Itinerary Tokyo Metro Pass 2 Hari di Jepang

panduaji

8 comments

Link
Itinerary Tokyo Metro Pass

Itinerary Menggunakan Tokyo Metro 2D Pass di Jepang – Total 5 hari di Tokyo aku menggunakan 2 kartu sakti khusus turis yang bisa menghemat pengeluaran sangat banyak. Yaitu Tokyo Wide Pass dan Tokyo Metro 2D Pass. Pada kesempatan ini aku ingin berbagi tentang itinerary menggunakan Tokyo Metro 2D Pass di Jepang.

Kalau kamu belum punya itinerary ketika mau liburan ke Jepang, ada baiknya baca backpacker ke Jepang yang sudah pernah aku tulis sebelumnya. Setidaknyna dengan panduan tersebut kamu bisa menyusun perjalanan ke beberapa kota favorit para pelancong seperti Tokyo, Osaka, Kyoto dan Nara yang aku kunjungi ketika liburan ke Jepang.

Apa itu Tokyo Metro Subway Pass?

Tokyo Metro Subway Pass
Tokyo Metro Subway Pass

Tokyo Metro Subway Pass atau yang lebih dikenal dengan Tokyo Metro pass merupakan tiket terusan yang dapat digunakan oleh masyarakat Jepang yang tinggal di daerah selain Tokyo, Kanagawa, Saitama, Chiba, Ibaraki, Tochigi, Gunma and Yamanashi. Selain itu, sebagai turis mancanegara juga bisa membeli tiket terusan ini untuk menekan biaya akomodasi naik kereta api di Tokyo dan sekitarnya.

Dengan menggunakan Tokyo Metro, kita bisa bebas naik kereta api bawah tanah keliling Tokyo sepuasnya dalam jangka waktu tertentu. Oleh karena setidaknya ada 3 jenis kartu metro subway pass yang bisa dipilih untuk dibeli.

Selengkapnya baca di website Tokyo Metro

3 Jenis Metro Subway Pass

  • Tokyo Subway 24 Jam merupakan kartu metro yang berlaku selama 24 jam sejak pertama kali di tap ke mesin di stasiun dengan harga untuk dewasa 800 Yen dan untuk anak-anak 400 yen. Kartu 24 jam ini berwarna merah.
  • Tokyo Subway 48 jam merupakan kartu metro yang berlaku selama 48 jam sejak pertama kali di tap ke mesin di stasiun dengan harga untuk dewasa 1200 yen dan untuk anak-anak 600 yen. Kartu 48 jam ini berwarna hijau.
  • Tokyo Subway 72 jam merupakan kartu metro yang berlaku selamma 72 jam sejak pertama kali di tap ke mesin di stasiun dengan harga untuk dewasa 1500 yen dan untuk anak-anak 750 yen. Kartu 72 jam ini berwarna kuning kehijauan.

Selama 5 hari di Tokyo, aku menggunakan kombinasi kartu subway 48 jam dan Tokyo Wide Pass. Baca aja Itinerary Tokyo 3 hari dengan JR Tokyo Wide Pass. Sesuaikan dengan itinerary yang sudah dibuat untuk menentukan mana yang paling enak untuk diambil.

Loket Pembelian Tokyo Metro Pass
Pembelian Tokyo Metro Pass di Bandara Haneda

Untuk membeli tiket ini sebagai turis mancanegara kita harus menunjukkan paspor. Waktu itu aku beli di Bandara Haneda. Sehingga bisa menggunakan semua jalur kereta bawah tanah (subway) dan Toei Subway Line. Buat yang landing di Bandara Haneda bisa datang ke Tourist Information Center lantai dua untuk membeli tiket metro subway.

