Review Mifi Smartfren M6

panduaji

Kategori: Review

Review : Sebulan Menggunakan Smartfren Mifi M6 dan Paket Internet 4G di Blitar

Diperbarui:

Sebagai bagian dari komitmen kami terhadap transparansi, beberapa link di situs kami adalah link afiliasi. Artinya, tanpa biaya tambahan untuk Anda, kami mungkin mendapatkan komisi jika Anda memutuskan untuk melakukan pembelian melalui link tersebut. Komisi ini membantu kami membiayai keberlangsungan blog ini.

Selama sebulan terakhir aku menggunakan Mifi M6 dan paket internet 4G dari Smartfren. Dulu aku sudah pernah ngreview paket internet unlimited smartfren pascabayar ketika masih menggunakan jaringan EVDO. Nah, pada kesempatan ini aku mau mencoba ngreview paket unlimted dari smartfren yang notabene sekarang sudah menggunakan jaringan 4G.

Sebelum menulis pengalaman tentang menggunakan produk smartfren 4G, ada beberapa hal yang perlu teman-teman tahu. Yaitu tentang Mifi Smartfren M6 dan paket internet Smartfren 4G yang aku gunakan. Sejak pertengahan tahun 2019 sampai sekarang, aku menggunakan Mifi Smartfren S1

Sebagai seorang freelancer yang seringkali harus pergi ke beberapa tempat, koneksi internet yang terbatas bisa menjadi kendala buatku. Maklum mau tethering paket data di ponsel untuk digunakan di laptop kan ya lumayan terasa. Jadi nggak ada salahnya aku benar-benar full mencoba menggunakan modem wifi dari smartfren setelah paketan habis dan mencoba menuliskan pengalaman di sini.

FYI aja, modem wifi ini aku gunakan hanya ketika aku harus ada di lokasi yang nggak ada wifinya dan ketika listrik di rumah mati. Biasanya aku kerja kalau nggak di rumah ya di kedai kopi ruang tuang, dengan koneksi internet fiber 10mbps.

Perangkat Smartfren M6 

Perangkat Modem Wifi Smartfren M6 ini merupakan perangkat modem yang bisa dijadikan hotspot sehingga koneksi dari modem bisa digunakan oleh beberapa device langsung, istilah kekiniannya adalah Modem wIFI yang disingkat jadi MIFI.

Smartfren Mifi M6

Mifi M6 ini memiliki ukuran yang hampir sama dengan hape yang bisa dengan muda dimasukkan ke saku meski lebih gemuk. Dengan layar non sentuh di bagian depannya menampilkan sinyal, indikator baterai, nomor handphone dan indikator perangkat yang tersambung dengan mifi sudah cukup informatif. Selain itu juga menampilkan jumlah paket internet yang sudah kita miliki. Aku nggak akan nunjukin dimana aja indikatornya, ntar kalau udah beli bisa baca di manual booknya biar tahu (jangan males baca). 

Spesifikasi lainnya bisa lihat gambar di bawah ini yang sudah cukup mewakili.

Review : Sebulan Menggunakan Smartfren Mifi M6 dan Paket Internet 4G di Blitar 1

Meskipun ada dua tombol yang bisa digunakan untuk memilih menu yang nongol di layar Mifi, percayalah kamu nggak bakal telaten untuk menggunakannya. Mending download aplikasi mysmartfren di hape android yang dimiliki untuk bisa dengan mudah mengontrol berbagai macam pengaturan modem. Seperti nama wifi dan passwordnya. Oh iya, kalau baru punya modem jangan lupa untuk ganti password adminnya yak!

Untuk harga dari smartfren M6 ini Rp. 499.000! Murah nggak? Relatif, tergantung kantong masing-masing.

Paket Internet Smartfren untuk Mifi

Sesungguhnya smartfren itu masih punya paket internet unlimited dengan FUP harian 1GB, dan itu sudah lebih dari cukup untuk pengguna handphone. Sama dengan paket internet unlimited smartfren yang pernah aku gunakan dulu di modem yang hanya dapat FUP harian 500 MB, biaya berlangganan pasca bayarnya adalah 90ribu rupiah. Kalau sekarang paket unlimited ini hanya bisa digunakan di handphone dengan biaya langganan hanya 60ribu rupiah. Jauh lebih murah kan?

