Kuliner Ndeso di Warung Prasmanan Mbak Kasih Blitar

Last Updated on 2 years by panduaji

Kuliner Ndeso di Warung Prasmanan Mbak Kasih – Mbak Kasih merupakan salah satu penjual nasi pecel yang cukup populer di Blitar yang mampu bersaing dengan warung Mbok Bari. Keduanya sama-sama memiliki cabang banyak, sayangnya kalau Mbok Bari ini hanya jualan di wilayah Kota Blitar saja, sedangkan Mbak Kasih ini selain ada di Kota Blitar juga ada di beberapa sudut Kabupaten Blitar.

Menurutku, warung nasi pecel Mbak Kasih ini bisa dibilang cukup enak. Cukup sejajar apabila disandingkan dengan nasi pecel Mbok Bari. Pemenangnya yang mana? Tergantung selera masing-masing, keduanya punya ciri khas yang enak.

Nah, Belum lama ini, Mbak Kasih yang ternyata sudah ibuk-ibuk membuka warung prasmanan dengan aneka menu khas pedesaan. Berhubung ada promo saat grand openingnya, dan mendapatkan undangan untuk hadir aku pun langsung datang bersama adik untuk mencicipi menu di Warung Prasmanan Mbak Kasih.

Lokasi warung prasmanan Mbak Kasih di Tlogo ini bisa dibilang cukup ndlesep. Tepatnya berada di Jl. Koi, Tlogo, Kanigoro, Kab. Blitar. Jaraknya sekitar 1km di sebelah selatan warung nasi pecel Mbak Kasih yang ada di Tlogo. Sayangnya, gang untuk menuju warung prasmanannya tidak berada tepat di selatan warung.

Supaya lebih mudah menjangkau lokasi warung prasmanan Mbak Kasih, kamu bisa buka di Google Maps

Akses menuju warung ini bisa dibilang cukup mudah. Kendaraan roda dua bisa masuk sampai depan warung. Kendaraan roda empat pun demikian, hanya saja kalau rombongan banyak sepertinya belum bisa menjangkau parkir sampai di depan rumah seperti warung Mak Ti yang juga ada di Kanigoro.

Suasana Warung Prasmanan Mbak Kasih

Warung Prasmanan Mbak Kasih Tlogo
Warung Prasmanan Mbak Kasih Tlogo

Pagar bambu setinggi kurang lebih dua meter berwarna coklat mengkilat hasil olesan plitur di bagian depan rumah warung ini. Paranet 3 lapis digunakan sebagai atap untuk meminimalisir panas tanpa harus membuat orang-orang dibawahnya gerah. Jadi tetap semriwing gitu kena angin khas pedesaan.

Disekitar warung ini terdapat beberapa pohon bambu yang cukup besar dan tinggi. Meski tak seindah Papringan Arashiyama di Kyoto, nuansa khas pedesaan tanpa dibuat-buat benar-benar hadir di sini.

Suasana semacam ini tidak bisa didapatkan dengan mengunjungi restoran-restoran ala desa yang ada di kota. Menu makanan mungkin bisa ditiru, tetapi suasana yang autentik seperti ini nggak bakalan bisa ditiru.

Menu Makanan di Warung Prasmanan Mbak Kasih

Ketika aku datang, masih ada kondangan bersama warga sekitar, hal ini sudah lazim kalau di Jawa. Sebagai salah satu bentuk rasa syukur kepada Tuhan sekaligus meminta doa kepada warga sekitar atas dibukanya warung Prasmanan Mbak Kasih di lingkungan tersebut.

Berhubung masih pagi, menu makanan yang tersedia pun belum lengkap. Karena sebenarnya undangan untuk umum itu siang setelah Jum’atan. Pagi memang hanya untuk tetangga saja. Namun sebagian besar menu tersedia di wajan gerabah yang menambah kesan ndeso di warung ini.

Ada banyak pilihan menu yang tersedia di warung prasmanan mbak kasih ini, seperti yang ditulis pada besek yang menjadi hiasan di salah satu dinding warungnya. Berikut penampakannya

Menu di Warung Prasmanan Mbak Kasih di Tlogo, Blitar
Menu di Warung Prasmanan Mbak Kasih di Tlogo, Blitar

Selain nasi putih biasa, ada juga opsi nasi tiwul dan nasi jagung yang tentunya mantap jika dipadukan dengan blendi tewel dan ayam lodho kampung maupun pindang pedas. Selain itu juga ada urap, botok, sayur asam betawi, lodeh, patin, lele maupun menu lainnya.

Menu Warung Prasmanan Mbak Kasih
Menu Warung Prasmanan Mbak Kasih

Karena bapak-bapak tetangga masih genduren, aku pun menunggu dulu mereka selesai genduren. Masa iya, masih ada yang genduren udah ambil makan dulu. Kan nggak pantes. Setelah genduren makan-makan bareng bapak-bapak yang hadir di genduren.

Warung Prasmanan Mbak Kasih
Warung Prasmanan Mbak Kasih

Aku termasuk orang yang cukup bingung kalau disuruh ngambil menu prasmanan, apalagi kalau semua menu tampak menarik untuk dicoba Alhasil makan nasi jagung dengan blendi tewel, sedangkan lauknya ambil ayam lodho dengan kuah pedas serta pindang pedas. Jangan sampai lupa untuk mengambil rempeyek terinya yang renyah.

Semua menu makanan yang aku ambil nggak cuma enak, tetapi juga ada semacam nyawa khas pedasaan. Berbeda dengan rasa makanan desa yang tersedia di restoran-restoran fancy perkotaan. Rasanya benar-benar khas ndeso, apalagi dengan suasana yang mendukung untuk menikmati sajian khas pedesaan ini.

Es Dawet di Warung Prasmanan Mbak Kasih
Es Dawet di Warung Prasmanan Mbak Kasih

Oh iya, jangan lupa untuk menikmati dawet yang beneran enak, parpaduan manis dan gurihnya pas. Dibuat dari bahan-bahan pilihan yang beneran, bukan aroma rasa dari essence yang biasanya digunakan sebagai perasa maupun aroma minuman.

Harga di Warung Prasmanan Mbak Kasih

Berhubung masih promo, jadi semuanya masih gratis. Sehingga belum bisa memberikan informasi akurat untuk harga menu yang ada di warung prasmanan Mbak Kasih ini. Mungkin lain kali jika mampi kesana lagi bakal tanya berapa harga menu yang tersedia.

Menurut informasi yang aku dapatkan dari anak pemilik warung, range harga di warung Mbak Kasih ini mulai dari 8 ribu rupiah.

Nggak berlebihan jika nanti ada teman main ke Blitar dan ngajak kulineran khas ndeso akan aku ajak ke sini. Cukup worthed untuk didatangi meski jarak dari rumah sekitar 6 kilometer.

Punya pengalaman di warung ini? Atau ada yang ditanyakan? Nggak perlu ragu untuk menulisnya di kolom komentar 🙂

Previous

3 Rekomendasi Rumah Murah Jakarta Barat di Bawah 500 Juta

Tempat Wisata Dekat Stasiun Malang

Next

Saya juga ada di Instagram facebook Twitter dan Youtube Suka menulis tentang blogging di panduaji.com

Leave a Comment