa komplit. siapa tahu cocok dan berminat 🙂

Shopee Lovember

82 thoughts on “Liburan ala Backpacker ke Karimunjawa”

    • txs informasinya

      untuk sewa motor, ada CP nya kah? atau memang disana banyak tempat sewa motor?
      bagaimana dengan sewa sepedah kayuh? bisakah pake sepedah kayuh untuk mengitari karimunjawa? he he he

      txs before

      Reply
    • Ahahai….
      okay, tak usahakan Mas Pandu dapet diskonan. Semoga saya juga dapet. wkwkwkwk…..
      Sesama dari Surabaya harus saling membantu.

      Txs so much

      Reply
    • Langsung ngomong ke Mas Arie saja, nanti dicarikan sepeda motor :D. Gak perlu ribet cari sendiri hehe

      Kalau kontak mas Arie Karimun Indah ngomong saja tau kontaknya dari web / blognya Mas Pandu. Siapa tahu kalau saya kesana lagi saya dapat diskonan 😀 #ngarep

      Minggu lalu saya tanya Mas Arie tarifnya masih sama seperti yang saya tuliskan di atas.

      Reply
    • sama-sama, ditunggu cerita serunya di Karimunjawa. Disarankan tidak berangkat bulan Februari & Maret, soalnya ombaknya sering besar.

      Reply
    • agan kmren naek kapal apa gan?trs lama perjalanan brp jam gan?kapal nya brngkat stiap hari jam 7 gan ya?trs utk tour laut itu seharian kan dri pagi sampe sore,,walau cuma b2 hrga ttp 150 per org ya?tlong info nya gan,,mksh y gan,

      Reply
    • Saya berangkat bulan Oktober 2014. Sebelum kenaikan BBM. Sekarang pun selisihnya enggak terlalu banyak kok. Bensin kan sudah turun lagi :D.

      Reply
    • Mungkin banget mbak, tapi pastikan bawa rombongan yang cukup biar bisa share cost. Untuk harga sewa kapal dll saya belum tahu pastinya. Lebih baik kalau H – 1 jalan-jalan di sekitar pelabuhan kapal kecil untuk tanya-tanya sama nelayan disitu 🙂

      Reply
    • Lumayan gan, ane sama temen jalan sekitar 10 menit. Lokasi homestay sekitar 100 meter dari alun-alun dan pelabuhan kecil.

      Reply
    • Kalau gak capek, bawa motor sendiri gpp gan. Kalau saya berangkat dari Surabaya ogah bawa motor sendiri. Capek di jalan. Mending naik bis, tinggal tidur di dalam bis 😀

      Reply
  1. saya udah di klarimunjawa mas dan terdampar 9 hr mas disini,namun karna pemiliknya baik kita bener" terbantu,kamsia buat mas pandu udah recomended kita di wisma karimun indah pemiliknya mas arie gila baik banget

    Reply
    • iya mas, gak ada kapal yang berrangkat dari Jepara soalnya mas, tapi alhamdulillah Selasa ini sudah bisa kembali ke Jepara. Siap nanti disampein ke mas Arie mas salamnya hehe.

      Reply
    • Wuik? Terdampar 9 hari mas? Ombaknya besar yak? Salam buat Mas Arie, nanti kalau ke Karimunjawa saya mampir sana lagi. hehe

      Reply
    • ngapain aja mas 9 hari di Karimunjawa? berarti sudah puas keliling di sana ya ? hehe

      Terima kasih sudah menyampaikan salamnya 🙂

      Reply
  2. Mas pandu sampean surabaya mana? Barangkali bisa suatu saat kalo ketemu,saya ingin tanya2 langsung. . .cz mau backpackeran jg ke karja sm tmn2 sby

    Reply
  3. Luar biasa pengalamannya mas terimakasih sudah mau berbagi Tuhan memberkati, indonesia it's not perfect but indonesia it's awesome ( Thanks God I'm Indonesian)

    Reply
  4. Mas… itu bus dr terminal purabaya nya bnran jam 8 y? Soalnya ad blog yg blg jam stengah 6… sya rencana akhir mei ksna skr galau soal k jeparanya…

    Reply
    • Aku kemarin naik yang jam 20.30 . kurang tahu juga kalau ada perubahan jadwal. Coba dateng ke terminal aja buat tanya jadwal busnya 😀

      Reply
  5. Mas kira2 kalau kita tidur di tenda di pantai Karimun Jawa masalah gak ya? Apa banyak juga orang yang tidur di tenda gitu? Soalnya mau ngerasain sensasi tidur di pantai gitu. hehe

    Reply
  6. Thanks update infonya Mas, bermanfaat banget. Tapi gambar tabel rincian total biaya ga kluar full di hp. Total biaya brp Mas?

    Reply
    • mungkin hapenya bisa di landscape in. ada beberapa perubahan harga, terutama harga tiket kapal. naik semua :D.

      Total biaya yang saya habiskan sih 1 juta. soalnya nyoba macem macem di sana 😀

      Reply
    • Untuk 1 orang saja. sepertinya sekarang ada kenaikan untuk tour lautnya. saya kurang tahu. antara 175 – 200 ribu.

      Reply
  7. Mas dari bungur – jepara sekarang harga tiket bus berapa?
    di jepara turun mana?
    dari jepara ke pelabuhan naik apa?

    Reply
  8. gan mau tanya kalau saya mau liburan ke karimunjawa itu butuh waktu berapa hari ya? soalnya kan saya kerja jadi bisa ambil cuti di kantor. saya mau berdua temen saya ke sana gan. mohon pencerahanya ya

    Reply
  9. Agustus ada rencana kesana, tp bingung mau sharecost atau ambil paket.
    kalo sharecost takunya cuma gak kebagian tiket kapal fery nya 🙁
    Ada kemungkinan gak sih mas gak kebagian tiket kapal fery? soalnya saya rencana pas hari kemerdekaan

    Reply
    • Iya, kurang lebih segitu sudah aman. Tapi kurang tahu kalau ada banyak kenaikan harga. soalnya ini sudah setahun yang lalu sebelum BBM naik 😀

      Reply
  10. Mas.. saya udah booking tgl 26-29 desember 2015 di cocohuts hotel, saya ber7 ( 4 dewasa dan 3 anak ). ada yang mau saya tanyakan.
    1.Ada ga ya paket wisata dengan mas arie cuma untuk keliling pulau** disana selama 2 hari?
    2.Kalau untuk anak umur 2,5 th aman ga mas ?
    3.Pom bensin disana ada ga ya.. soalnya saya bawa mobil sendiri.

    Thanks..
    Sukses buat mas pandu..

    Reply
    • 1. Ada mas, mungkin bisa hubungi Mas Tono kalau cuma mau wisata disana aja. nomornya : 0812 2504 6358 . Dia guide lokal di sana.
      2. Kalau untuk snorkling saya kurang tahu. biasanya untuk usia sekolah sudah ada yang ikutan dengan lifejacket terus.
      3. pom bensin enggak ada mas. adanya ecerrran.

      Reply
  11. Kawan..perairan bln oktober di karimunjawa tenang gk ya?rencana oktober kesana nih..dan dpt sunset bagus kagak kawan?mksdnya gk kenak mendung gtu..

    Reply
    • Saya nggak bisa memastikan bos, alam punya aturan sendiri. hehe

      Tahun lalu saya bulan November kesana ya lumayan sih, cuma dapet sunrise sekali.

      Reply

Leave a Comment