Cara Beli Tiket Kereta Api Lokal Online

panduaji

Kategori: Dolan, Panduan

Cara Beli Tiket Kereta Api Lokal Online (Penataran, Dhoho, Pramex, dll)

Diperbarui:

Sebagai bagian dari komitmen kami terhadap transparansi, beberapa link di situs kami adalah link afiliasi. Artinya, tanpa biaya tambahan untuk Anda, kami mungkin mendapatkan komisi jika Anda memutuskan untuk melakukan pembelian melalui link tersebut. Komisi ini membantu kami membiayai keberlangsungan blog ini.

Per 1 Maret 2019 para penumpang kereta api lokal bisa memesan tiket kereta api penataran secara online! Ini merupakan salah satu harapan masyarakat banyak, termasuk aku. Males banget kalau hanya untuk membeli tiket dari Blitar ke Surabaya harus mengantri berjam-jam. Sungguh nggak worthed.

Baca : Pengalaman Naik Kereta Api Gajayana Luxury Sleeper

Berhubung masih cukup anget, aku mencoba untuk melakukan pembelian tiket kereta api penataran di Blitar menuju ke Surabaya. Berikut beberapa fakta dan informasi seputar pembelian tiket kereta api dhoho penataran secara online.

Saat ini pembelian tiket kereta api penataran dhoho secara online hanya dapat dilakukan menggunakan aplikasi KAI Access! Kalau kamu cari di situs pemesanan tiket online macam tiketdotcom maupun traveloka nggak akan pernah menemukannya

Baca: Jadwal Kereta Api Penataran dan Jadwal Kereta Api Dhoho

Pembayaran Beli Tiket Kereta Lokal di KAI Access

Beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan pembelian tiket kereta api lokal online adalah sebagai berikut

  • Update aplikasi KAI Access yang terbaru
  • Daftar di KAI Access
  • Download dan daftar di LinkAja
  • Top up saldo di Link Aja

LinkAja merupakan satu-satunya metode pembayaran yang bisa digunakan untuk melakukan pembayaran tiket kereta api secara online. Jadi untuk pengguna Ovo dan Gopay, mau nggak mau buka lagi aja deh. Biar bisa beli tiket kereta api.

Cara Beli Tiket Kereta Api Penataran Dhoho Online

Setelah berhasil install KAI Access dan LinkAja, langkah selanjutnya adalah mengisi / top up saldo di LinkAja. Buka aplikasi LinkAja dan top up dengan cara yang sudah tersedia. Di videon tutorial di bawah, aku menggunakan internet banking BRI untuk melakukan top up.

Buka KAI Access dan pilih menu local train. Kemudian isikan data berikut ini

  • Origin : Berisi stasiun keberangkatan
  • Destination : Berisi stasiun tujuan
  • Departure Date : Bisa bebas pilih tanggal 7 hari ke depan

Cari tiket dan pilih jam keberangkatan yang tersedia untuk tanggal tersebut. Aku nggak tahu kenapa nggak semua keberangkatan ada di aplikasi ini. Sebagai contoh, keberangakatan dari Stasiun Blitar kota menuju ke Wonokromo hanya ada jadwal kereta paling pagi, sedangkan kereta kedua dan ketiga sampai ke empat tidak ada.

Sebaliknya, ketika memesan tiket dari Surabaya ke Blitar, ada semua kok pilihan jam keberangkatan kereta. Aku kurang tahu kenapa hal ini bisa terjadi. Apakah memang masih ada bug atau  bagaimana? Kita tunggu saja informasi terupdatenya dari KAI.

Beda Stasiun Tujuan WONOKROMOX dan SGUX

Di pembelian tiket kereta api mungkin ada yang bingung kok ada Wonokromox dan surabaya gubengx. Nah berikut penjelasan dari Mas Muhammad Habib Ulil tentang perbedaan stasiun tersebut.

