6 Tempat Wisata Dekat Stasiun Kota Blitar

6 Tempat Wisata Dekat Stasiun Kota Blitar 1

Di dalam komplek ini terdapat perpustakaan, galeri dan makam bung karno. Aku saranin buat jalan dari sebelah selatan biar enggak perlu bolak balik. Dari selatan ke galeri bung karno yang berisi berbagai macam foto-foto dan barang peninggalan bung karno.

Kalau mau mampir ke perpus sih bisa, tapi seperti pada umumnya perpustakaan, tidak boleh mengambil gambar dalam area perpustakaan. Apalagi status perpustakaan bung karno ini adalah perpustakaan nasional.

Kalau mau cari tempat bagus buat foto-foto sih di galery Bung Karno. Karena di galery tersebut pencahayaannya dan tempatnya udah instagramable. Nggak percaya? Berikut salah satu penampakannya.

6 Tempat Wisata Dekat Stasiun Kota Blitar 4
Spot Galery Bung Karno

Untuk masuk ke galery bung karno syaratnya cuma ngisi buku tamu aja. Enggak lebih. Kalau mau ambil foto juga boleh asalh tidak menggunakan flash. Nah, di tempat ini ada foto bung karno yang seperti berdetak di bagian jantungnya. Tapi ngelihatnya dari samping ya, bakal tampak seperti berdenyut.

6 Tempat Wisata Dekat Stasiun Kota Blitar 5
Lukisan Bung Karno yang berdetak

Keluar dari Kawasan galeri bung karno terdapat sebuah patung dengan latar belakang kolam dengan pilar-pilar yang juga instagramable banget deh. Selain itu juga terdapat semacam patung di dinding atau apalah ya namanya yang menceritakan tentang proklamasi.

Kawasan komplek Makam Bung Karno
Kawasan komplek Makam Bung Karno

Dengan berjalan terus ke utara kamu akan menaiki tangga dan diminta untuk mengisi buku tamu. Kalau sendirian biasanya aku enggak pernah ngisi buku tamu, tapi kalau rame-rame ngisi buku tamu. Kemarin bersepuluh kata temenku disuruh membayar seikhlasnya tapi orangnya bilang dua puluh ribu. Anggap saja satu orang dua ribu rupiah.

Dibalik gerbang tersebut terdapat Makam Bung Karno dan dua orang tuanya yang selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama di akhir pekan. Kalau hari biasa sih enggak terlalu ramai, meski begitu tetap saja ada yang mengunjungi.

Makam Bung Karno
Makam Bung Karno

Keluar dari makam ini kita perlu melewati pasar oleh-oleh yang super duper muter-muter. Serius! Bikin capek, karena muter-muter terus kaya labirin berasa jauh banget rasanya.

Bersantai Sejenak di Kebono Rojo

Salah satu sudut Kebon Rojo Kota Blitar
Salah satu sudut Kebon Rojo Kota Blitar

Biasanya dari Makam Bung Karno orang melanjutkan perjalanan ke Istana Gebang, tapi enggak ada salahnya untuk mampir ke Kebon Rojo. Sebuah kebun kota dengan fasilitas terlengkap di Blitar. Ada playground anak, beberapa jenis hewan dan tempat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Di hari minggu, biasanya banyak keluarga yang piknik di tempat ini. Jaraknya juga tidak terlalu jauh dari Istana gebang. Hanya beberapa ratus meter saja. Biasanya dari Makam Bung Karno menuju ke Istana gebang akan dikenakan biaya sektiar 25 ribu rupiah.

Kebon rojo ini terletak pada jalur utama dari Makam Bung Karno ke Istana Gebang. Jadi bisa mampir sekalian hanya untuk menikmati udara sejuk sambil melihat beberapa jenis hewan koleksi.

Kebon Rojo Blitar
Kebon Rojo Blitar

Setelah cukup puas beristirahat di Kebon Rojo, perjalanan bisa dilanjutkan ke Istana Gebang. Yang jaraknya hanya sekitar 350 meter dari Kebon Rojo.

Peninggalan Bung Karno di Istana Gebang

Istana Gebang
Istana Gebang

Istana gebang merupakan rumah kakak Bung Karno, yaitu Bu Wardoyo. Meskipun begitu, ada banyak peninggalan Bung Karno di rumah ini. Apabila datang ke rumah ini, kamu akan berasa masuk ke jaman pertengahan karena perabotan yang ada di dalam rumah ini merupakan perabotan lama.

Mulai dari tempat tidur, kursi, meja dan berbagai perabotan rumah lainnya terawat cukup baik di rumah yang kini dikelolah oleh pemerintah kota Blitar. Enggak perlu bayar tiket masuk ke Istana Gebang, cukup dengan mengisi buku tamu

Ruang Tengah di Istana Gebang
Ruang Tengah di Istana Gebang

Selain itu juga terdapat mobil peninggalan keluarga Bung Karno dan balai kesenian yang digunakan untuk latihan kesenian. Dulu waktu aku masih kecil sih sering main sepak bola di halaman Istana Gebang yang luas, karena sekolahku hanya dua ratus meter dari Istana Gebang.

Setelah dari Istana gebang kamu bisa langsung menuju stasiun Blitar untuk langsung kembali pulang. Aku pikir inilah tempat-tempat wisata di sekitaran stasiun Kota Blitar yang bisa dikunjungi seharian penuh.  Karena kalau mau ambil yang agak jauh dikit ya terlalu jauh.

Rute Perjalanan Keliling Kota Blitar Seharian

Stasiun Kota Blitar
Stasiun Kota Blitar

Mungkin enam tempat wisata diatas lah yang cocok buat kamu yang cuma singgah sebentar di Blitar. Tapi kalau emang mau wisata alam di Blitar, letaknya emang enggak di Kotanya, jadi agak jauh dan sangat enggak efektif di waktu.

Untuk perjalanan aku saranin sih pakai becak, untuk rate becaknya aku juga kurang begitu tahu sih. Paling siapkan uang seratus ribu, insyaAllah semua tempat tersebut cukup kok. Kalau cari becak yang banyak itu di kawasan stasiun dan makam bung karno. Silakan nego sendiri. Kalau aku longgar, mungkin aku bisa anterin. Hehe

Lain kali aku tulis deh untuk daftar tempat wisata yang juga bisa dikunjungi dalam satu hari. Datang dengan kereta api pertama dan kembali dengan kereta api terakhir. Karena beberapa waktu lalu sempat ada yang minta dianterin. Untuk menekan biaya, berangkatnya enggak dari stasiun Kota Blitar.

Lihat Jadwal Kereta Api Stasiun Kota Blitar biar nggak ketinggalan kereta api untuk melanjutkan perjalanan. Kalau ketinggalan kereta, bisa cari penginapan di bawah ini

Leave a Reply

Comment as a guest.

 

  1. Mas, bisa minta list temmpat wisata yang bisa dikunjungi dalam 1 hari saja. Berangkatnya via KA dari Malang ke Blitar dan pulangnya via KA juga sih kalau sempat. Terimakasih sebelumnya mas.

Read Next

Sliding Sidebar

About Me

About Me

Pengangguran penuh dengan banyak pekerjaan sampingan seperti menulis blog, berjualan online dan menjadi admin media sosial