20 Februari 2019

3 Tempat Wisata Menarik di Wonogiri

Beberapa waktu lalu aku sempat kepikiran untuk pindah dan tinggal ke daerah Purwantoro, Wonogiri. Namun setelah banyak pertimbangan, akhirnya aku putuskan untuk tetap tinggal di Blitar saja lah :)). Pikiran itu terlintas ketika aku melakukan perjalanan naik motor seorang diri dari Blitar menuju Jogja melalui Wonogiri.  jangan naik motor. CAPEK! Aku sudah pernah membuktikan sendirian pula. Kalau mau ke Wonogiri mending naik Bus Sedya Mulya Executive, nggak capek seperti naik motor.

Salah satu hal yang pernah aku cari ketika kepikiran buat pindah ke Wonogiri adalah tempat wisatanya. Berikut beberapa info tempat wisata di wonogiri yang sepertinya menarik untuk dikunjungi. Semoga suatu hari nanti bisa mengunjunginya.

Waduk Gajah Mungkur

Waduk Gajah Mungkur. Foto Wikipedia
Waduk Gajah Mungkur merupakan salah satu waduk paling besar di Indonesia yang mampu menampung air sampai 8800 hektar! Pembangunan konstruksi sudah dimulai sejak tahun 1976 dan mulai beroperasi pada tahun 1982. Meskipun begitu, perencanaannya itu sudah sejak tahun 1964. Menurut wikipedia, pembangunan waduk ini menenggelamkan 51 desa di enam kecamatan yang kemudian dipindahkan secara bedol desa pada tahun 1976 ke Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu dan Sumatera Selatan.

Waduk Gajah Mungkur dibangun sebagai pengendali banjir sungai Bengawan Solo, sungai terpanjang di pulau Jawa. Selain digunakan sebagai pengendali banjir, sungai ini juag digunakan untuk mengairi sawah di beberapa kabupaten, pemasok air minum Wonogiri, pembangkit listrik dan menjadi tempat wisata hits di Wonogiri. Kayaknya sih asyik buat piknik bareng teman-teman 

Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan disekitar Waduk Gajah Mungkur 
  1. Wahana Omah Jungkur (Rumah Terbalik)
  2. Water Boom
  3. Wahana Permainan Air
  4. Pemancingan
  5. Taman Satwa
  6. Taman Bermain Anak
  7. Taman Tombo Galao

Puncak Joglo Wonogiri

Puncak Joglo Wonogiri
Paralayang di Puncak Joglo Wonogiri. Foto Sendang Wonogiri
Dari referensi yang aku baca, selain menawarkan pemandangan menakjubkan dari Waduk Gajah Mungkur dari ketinggian. Para pengunjung juga bisa mencoba naik paralayang dari puncak joglo untuk menikmati keindahan Waduk Gajah Mungkur di Wonogiri ini. 

Namun biaya yang dibutuhkan untuk terbang dari Puncak Joglo juga lumayan sih, sekitar 400 ribu untuk sekali terbang dengan durasi antara 10 - 30 menit. Selain itu kita juga harus menghubungi pemandu terlebih dahulu, karena hubungannya dengan kondisi cuaca untuk memastikan semua yang naik paralayang bisa terbang dalam keadaan aman.

Tapi tenang, kalau nggak berani naik paralayang dan cuma pengen duduk-duduk sambil ngopi liat pemandangan waduk Gajah Mungkur, hanya perlu datang dan membayar tiket masuk sebesar Rp. 7.500 saja. Murah meriah kan?

Oh iya, untuk yang mau membawa anak kecil harap untuk selalu diawasi ya! Karena ini lokasinya berada di ketinggian, agak bahaya aja kalau anak kecil dibiarkan berkeliling sendirian.

Museum Kars Indonesia

Museum Kars Indonesia. Foto Kementrian ESDM

Sejak main ke Osaka Museum History beberapa waktu lalu, aku mulai tertarik berkunjung ke museum untuk mengetahui asal-usul dan cerita dibalik berbagai macam hal. Meskipun kadang suasana museum itu membuatku mengantuk.

Bangunan berbentuk segilima yang berada di daerah Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri dengan 3 lantai ini konon merupakan museum karst paling besar di Asia Tenggara, karena luasnya sekitar 25 hektar dengan luas bangunan 300 meter persegi.

Di lantai satu yang merupakan dasar, memiliki tema Kars untuk Kehidupan yang mana memiliki ragam informasi tentang konservasi, pengelolawan kawasan kars dan kondisi sosial budaya dan flora fauna kawasan kars. Selain itu juga terdapat diorama gua dengan patung manusia purba yang menjadi favorit para pengunjung untuk berselfie ria.

Di lantai dua bertemakan Kars untuk Ilmu Pengetahuan yang berisi ragam informasi seputar kars di seluruh dunia. Anak geologi banget ini, buat yang suka atau sedang mendalami geologi sepertinya wajib untuk datang ke museum ini.

Sedangkan lantai tiga yang merupakan lantai teratas memiliki  ruang auditorium yang biasanya digunakan untuk pemutaran film maupun rapat. Selain itu pengunjung juga bisa melihat keindahan perbukitan kars dari balkon lantai tiga ini, karena lokasi Museum Kars Indonesia ini

Museum Kars Indonesia buka dari hari Senin - Kamis mulai pukul 08.30 - 15.30 dan hari Sabtu - Minggu di jam yang sama. Museum Kars Indonesia ini tidak menerima kunjungan alias libur di hari Jum'at.

Liburan Sehari di Wonogiri

Sepertinya ketiga tempat itu sudah cukup untuk menghabiskan waktu liburan sehari di Wonogiri. Kalau cuma numpang lewat, Waduk Gajah Mungkur merupakan destinasi yang paling dekat dengan utama dari Ponorogo ke Jogja via Wonogiri. Nggak perlu memutar terlalu jauh. 

Untuk akses kendaraan publik ke Wonogiri memang agak susah sih, untuk penggemar kereta api mungkin belum bisa mengakses sampoai Wonogiri, mungkin bisa turun Solo kemudian naik bus ke Wonogiri.

Apakah ada rekkomendasi tempat wisata lain yang menarik dan unik di seputar wonogiri? Tinggalkan infonya di kolom komentar yak! Nanti tulisannya aku update. Sebenernuya ada beberapa tempat juga yang sepertinya menarik, sayangnya sudah terlalu mainstream hanya dengan spot fotonya. 

Posting Komentar

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search