Rekomendasi wifi & sim card

Unlimited 4G Wifi Japan – Ninja Wifi

Jaringan LTE

Jumlah maksimal perangkat : 5

Daya tahan baterai: 9 jam

Jangkauan wilayah: Seluruh Jepang

Provider: Softbank

Harga mulai 80ribuan

Unlimited 4G Wifi & Pocket Translator

Kecepatan Upload/Download: 50mbps/150mbps

Jumlah maksimal perangkat : 10

Daya tahan baterai: 9 jam

Jangkauan wilayah: Seluruh Jepang

Provider: Softbank

Harga mulai 50ribuan

Unlimited 4G Wifi & Power Bank

Kecepatan Upload/Download: 50mbps/150mbps

Jumlah maksimal perangkat : 10

Daya tahan baterai: 9 jam

Jangkauan wilayah: Seluruh Jepang

Provider: Softbank

Harga mulai 50ribuan

Unlimited 4G Sim Card – Sakura Mobile

Masa berlaku: 8 – 31 hari

Jaringan: 4G

Layanan: Internet saja

Jangkauan wilayah: Seluruh Jepang

Kuota: FUP 2Gb/hari

Provider: Docomo NTT

Harga mulai 400ribuan

Itinerary Hari Pertama Tokyo Metro Subway

Itinerary hari pertama menggunakan Tokyo Metro aku gunakan untuk keluar dari Bandara Haneda menuju ke Ueno Park. Adapun rute yang aku lalui dari Bandara Haneda ke Ueno Park adalah sebagai berikut ini

  • Naik Keikyu-Kuko Line Jurusan Imbanihon-Idai 
  • Turun Sengakuji Station 
  • Oper Asakusa Line jurusan Keisei-Sakura 
  • Turun Ningyocho 
  • Oper Hibiya Line jurusan Tobu-Dobutsukoen 
  • Turun Ueno Station

Dari Ueno Park, aku berjalan menuju ke Universitas Tokyo untuk melihat langsung patung Hachiko dan Prof. Ueno yang ada di halamannya. Patung ini berbeda dengan yang ada di Stasiun Shinjuku.

Patung Hachiko di Tokyo Univesity
Patung Hachiko di Tokyo Univesity

Setelah beristirahat dan update status lagi di Universitas Tokyo, perjalanan lanjut ke kawasan Asakusa. Adapun rute dari Universitas Tokyo ke Asakusa adalah sebagai berikut ini

  • Di Todai-Mae Station naik Namboku Line Jurusan Hiyoshi 
  • Turun Kōrakuen Kuramae Station 
  • Oper ke Oedo Line (Platform 4) jurusan Hikarigaoka 
  • Turun Ueno-okachimachi 
  • Oper Ginza Line tujuan Asakusa 
  • Turun Asakusa Station

Di kawasan asakusa ini bisa main Sensoji Temple maupun Tokyo Skytree. Namun aku cuma jalan-jalan di Sensoji Temple yang gratisan. Maklum hemat ges. Selain itu bisa mencoba untuk makan Ramen Naritaya yang terkenal dengan label halalnya.

Itinerary Tokyo Metro Pass 2 Hari di Jepang 1

Suka dengan captain Tsubasa? Bisa mlipir ke daerah Katsushika, pinggiran kota Tokyo. Di daerah ini kamu bisa berburu berbagai patung Tsubasa dari perunggu. Baca selengkapnya di sini. Untuk rute dari Asakusa menuju ke Katsushika adalah sebagai berikut ini

  • Asakusa Line jurusan Imbanihon-Idai platform 2
  • Turun di Yotsugi Station

Itinerary Hari Kedua Tokyo Metro Subway

YouTube video

Aku menginap di Asakusa, jadi hari kedua ini perjalanan menggunakan Tokyo Metro Subway dimulai dari Asakusa.  Adapun daerah yang aku kunjungi pertama adalah ke Tsukiji Fish Market, adapun rutenya dari Asakusa adalah sebagai berikut ini

  • Asakusa Line jurusan Nishi-Magome (Platform 1) 
  • Turun Higashi-ginza Station 
  • Oper ke Hibiya Line jurusan Kita-Senju 
  • Turun di Tsukiji Shijo Station

