29 November 2018

Cara Mudah Pesan Tiket Kereta Api Dadakan Secara Online

Beberapa waktu lalu aku baru saja mengikuti rangkaian kegiatan Famtrip Musi & Beyond Travel Fair di Palembang, untuk menambah konten di blog, aku sengaja untuk tidak menentukan tiket pulang terlebih dahulu, karena ingin mampir sebentar di Jakarta. Sudah lama aku nggak main ke ibukota ini.

Sudah terlanjur nyantai nggak cepet-cepet pulang, ternyata dalam waktu kurang dari seminggu aku sudah harus mengikuti kegiatan di Cirebon yang sebenarnya nggak terlalu jauh dari Jakarta. Namun apa daya, aku harus pulang dulu karena berbagai macam persiapan yang aku butuhkan ada di rumah. Mau nggak mau akhirnya aku pun harus bergegas untuk mencari tiket pulang ke Blitar.

Ada dua cara paling mudah untuk menyelesaikan semua ini, yaitu beli tiket pesawat ke Surabaya / Malang lanjut naik kereta ke Blitar atau langsung beli tiket kereta api dengan tujuan akhir Blitar. Dari dua opsi tersebut akhirnya aku pun memutuskan untuk mengambil tiket kereta api saja, karena meski perjalanannya cukup lama namun dilakukan di malam hari sehingga aku bisa benar-benar istirahat total.

Akhirnya di sela-sela kesempatan menikmati Monas dari Museum Nasional aku buka handphone dan mencoba mencari tiket kereta api untuk menuju ke Blitar. Pencarian tiket kereta api menggunakan aplikasi pegi-pegi ternyata tidak sulit, udah gitu ada diskon tiket kereta sebesar Rp. 25.000 yang aku dapatkan.

Cara Pemesan Tiket Kereta Api Online di Aplikasi Pegipegi

 Pesan Tiket Kereta Api Online via Pegipegi
Pesan Tiket Kereta Api Online via Pegipegi
Cara melakukan pemesanan tiket kereta api sebenarnya gampang, apalagi menggunakan aplikasi pegi-pegi. Buka aplikasinya kemudian pilih menu tiket kereta. Masukkan stasiun asal dan stasiun tujuan. Waktu itu aku dari Jakarta Gambir menuju ke Blitar. Tentukan tanggal dan jumlah penumpang. Setelah itu tekan tombol cari tiket!

Akan muncul beberapa pilihan kereta dari Stasiun Jakarta Gambir tujuan Blitar. Kereta api dari Jakarta gambir ke Blitar memang cuma ada satu aja sih, Gajayana dengan kelas Eksekutif. Waktu pesen ternyata tinggal ada 87 kursi. Aku sengaja memilih kereta api Gajayana karena nggak bisa lama-lama pulang, ada perjalanan yang harus dilanjutkan. Kalau pakai ekonomi takutnya malah kecapaian dan drop. Mending bayar lebih untuk kenyamanan, sesekali lah ya naik kelas eksekutif meskipun harganya yang aduhai Rp. 550.000 cuy!

 Pilih Kereta Api Gajayana
Pilih Kereta Api Gajayana
Setelah berhasil memilih kereta api, selanjutnya masukkan nama penumpang yang akan naik beserta identitas diri (No KTP). Baru bisa milih tempat duduk yang diinginkan. Mulai nomor gerbong dan nomor kursi. Kalau ada temen yang udah terlanjur beli kita bisa milih duduk di sebelahnya. Siapa tahu masih kosong kan?

 Pilih tempat duduk di kereta api
Pilih tempat duduk di kereta api
Setelah itu lanjut ke proses pembayaran. Ada banyak pilihan bank yang tersedia, kebetulan aku sedang bawa key bca sehingga langsung pilih klikbca aja deh. Dan ternyata ada diskon kupon GEM25K untuk mendapatkan diskon pembelian tiket kereta api. Lumayan bisa buat jajan di dalam kereta api :D. Sehingga aku cukup bayar Rp. 525.000 saja!

 Promo tiket kereta api
Promo tiket kereta api
Tidak perlu beranjak turun dari lantai 24 Gedung Museum Nasional yang antrian liftnya bisa sampai setengah jam. Cukup bayar online dengan internet banking dan pesanan tiket pulang ke Blitar sudah ada di tangan :D.
E- Tiket Sudah Terbit
E-Tiket sudah terbit
Sudah dapat tiket pulang kan? Sekarang tinggal melanjutkan piknik yang tertunda 5 menit untuk memproses pesanan tiket ini. Jangan lupa untuk memastikan jadwal keberangkatan kereta. Oh iya, untuk memastikan cara ini berhasil, pastikan kamu memiliki saldo yang cukup yak untuk melakukan pembelian. 
Lanjut lagi pikniknya di Perpustakaan Nasional sambil liat Monas
Jangan terlalu mepet datang ke stasiun, karena kamu masih perlu melakukan print tiket kereta api. Gunakan mesin cetak mandiri untuk melakukan print tiket, bisa dengan memasukkan barcode atau langsung lakukan scan menggunakan mesin barcode yang ada.

Semoga informasi cara pesan tiket di atas bisa membantumu untuk mendapatkan tiket sesuai dengan keinginan tanpa harus ribet dengan tetek bengeknya. Sehingga tetap bisa fokus dengan aktivitas yang sedang dijalankan sekarang.

Temukan aku di Facebook, Instagram , Twitter!
Kalau artikelnya nggak muncul, coba deh matikan adblocknya ;)

Posting Komentar

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search