Kirim Paket ke Korea Selatan via Pos Indonesia / EMS

Last Updated on 4 months by panduaji

Beberapa waktu lalu aku jualan merchandise dan nggak nyangka aja ternyata yang pesen 2 kali lipat dari perkiraan awal. Yang bikin kaget lagi itu, ternyata ada yang pesenan yang harus dikirim ke Korea Selatan! Ya namanya rejeki masak di tolak? Pamali!

Setelah semua pesanan jadi, sekarang saatnya kirim-kirim paket merchandise wisata di Blitar ke seluruh dunia. Sempat bingung juga dalam memilih ekspedisi murah ke luar negeri. Kalau ke hongkong ada yang cukup murah, langganan TKI yang tiap minggu ngirim rempeyek ke Hongkong. Setelah tanya ongkir ke korea ternyata kena mahal juga. Dengan berbagai macam pertimbangan akhirnya kuputuskan untuk menggunakan POS Indonesia.

Pengiriman ke Luar Negeri dengan Pos

Sebelum melakukan pengiriman, pastikan paketnya sudah benar-benar di packing dengan rapi dan aman. Soalnya akan melintasi negara yang jauhnya ribuan kilometer. Jadi pesanannya aku packing dengan kardus. 

Setelah itu langsung dateng aja ke kantor pos terdekat. Setelah ambil nomer antrian ternyata langsung dipanggil oleh mbak Elsa yang manis :D. Setelah itu berat barang ditimbang dan ternyata beratnya sekitar 2.4 Kg.

Setelah nunggu beberapa saat, muncul lah nilai sebesar 571rb yang harus dibayar untuk mengirimkan barang tersebut ke Korea Selatan. Dengan Kurs Dollar Rp. 14.660. Lumayan mahal juga yak.

Pengiriman barang ke Korea Selatan

Yang paling penting dari pengiriman barang ini adalah KODEPOS! Harus ada! Syarat yang mutlak. Karena pembeli enggak ngasih nomor telepon. Aku juga enggak kasih ternyata bisa kirim tanpa nomer telepon. Tapi buat amannya sih lebih baik ada nomor teleponnya. 

Sudah sekitar seminggu barang dikirim, semoga segera sampai tujuan dan dapet konfirmasi kalau barangnya diterima :D. Nanti aku update lagi kalau barangnya sudah sampai di lokasi pengiriman.

Sepertinya pos indonesia / ems ini merupakan salah satu alternatif pengiriman paket ke luar negeri yang bisa dibilang miring jika dibandingkan pengirman menggunakan ekspedisi lain. Tapi kalau jumlahnya besar ya enggak tahu lagi sih.

UPDATE:
Maaf lupa enggak update kelanjutannya. Barang yang aku kirim sampai sekitar seminggu setelah aku kirim barangya. Tepatnya sekitar 8 hari :D. 

Previous

Cara Membeli Domain dan Hosting Indonesia di DomaiNesia

Naik Kereta Malabar Blitar – Bandung Lanjut Kereta Lokal ke Cimahi

Next

Saya juga ada di Instagram facebook Twitter dan Youtube Suka menulis tentang blogging di panduaji.com

59 thoughts on “Kirim Paket ke Korea Selatan via Pos Indonesia / EMS”

  1. Hai ka aku mau tanya kalau kirim barang kesana nanti pas smpe barang nya kesana si customer ada bayar lagi ga kaya bea cukai barang dll??

    Reply
    • Bantu jawab ya…
      Volum itu dikenakan jika paket yg dikirim besar dan memakan tempat…

      Biaya volum berlaku jika lebih besar dari hitungan kilo-nya…

      Contoh:
      Kirim kasur lipat dengan Volum: P= 100cm, L= 100cm dan T= 150cm

      Nah beratnya cuma 4kg… Tp yg dikenakan biaya volum krn memakan tempat… Biasanya gitu kak…

      Pakai kardus atau nggaknya balik lagi lihat dari besar atau nggakknya paket kakak…

