10 April 2018

Cara Blogger Dapat Uang dari Bookingan Hotel!

Dapat Uang dari Bookingan Hotel
Traveling dan dibayar itu memang menyenangkan, jujur sampai saat ini aku belum pernah benar-benar dibayar untuk traveling, biasanya sih cuma traveling setelah itu baru dapat bayaran ketika apa yang aku alami dari traveling itu menarik untuk diangkat entah di majalah atau dalam bentuk video. Disuruh traveling dan dibayar? Mungkin hanya akan dirasakan oleh mereka yang sudah punya nama atau para travel blogger ternama.

Pada kesempatan ini aku mau nulis gimana sih caranya blogger mendapatkan uang dari pemesanan hotel? Hotel atau penginapan memang enggak bisa lepas dari yang namanya traveling atau jalan-jalan, kecuali kalau kamu punya tempat buat numpang tidur, di rumah temen, saudara atau cuma sekedar di kos-kosan. Berhubung di luar sana banyak orang yang enggak tahu tentang penginapan di daerah yang akan mereka kunjungi, otomatis mereka akan mencoba searching di google tentang penginapan-penginapan yang ada di daerah tujuan.

Sebelum menuliskan lanjutan dari gimana cara dapat uang dari bookingan hotel, aku mau menampilkan potensi pendapatan yang bisa kamu dapatkan dari bookingan hotel. Biar semangat gitu bacanya :D.

Potensi pendapatan dari Booking Hotel
Potensi pendapatan dari Booking Hotel
Dalam satu bookingan, kita bisa mendapatkan uang sampai dengan 14.70 Euro! Yang apabila dikalikan kurs saat ini sekitar 16.900 per Euronya, pendapatannya hampir 250ribu untuk 1 bookingan. Tapi kadang juga bisa cuma dapat 1.53 Euro untuk 1 bookingannya. Tergantung berapa harga hotel yang dipesan melalui kita.

Affiliasi Booking Hotel yang Hasilnya Lumayan

Pendapatan dari setiap booking hotel itu menggunakan sistem afiliasi! Sistem afiliasi sendiri sebenarnya bisa dibilang dengan jasa makelar di dunia online. Sebagai blogger yang menulis dan mereferensikan orang, kita juga bisa disebut sebagai makelar online / blantik.

Dalam platform afiliasi, kita akan disediakan sebuah link yang berguna untuk tracking darimana pembooking mengetahui informasi hotel tersebut. Dengan begitu blogger akan mendapatkan komisi dari setiap pembelian yang menggunakan link afiliasi.

Baca : Enaka Asakusa Hostel di Asakusa Tokyo

Berapa komisi yang didapatkan? Tergantung platform dan hotel yang diinapi. Biasanya berbeda-beda kok. Nanti di bawah aku kasih info lebih lanjut platform afiliasi hotel yang pernah aku coba. 

Caranya bagaimana? Sebenarnya cukup gampang sih. Ketika jalan-jalan, tulis aja review hotel / penginapan yang kita datangi apabila kamu rekomendasikan. Saranku sih jangan berbohong ketika menulis ulasan booking hotel, karena dengan berbohong orang tidak akan mempercayai lagi ulasanmu.

Sematkan link affiliate di dalam postingan tersebut dan lupakan. Semoga aja ada yang baca reviewmu terus melakukan booking melalui link yang sudah kamu pasang di blog. Seperti contohnya daftar hotel di Blitar yang pernah aku buat, sampai artikel ini ditulis belum dapat hasil karena halamannya baru dibuat saat menulis artikel ini :D. Cuma buat contoh aja sih.

Oh iya, affiliate booking hotel ini susah-susah gampang sih. Kadang lama baru bisa dapat karena kita baru mendapatkan pembayaran apabila tamu yang booking sudah menginap di hostel yang dipesan melalui affiliate kita.  

Beberapa Platform Affiliate untuk Blogger

Untuk mendaftar di program affiliate, kamu enggak harus menjadi blogger yang terkenal. Pastikan saja sudah memiliki blog yang rutin diupdate. Apalagi kalau blog memiliki kategori wisata akan lebih mudah mengikuti program afiliasi hotel. Berikut beberapa plaform afiliasi hotel yang cocok untuk blogger dan sudah pernah saya coba.

Booking. com

Merupakan plaftorm yang saya gunakan untuk booking hotel di luar negeri. Penghasilannya lumayan besar karena menggunakan rate Euro. Apalagi jangkauannya juga di luar negeri. Banyak hostel yang tersedia di platform ini. Kalau kamu mau nulis penginapan yang ada di Indonesia sepertinya cukup sulit menggunakan platform ini, karena meski gratis pembatalan harus memiliki kartu kredit / paypal.


Pegipegi

Affiliate lokal yang hasilnya belum pernah aku rasakan, karena baru dafar beberapa minggu lalu dan belum sempat pasang di blog yang mengupas dunia traveling. Pendaftarannya cukup lama, karena harus ada approval secara manual. Namun kata beberapa orang bisa cepat kalau ada yang mereferensikan. Gunakan link di bawah ini untuk mendaftar di pegi-pegi.

http://bit.ly/affiliatepegi2

Agoda

Affiliate sekelas booking com tapi aku enggak pernah pakai lagi. Cuma daftar aja. Karena menurutku lebih bagus booking com untuk penghasilannya. Jadi lebih baik pilih salah satunya saja, karena enggak mungkin pasang berbagai macam link affiliate di sebuah halaman.

Cara Mendapatkan Uang dari Affiliate Hotel ?

Begitu berhasil gabung disalah satu platform affiliate kamu bisa membuat sebuah link affiliate. Link affiliate ini merupakan link yang dilengkapi kode tracking. Sehingga platform booking bisa mengetahui dari mana asal pemesan kamar ini datang. Apabila datang dari link yang kita berikan maka kita akan mendapatkan komisi.

Link affiliate ini berasal dari halaman dashboard, jadi teman-teman langsung aja buka dashboard dari platform yang didaftarkan dan memulainya dari situ. Biasanya dibelakang link ke halaman hotel ada tambahan url tracking sih misal AFF=2345 atau sejenisnya. Tiap platform memiliki tracking link yang berbeda.

Untuk memulai, saranku buat review atau daftar hotel di suatu daerah kemudian tambahkan link affiliate menuju halaman hotelnya, sehingga ketika orang membuka web tersebut menggunakan link yang kita pasang browser akan menyimpan cookies sekitar 2 minggu - 1 bulan (tergantung platform pilihanmu). Apabila transaksi terjadi dengan cookies link affiliasi yang masih tersimpan di browser maka kita akan mendapatkan komisi meski pengunjung melakukan booking yang berbeda dengan yang kita referensikan.

Aku bingung sih, mau nulis apa lagi tentang topik ini. Karena memang tujuannya cuma memberikan pandangan bagaimana sebuah blog bisa mendapatkan uang dari bookingan hotel. Untuk teknis penggunaan dan pemasangannya aku rasa sudah jelas dengan membaca panduan di masing-masing dashboard.

Jadi misal ada yang kurang jelas langsung tanyakan aja di kolom komentar ya. Nanti aku coba bantu jawab deh. 
Temukan aku di Facebook, Instagram , Twitter!
Kalau artikelnya nggak muncul, coba deh matikan adblocknya ;)

Posting Komentar

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search