Berhubung waktu itu hari Jum’at, setelah jalan-jalan di Tsukiji Fish Market perjalanan berlanjut untuk mencoba Jum’atan di Tokyo, tepatnya di Arabic Islamic Institute. Rutenya sebagai berikut ini

  • Naik Subway di Tsukijishijo Station Ambil jurusan Hikarigaoka (Platform 1) 
  • Turun di Stasiun Azabu-juban. 
  • Jalan sekitar 800an
Shiba Park dekat Tokyo Tower
Shiba Park dekat Tokyo Tower

Setelah Jum’atan, perjalanan dilanjutkan ke Shiba Park dan Tokyo Tower menggunakan subway dengan rute sebagai berikut ini

  • Azabu-juban Station Naik Oedo Line 各停 Tocho-Mae via Daimon / Ryogoku (Platform 1) 
  • Turun di Daimon Station atau Akabanebashi Station
    • Daimon Station dekat Shiba Park 
    • Akabanesbashi dekat Tokyo Tower

Selain menggunakan Subway, aku kemarin dari Tokyo Tower menuju ke Tokyo Diver City naik kereta JR, namun karena nggak tercover sama Metro Subway Pass, jadi aku skip aja. 

Itinerary 2 Hari dengan Tokyo Metro Subway Pass

Jadi itinerary selama 2 hari menggunakan Tokyo Metro Subway Pass untuk mengunjungi tempat-tempat menarik di daerah Tokyo memanfaatkan moda transportasi kereta bawah tanah dengan tiket terusan yang murah meriah.

Mungkin kamu mau nambahin destinasi wisata menarik di Tokyo yang bisa dikunjungi dengan Tokyo Metro 2 Day Pass maupun yang 3 Day pass? Tulis di kolom komentar yak!

Tags:

Share:

Related Post

8 responses to “Itinerary Tokyo Metro Pass 2 Hari di Jepang”

  1. Lucky Avatar
    Lucky

    Untuk tahu rute yang akan dituju menggunakan subway, apakah maps subway mendadak atau sebelumnya (dari indonesia) sudah mempersiapkan jalurnya mas? Itu saya lihat banyak transitnya.
    Jika melihat maps route subwayna apakah tidak pusing , banyak banget disana, tidak seperti jalur MRT sngpore yang mudah

    1. panduaji Avatar
      panduaji

      saya sudah arrange sebelum berangkat, saya print untuk backup. Belajar baca peta subway ketika di TKP. Kalau bingung baru buka map yang sudah diprint. Tapi kalau udah sampai di subway ternyata mudah kok baca petanya. Tinggal cari stasiun tujuan baru liat stasiun keberangkatan. Jangan dibaca semua, biar nggak bingung. hehe

      1. Lucky Avatar
        Lucky

        Mantap mas..
        Anywy ada rekomendasi penginapan di daerah ueno atau asakusa ga? Hehe

        1. panduaji Avatar
          panduaji

          Kalau di asakusa Coba cek postingan tentang nginep di enaka asakusa hostel. Kalau ueno kemarin aku nginep di capsule net

  2. Risma Avatar
    Risma

    Saya menginap didaerah kita ikebuhuro belinya kartu suica atau metro subwaypass ya?

    1. panduaji Avatar
      panduaji

      Beli semuanya juga gpp mbak, suica itu cuma emoney bukan kartu unlimited pass seperti metro. Bayar pakai suica lebih murah kok

      1. Risma Avatar
        Risma

        Mas kl saya beli tokyo wide pass karena saya akan ke gala yuzawa apakah benar?soalnya untuk 2 hari berikutnya saya hanya diseputaran tokyo.apakah TWP nya bisa terpakai untuk ditokyo?

        1. panduaji Avatar
          panduaji

          1. Benar, TWP bisa buat ke Gala Yuzawa
          2. TWP bisa digunakan untuk semua kereta JR di wilayah Tokyo. Jadi gak perlu Tokyo Metro. Selama naik kereta JR

Leave a Comment