SGUX itu peruntukannya khusus buat beberapa kereta penataran yang rute perjalanannya ‘muter’, seperti contohnya Dhoho Penataran yang 355 dan 357. Mereka berdua khan dari Surabaya Kota, meluncur ke Blitar via Kertosono. lalu dari situ, ‘balik kucing’ lagi ke Surabaya Gubeng/Kota lagi via Malang, (membentuk rute memutar) makanya kodenya stasiun Gubeng (Wonokromo juga) dibikin 2, kalau cuma satu kan bisa risiko error, yak di sistem ticketingnya Penataran Wonokromo itu stasiun awal keberangkatan, kalo WonokromoX itu stasiun ujungnya

Awalnya aku mencoba mencari dari Blitar ke Wonokromo (tanpa X), hanya ada tiket kereta keberangkatan pertama dari Blitar. Nah setelah aku coba ulang cek tiket menggunakan WonokromoX, ternyata ada banyak pilihan keberangkatan. Namun keberangkatan jam pertama tidak tersedia, karena yang paling pagi jam 9.38.

Beda SGUX dan Wonokromo X dan yang nggak pake X
Beda SGU dan SGUX

Mungkin ini bisa menjawab pertanyaan teman-teman tentang pilihan kereta api siangnya kok hilang ya? Apa nggak bisa dipesan? 

Plus Minus

Layanan ini sebenarnya disambut baik oleh para netijen, coba tengok laman instagram Jelajah Blitar dan Info Blitar yang ramai dengan komentar para netizen. Setidaknya dengan adanya pemesanan online tiket kereta api lokal, masyarakat tidak harus datang pagi-pagi ke stasiun dan membuang waktu lama menunggu antrian di stasiun yang bahkan bisa sampai setengah hari lho. Wasting time banget nggak sih, makanya aku lebih suka beli go show dibanding nunggu dan antre. Kalau nggak gitu nitip ke teman.

Salah satu hal yang patut diacungi jempol adalah paperless. Tiket yang sudah dibeli menggunakan aplikasi KAI Access nggak perlu di print, nanti cukup tunjukkan ke petugas untuk di scan dan menunjukkan kartu tanpa penduduk yang sesuai dengan yang tertera di tiket. Jadi penak to?

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan oleh KAI tentang kebijakan ini, berikut beberapa hal yang mungkin bisa digodog lagi

  • Hanya bisa membeli satu tiket untuk sekali invoice. Mungkin niatnya baik, biar nggak ada calo. Kan kasian yang biasanya pulang dan pergi berpasangan. Kalau aku mah biasanya cuma sendiri, jadi fitur ini nggak terlalu ngefek sih :))
  • Tidak bisa memilih tempat duduk, sebenarnya fitur ini sudah ada untuk pemesanan tiket jarak jauh. Kok ya nggak sekalian di implementasikan di kereta api lokal. Kenapa? Aku juga nggak tahu. Yang jelas, dengan adanya fitur pemilihan tempat duduk meskipun cuma bisa pesan satu tiket kan bisa janjian duduknya biar barengan. 
  • Tidak ada informasi ketersediaan tempat duduk. Seperti yang sudah terlanjur dialami oleh adik temanku. Setelah melakukan pembayaran, jebul nggak dapat tempat duduk. Untung cuma Blitar – Malang sih.
Tidak dapat Tempat Duduk

E-tiket yang terbit tanpa tempat duduk seperti gambar di atas. Apabila nomor kursi angka nol seperti contoh di atas atau bahkan hilang nggak ada kolom no kursi, tandanya tiket tersebut merupakan tiket berdiri, alias tanpa tempat duduk. Itu yang didapatkan temanku yang langsung datang ke stasiun untuk bertanya di customer service.

Jika ada pertanyaan seputar cara memesan tiket secara online ini, bisa coba tinggalkan kolom komentar ya.

Update 28 MEI 2019 ~ Bisa Pesan 4 Kursi Kereta Lokal Online di KAI Access

Kabar gembira, per tanggal 28 Mei 2019 KAI mengeluarkan update aplikasi KAI Access yang dilengkapi dengan fitur pemesanan sampai dengan 4 kursi melalui aplikasi android terbarunya.

Pesan 4 Kursi di KAI Access

UPDATE 23 Agustus 2019 : Pemesanan Kereta Api Lokal HANYA Bisa Lewat KAI Access

Cara Beli Tiket Kereta Api Lokal Online (Penataran, Dhoho, Pramex, dll) 1

Per tanggal 1 September 2019 mendatang, pemesanan kereta api lokal seperti Dhoho dan Penataran hanya bisa dilakukan melalui KAI Access. Pembelian tiket kereta api di Stasiun hanya dilayani 3 jam sebelum kereta berangkat (go show).