      Reply
    • Kalau pengiriman dr luar korea boleh koq pake tulisan latin tapi bahasa inggris…
      saya sering kirim ke korsel pakai TNT FedX atau DHL yg kerjasama dgn expedisi lokal indo…di tmpt saya kirim u yg non food 1kg pertama Rp 300rb u kg berikutnya Rp 170rb… Klw yg food 1kg pertama Rp. 320rb dan kg berikutnya Rp. 190rb…waktu pengiriman sekitar 1 minggu klw gak ada kendala… Harga bs berubah sewaktu2…thn ini ajah udah naik 2 kali…hehehe.. Penerima paket hrs bs di tlp oleh pihak custom u konfirmasi pengiriman klw paketnya udah sampai di korea… Klw via pos kayaknya gak ada konfirmasi apa2 ya…

      Reply
      • waah baru tahu, dulu sama masnya yang pesen kaos disuruh copas tulisan korea gitu. Katanya banyak pos yang belum bisa baca teks latin sehingga lebih aman kalau pakai huruf sana.

        Reply
        • Itu buat kurir di koreanya kak…klw dr indo ke sana sebenarnya lbh bagus latin inggris…krn kan transit2 juga…dan gak semua tau bahasa korea…tp klw disana udah pasti tau…biasanya sampai di korea dikasih label lagi dgn hangul…krn bbrapa kali org yg saya kirimin barang foto paketnya selalu ada label lain di tempel diatas label alamat dengan huruf hangulnya…
          Custnya kakak gak slh jg…krn org sana apalagi yg tua2 emg kebanyakan gak tau huruf latin… Pernah saya order makanan dr Gmarket untuk kakak saya disana eh ditolak reasonnya krn penulisan alamat tidak diketahui…pas saya cek di Gmarket ternyata sellernya minta tulisan hangul krn gak tau huruf latin…hehehe..
          Lbh bagus lagi klw penulisan alamat pakai kedua jenis hurufnya kak…
          Gak cuma korea ajah siy…negara2 lain yg punya huruf tersendiri pun spt itu kak…

          Reply
      • Saya sudah kirim kak, seperti yang kakak bilang jadi saya pake 2 macam tulisan ada yang hangeul dan ada yang latin.. terus juga gak pake kode post.. soalnya pas ke kantor pos bapaknya yang nulisin…
        Berat paket saya 1.789 gram kena harga 780.000.. mahal banget :'(
        dari keterangan sih udah final delivery sekitar 8 hari tepat tanggal 26 lalu sampainya. tapi saya tanyakan ke doi yang ku kirim barang belum nerima. Hari ini masih mau ngecek ke kantor satpamnya. yah semoga emang masih di kantor satpam sih..hehe
        Kak Andin mau tanya ekspedisi Indonya pake apa ya kok sepertinya harganya worth it dibanding ems, boleh saring kah?

        Reply
          • wah…mau donk kak.. Klw makanan boleh gak?… Mungkin kak pandu bisa bantu kita2 yg butuh expedisi u ke korea kak…hehehe…

          • Lusa saya ke kantor, saya coba tanyakan ke tim dulu ya. Soalnya belum tahu regulasi pengiriman makanan. Apakah ada regulasi khusus untuk kirim makanan?

          • Oke kak… Ditunggu info baiknya kak… Setahu rain klw makanan gak bs yg menggunakan wadah kaca dan barangnya berupa cairan… Tp biasanya dibedain antara makanan dan yg bukan u tarifnya kak…

            Ditunggu info baiknya kak panji…

          • sudah saya bicarakan sama atasan di kantor, kemudian dibuatkan sama finance tarif jasa pengiriman ke luar negeri. Jika berkenan bisa kirim email ke ndundupan[at]gmail.com nanti saya kirimkan pricelist ongkir kalau pakai jasa kantor saya.

        • Mahal banget itungan 2kg biayanya segitu…pake yg jenis apa kak?… Ini saya mau kirim paket kesana lagi pake pos nanya u 5kg 900rb lbh yg RLN dan 1,2jt brp gitu u yg EMS…

          Klw yg swasta saya pake u ke korea Suhada Express kak…dia kerjasama dengan DHL dan TNT FedX…

          +6285814944971 itu kontaknya bu sausan yg di suhada express…kakak blg ajah tau dari rain yg suka kirim ke korea dan malaysia…

          Reply
    • Iya kalau pakai akun corporate perusahaan. saya sering numpang kirim, kebetulan emang kantor ekspor. Kalau untuk individu saya kurang tau kak. Biasanya ke US juga cuma USD 30 kok ongkirnya. Seminggu sampai

      Reply

Leave a Comment