23 Juli 2018

Ruang Tuang, Tempat Ngopi Enak di Blitar

Manual brew belakangan jadi populer, kalau nggak salah gegara film filosofi kopi. Belakangan banyak muncul cafe dan coffe shop atau kedai kopi baru di Blitar yang menawarkan beragam hal, mulai dari tempat hits, menu dan dekorasi nan instagramable hingga menjual suasana yang homey banget. Dari sekian banyak kedai kopi atau kafe baru di Blitar, aku punya satu tempat favorit yang bernama Ruang Tuang.

Ada beberapa pertimbangan yang membuatku memutuskan bahwa ruang tuang adalah tempat ngopi yang enak di Blitar, berikut beberapa hal yang membuatku sering banget nongkrong di kedai kopi ini.

Suasana Kedai yang Nyaman

 Suasana Bar Ruang Tuang
Suasana Bar Ruang Tuang
Ruang Tuang terletak di daerah Jatimalang, Kepanjenkidul, Kota Blitar. Terletak di pinggiran kota membuat suasana cukup nyaman untuk bersantai, karena enggak terganggu dengan lalu-lalang kendaran yang bersliweran.

Meski angin semriwing dari selatan kedai yang masih berupa sawah cukup dingin, namun tidak diikuti dengan  gerombolan nyamuk yang mengganggu. Nongkrong pun tetep nyaman dengan suasana sawah tanpa nyamuk. Beberapa kali ketemu dengan orang-orang yang asyik dengan hobinya, seperti Mas Sunu yang hobi menggambar. 

 Mas Sunu menggambar di Ruang Tuang
Mas Sunu menggambar di Ruang Tuang
Kalau datang sendiri biasanya enak kalau duduk didepan para penuang karena ada temennya ngobrol. Mau curhat, rasan-rasan dan sejenisnya pun bisa. Gratis! Para penuang ini enggan disebut sebagai barista, karena levelnya terlalu tinggi katanya.
Nongkrong sendirian di Ruang Tuang
Nyaman buat para jomblo kata mbaknya
Bisa dibilang homey banget karena udah pada kenal sama penghuninya ya. Selagi datang sendiri, enggak ada salahnya coba duduk di bar dan ngobrol dengan para penghuni kedai ini. Pada suatu saat bisa aja jadi group rumpi seperti mbak-mbak di bawah ini.

Cewek Ngopi di Ruang Tuang
Mereka tadinya datang sendiri-sendiri dan duduk terpisah akhirnya jadi satu :D


Harga yang Bersahabat

Harga yang ditawarkan untuk aneka kopi nusantara maupun menu lain juga cukup terjangkau. Harga kopi robusta 10ribuan sedangkan kopi arabica 12 ribuan, tergantung biji yang tersedia. Karena biji kopi yang tersedia tidak selalu sama, berubah setiap stock habis. 
 Vietnam Drip di Ruang Tuang
Vietnam Drip di Ruang Tuang
Aku nggak terlalu suka dengan kopi manual brew, jadi menu favorit kalau ngopi di Ruang Tuang ya Vietnam Drip / Kopi Suwi yang dibandrol dengan harga 10 ribu rupiah!

 Ice Matcha di Ruang Tuang
Ice Matcha di Ruang Tuang
Dengan harga terjangkau, rasa yang didapatkan bahkan kadang lebih dari sepadan. Seperti kata istri temenku yang suka banget sama Red Velvet di kedai ini, dengan harga 14 ribu bisa dapat ice red velvet yang lebih enak dari langganannya yang biasa dibandrol dengan harga 18 ribuan.

Ice Cappucino di Ruang Tuang
Ice Cappucino di Ruang Tuang
Nggak banyak pilihan jajanan yang tersedia, karena coffeshop di Blitar ini memang fokus menyediakan produk minuman kopi dengan teman-temannya macam matcha, red veltet dan lainnya.  Dua jajanan yang bisa dipilih yaitu Sampler dan Sio Mae Go Reng. Sampler merupakan kombinasi antara sosis, kentang goreng dan nugget dengan cocolan saus sambal dan mayones dibandrol dengan harga 12ribu rupiah. Sedangkan Sio Mae Go Reng (nggak tau kenapa ejaannya gini banget) merupakan siomay digoreng dengan cocolan saus sambal dan mayones yang dibandrol harga 10ribu rupiah. 

 Wifi & Terminal Listrik

Tersedia wifi yang lumayan cepet menurutku dan didukung ketersediaan terminal / T di setiap mejanya. Jadi bisa konek wifi buat main game / ngerjain tugas / kerja dengan tenang karena kalau kehabisan bateraipun tinggal gunakan colokan yang tersedia di setiap meja.

 Main PUBG di Ruang Tuang
Main PUBG di Ruang Tuang
Password wifi di ruang tuang juga berubah-ubah hampir setiap minggu, jadi ada baiknya bertanya ke penuang untuk password hari ini. Karena biasanya passwordnya bikin kamu senyum-senyum sendiri. Ini salah satu cara agar pemilik kedai bisa berinteraksi dengan para pelanggannya.

Bisa Belajar Menuang Kopi dan Teman Ngobrol

Para penuang yang biasanya disebut barista ini mau dengan sukarela mengajarkan kita cara menyeduh kopi. Bahkan kalau mau nyeduh sendiri juga bisa, nanti didampingi. Tetapi untuk bisa mewujudkan hal tersebut, lihat situasi dan kondisinya dulu ya.

Mereka juga bisa jadi teman ngobrol yang asyik bahkan main game, meski terkadang harus minus bintang ketika bermain Mobile Legend bareng. Enak-enak main ternyata ada pelanggan yang datang, mau nggak mau harus meninggalkan permainan terlebih dahulu :D. Biasanya kita mabar ketika sudah close order diatas jam 11 malam. 

Mungkin itu aja kesan tentang ruang tuang, kedai kopi sederhana dipinggiran kota Blitar :D.
Temukan aku di Facebook, Instagram , Twitter!
Kalau artikelnya nggak muncul, coba deh matikan adblocknya ;)

Posting Komentar

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search