Eits, karena di postingan ini kita bahas tentang modem wifi, paket unlimited di atas hanyalah intermezo saja. Karena aku nggak pakai smartfren di ponsel, hanya di modem wifi ini saja. Jadi paket inetrnet unlimited tidak aku coba. Titik

Aku terpaksa membeli paket internet smartfren ini ketika terjebak di lantai 5 sebuah hotel di pusat kota Jakarta tanpa koneksi internet. Wifi hanya tersedia di lantai dasar dimana resepsionisnya ada. Karena laptop butuh koneksi ke internet, akhirnya langsung aja aku unboxing M6 yang baru aku dapatkan dan lakukan registrasi serta isi pulsa langsung Rp. 100.000 di nomor Mifi M6. Dan ndilalah langsung dikonversikan ke paket data smartfen dengan jumlah total sebesar 45 GB. Lihat tabel di bawah ini untuk mengetahuinya.

Review : Sebulan Menggunakan Smartfren Mifi M6 dan Paket Internet 4G di Blitar 2

Keesokan harinya aku baru tahu kalau ternyata ada cara yang lebih hemat untuk mendapatkan paket data smartfren, yaitu dengan cara membeli voucher data super 4g di counter maupun galeri smartfren. Dengan uang 100rb aku malah bisa dapat total kuota 60Gb bos!

Paket Internet Smartfren

Karena udah terlanjur yaudah lah dipakai aja, toh paketan 30 GB untuk mobile aja sepertinya nggak akan habis dalam waktu sebulan. Kecuali kalau dalam waktu satu bulan aku bakalan sering ke luar kota. 

Aksesbilitas Modem Wifi M6 

Smartfren M6 Mifi

Untuk mengakses halaman admin Mifi M6 pastikan kamu sudah terhubung terlebih dahulu dengan jaringan smartfren dan bisa buka browser kemudian ketik  192.168.1.1 lalu enter, maka jendela browser akan menampilkan informasi nomor, jaringan, gadget yang tersambung dan kuota internet. Murni menampilkan saja, jika ingin melakukan perubahan setting, kita diharuskan login. Nah default username dan password untuk Mifi M6 adalah admin seperti yang tertera ketika kamu sudah menekan tombol login. 

Setelah berhasil login, browser akan menampilkan informasi yang sama dengan ketika kita akses halaman 192.168.1.1 dengan tambahan beberapa menu pengaturan.  Kalau Mifinya masih baru, langsung buka halaman settings untuk merubah nama hotspot dan passwordnya.

Nah, yang aku suka dari navigasi ini adalah quick settings. Quick settings ini bisa membantu teman-teman yang ingin dengan cepat merubah nama hotspot maupun passwordnya tanpa perlu mikirin pengaturan yang lain. Setelah itu baru ubah username atau password admin, biar temen-temen yang iseng nggak bisa otak-atik mifimu. Soalnya kalau lupa, harus melakukan reset mifi m6 ke settingan pabrik.

Aksesbilitas model wifi m6 ini bisa dibilang cukup mudah, semua informasi dasar seputar paket data muncul di layar mifi. Jika tidak mengetahui password, tinggal buka menu buka WiFi Key untuk menampilkannya. Jadi kalau temenmu punya mifi, pinjem aja dan diam-diam buka WiFi Key untuk melihat password wifinya :D. Aman-aman enggak sih jadinya, karena orang jarang ngecek berapa banyak gadget yang sedang konek ke mifi.

Login Mifi dari Smartfren

Hanya ada dua tombol kalau belum terbiasa akan bingung untuk menavigasi menu yang ada dalam MiFi. Aku prefer menggunakan aplikasi My Smartfren, lebih suka dengan interfacenya yang sederhana. Navigasinya juga lebih enak aja..

Daya Tahan Baterai Smartfren M6

Aku belum begitu yakin tentang penggunaan baterainya, karena aku belum pernah benar-benar menggunakannya sampai habis. Biasanya aku keluar habis karena memang belum aku charge, aku belum terbiasa untuk nge-charge modem wifi ini, jadi sering lupanya.