Ini sebenarnya bagus untuk membiasakan orang menggunakan KAI Access dan melakukan pemesanan secara online. LinkAja yang merupakan satu-satunya metode pembayaran untuk kereta api lokal online pasti mendapatkan keuntungan dengan adanya peraturan ini.

Namun di satu sisi, masih banyak pengguna yang belum terlalu ngeh dengan cara pembelian tiket ini, terutama untuk orang-orang yang sudah lanjut usia. Mungkin perlu ada opsi untuk pencetakan tiket kereta api, karena nggak boleh hanya bermodal screenshot di aplikasi KAI Access untuk memberitahukan ke kondektur bahwa sudah membeli tiket.

Video Cara Pemesanan Tiket Kereta Lokal dengan Aplikasi

YouTube video

Update Video KAI Access Terbaru

YouTube video
Shopee Lovember

60 thoughts on “Cara Beli Tiket Kereta Api Lokal Online (Penataran, Dhoho, Pramex, dll)”

  1. Aku salah satu penggunanya nih hehe. Bener banget, aku udab terlanjur beli ee gg ada tempat duduk. Pdhal tulisan tersedia hiksss

    Reply
  2. Mohon info,bisa kah kai acces ini digunakan memesan tiket utk selain nama yg ter registrasi di kai acces tsb?terima kasih.

    Reply
  3. Mas saya mau jalan-jalan ke malang via blitar dari jogja. Biar hemat saja. Nah, kira-kira kereta panataran dhoho ini ontime nggak ya? Karena jadwal kereta pulang dari malang ke blitar dan blitar ke jogja selisihnya sekitar 1 jam 30 menit saja. Takut ketinggalan kereta.

    Reply
  4. Klo beli tiket lokal train dan status tersedia apa pasti dpt tempat duduk. Klo status tanpa tempat duduk ya emang ga dpt.ini status tersedia

    Reply
    • Sekarang kalau kursi habis ada tulisannya tiket berdiri, pastikan sudah update aplikasi kai access terbaru ya 🙂

      Reply
  5. Saya coba, tp tdk ada sampe memasukkan pilihan no link hanya sampe resume pembelian next pencet next kembali lagi ke next

    Reply
  6. siapa sih yang seneng bisa pesen tiket online padahal jarak deket. seneng banget dong lebih efisien. tapi ndak harus menutup loket juga atau membatasi hanya 3 jam sblum keberangkatan. gmna yang tidak punya hp atau smartphone dan rumahnya jauh dr stasiun. giliran udah dateng ke stasiun khabisan tiket pulang lagi dong, pdhal jauh nih. apalgi untuk di desa2. contoh saya, rumah ke stasiun butuh 1 jam naik motor lha kalau naik kendaraan umum bs brpa jam ? stlah smpe kahbisan atau dapet tiket berdiri, apalagi bawa balita. bayangin dong kl berdiri pegelnya blitar sby. kl sy bs lewat online. nah kl pas emak nenek atau sdara ku yang didesa mau ke kota trus ga ada yg punya smartphone ? apa kabar ??

    Reply
  7. Ini kan aku mw beli tiket dari malang kota lama ke blitar,pilih lokal train tapi kok saya ketik nama stasiunya kota lama kok gak keluar iyy,,,tolong segera beri tahu apa masalah nya

    Reply
  8. Saya berencana mau balik kampung naik ferry,batam-jakarta,trus di lanjut naik kereta ke kediri,lantas gimana cara beli tiket KA-nya?harus secara on line apa langsung ke loket karcis.masih bingung nih,soalnya belum pernah

    Reply
  9. Ini aku brusan beli tiket blitar – SBY di kai access dan bwt bayar nya pke linkaja tapi kenapa gak bisa ya? Pdhal linkaja nya udh di update jga
    Saya hrus gimana?

    Reply
  10. Mau pesenin tiket krd buat suami,tp suami g punya kai access krn hp nya g support,kalo eboarding nya screenshotan gitu bisa g sih mas?mohon pencerahannnya mas,suwun

    Reply
    • Tergantung petugasnya mbak. ada yang bisa, ada yang nggak bisa. coba siapkan KTP sesuai dengan data yang di daftarkan, bisa kok seharusnya.

      Reply
    • Kalau sebelum pandemi sih boleh, cuma biasanya kalau weekend kursinya penuh sehingga disarankan untuk beli online

      Reply

Leave a Comment