Dulu waktu makan di warung nasi goreng kambing kebon sirih yang belum ada wifinya. Aku gunakan untuk konek 2 laptop dan 2 hape android, selama 3 jam baterai masih bisa kok. Lain kali akan aku coba ketahanan dari baterai ini ketika jalan keluar lagi. Tapi kata Om Win, baterainya jauh lebih awet jika dibandingkan pendahulunya. Aku belum pernah nyobain produk mifi smartfren lain sebelumnya jadi silakan dicoba sendiri yak!

Kecepatan dan Jaringan Internet Smartfren di Blitar

Meski aku sudah mencobanya di beberapa kota, namun aku mau fokus penggunaannya di wilayah Blitar. Untuk wilayah kota Blitar bisa dibilang cukup mudah, kecepatan juga relatif stabil, meski beberapa waktu lalu sempat ada gangguan.

Salah satu hal yang bikin aku salut adalah kecepatan ketika listrik padam pun bisa dibilang sangat baik. Biasanya kalau lagi di rumah, listrik padam paket inetrnetku aja buat whatsapp an susah, apalagi berikirim gambar. Kemarin listrik di rumah sempat padam selama dua jam, aku tetap bisa online menggunakan Mifi dan koneksi internetnya masih bisa buat browsing sambil streaming spotify. Untung baterai laptop masih cukup banyak dan itu benar-benar sangat menyenangkan sekali, nggak jadi gupuh gegara dikejar deadline :D.

Review : Sebulan Menggunakan Smartfren Mifi M6 dan Paket Internet 4G di Blitar 3

Di Blitar memang belum merata, aku nyobain di beberapa titik terutama yang aku kunjungi beberapa waktu terakhir ini ternyata belum ada jaringannya. Seperti di kawasan Pantai Tambakrejo dan Pasetran Gondo Mayit. Selain itu di daerah Ngadipuro, Kec. Wonotirto juga nggak ada sinyal sama sekali.

Namun ketika aku coba di daerah Lodoyo / Sutojayan, kecepatannya wuzzzz jauh lebih kencang dibandingkan di Kota Blitar. Cukup memuaskan menurutku, dengan harga paket data yang hanya Rp. 60 ribu dapat 30Gb benar-benar worthed. Jadi aku akan mencoba lagi nggak beli paket data di ponsel, pakai paket data smartfren di mifi saja sepertinya sudah lebih dari cukup.

Di daerah Omah Iwak Badherbank yang ada di daerah Tawangrejo, Binangun sinyal sering hilang dan sekitar 1 – 2 bar saja. Namun ketika ada sinyal tetap bisa upload foto maupun video ke insta story. Mungkin karena lokasinya berada di pingigran sungai yang agak lebih rendah / merupakan cekungan sinyalmnya nggak maksimal.

Download dan upload dari koneksi internet smartfren itu bisa dibilang 1:1. Jadi kecepatan download dan upload itu sama. Cocok buat youtuber yang baru mulai merintis karir :D. Follow Channel Youtubeku boleh kok.

Buat main game juga lumayan stabil, namun ketika hujan deras mending mainnya nggak usah serius-serius karena pingnya nggak terlalu stabil. Ketika hujan super deras pun terkadang jaringan juga tersendat-sendat. Belakangan jaringan internet smartfren pun agak nggak stabil.

Pembelian Paket Data

Seperti yang sudah saya singgung di atas, kalau ingin mendapatkan paket data yang lebih banyak jangan langsung isi pulsa ke nomor smartfren. Karena itu akan otomatis terkonversi ke paket data yang ada. Mending beli voucher data langsung ke counter maupun ke galeri smartfren.

Setelah paket internet habis setelah penggunaan selama sebulan yang cukup memuaskan, akhirnya aku memutuskan main ke galeri smartfren untuk membeli voucher paket data 4G yang harganya 60 ribuan. Oh iya, galeri smartfren Blitar itu lokasinya ada di kawasan ruko jalan lawu yang parkirannya nggak terlalu gede.

Sesampainya di sana disambut oleh seorang mbak-mbak cantik yang langsung bertanya ada yang bisa dibantu? Aku cuma mau beli voucher paket data saja, eh sama mbaknya ditawarin untuk diisikan sekalian? Yaudah aku nggak nolak deh.

Aku sempat bingung ketika mbaknya tanya, ini paketnya sudah habis mas? Jelas sudah habis sih, kalau nggak habis nggak akan aku isi ulang. Toh jadi rugi masa pakai berkuran sehari kalau belum habis tetep di isi bukan?

Voucher Data Smartfren

Kata mbaknya, kalau paket datanya sudah habis nggak bisa langsung diisi dari mifi, harus dipindahkan dulu ke handphone yang ada paket datanya untuk mengakses halaman mysmartfren. Emang sih kalau paket data habis nggak bisa buat ngakses apa-apa, tapi mbok ya akses ke halaman smartfren ini tetep bisa diakses sehingga pengguna yang seperti aku ini tetap bisa aktivasi meskipun nggak ada paket datanya. 

Eh tapi aku baru kepikiran, kenapa aku nggak isi dari aplikasi mysmartfren yang ada di handphoneku aja ya untuk memasukkan voucher datanya? Dan aku baru inget kalau paket datanya nggak ada. Yaudah, yassalam deh mungkin lain kali aja aku coba beli vouchernya aja lalu aku pake wifi di rumah untuk submit melalui aplikasi mysmartfern.

Kesimpulan

Mifi Smartfren M6 itu patut untuk dicoba, karena memang bisa menjawab kebutuhan user seperti aku yang perlu mobile lari ke sana kemari dan senantiasa membutuhkan koneksi internet ke beberapa gadget sekaligus. Lebih hemat dibanding beli paket data satu-satu untuk masing-masing perangkat yang sebenernya nggak terlalu butuh banyak kuota.

Meski jaringannya belum cukup luas, namun sudah ada progress untuk memperluas jaringan yang sudah ada. Temanku yang ada di daerah Gandusari pun bisa menikmati internet super duper cepat di jaringan 4G menggunakan smartfren unlimited dengan FUP harian 1Gb.

Oh iya, sekadar mengingatkan! Kalau hujan super duper deres, jangan harap koneksinya lancar yak! Karena hujan sepertinya memang benar-benar mengganggu jaringannya.

Jadi sekarang setelah membaca review mifi smartfen m6 dan paket data smartfren, apakah kamu tertarik utnuk menggunakannya juga?

Shopee Lovember

18 thoughts on “Review : Sebulan Menggunakan Smartfren Mifi M6 dan Paket Internet 4G di Blitar”

  1. Cuma mau tanya.itu modem kalo dipakai sekitar 5 hp 3 yout*b an 2 hp main game online apa masih stabil atau yg game online bakal inalillahi ??

    Reply
  2. Mau tanya itu bisa buat paketan unlimited gak ya ??
    Soal nya saya baru beli mifi bekas karena daerah saya pemalang jateng
    Mohon dibimbingan nya
    Trims

    Reply
    • Nggak bisa, unlimited hanya bisa digunakan di perangkat mobile / hape. Coba aja pakai paket yang harganya 60rb. Sudah cukup kok buat internetan sebulan. Nggak harus unlimited

      Reply
    • Belum pernah, rumah saya kebetulan di Sananwetan. Biasanya pakai di daerah sekitaran rumah, kepanjenkidul. sutojayan sih aman. Pantai serang di kawasan parkiran mobil juga aman. cuma kalau pinggir pantai nggak ada sinyal.

      Reply
  3. Mau tanya dong, itu paket datanya bisa cepat habis gak klo dipake di mifi?
    Soalnya klo pake paket data dihp bisa cepat habis, seharusnya bisa sebulan jadi gak sampai

    Reply
    • cepat tidaknya paket data habis tergantung dari pemakaian. Banyak yang merasa nggak pakai apa-apa kuota habis. Biasanya ada background data yang jalan seperti otomatis backup ke google drive, melihat gambar, melakukan video call dan masih banyak perhitungan data yang lain 🙂

      Reply

Leave a Comment