Pentingnya Benefit Asuransi Kesehatan dan Jiwa Untuk Mendapatkan Karyawan Terbaik

Perusahaan mana pun pasti menginginkan karyawan yang bekerja di perusahaannya adalah yang terbaik. Namun saat ini cukup sulit mendapatkan karyawan yang mau bekerja lebih loyal, betah dalam waktu lama di perusahaan, dan produktif untuk mencapai target-target perusahaan. Sering yang terjadi, pergantian karyawan yang masuk dan keluar begitu cepat akibat karyawan kurang betah atau merasa tidak cocok bekerja di perusahaan tersebut. 

Pergantian karyawan yang cepat jelas bisa menambah cost bagi perusahaan, mengingat proses rekrut karyawan membutuhkan biaya yang besar dan waktu yang lama, mulai dari proses seleksi, tes psikologi, wawancara dan sebagainya. Akibat lainnya, karyawan yang baru masuk juga membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan pekerjaannya sehingga tak selalu bisa mengikuti ataupun mengejar target yang telah ditetapkan. Lalu bagaimana solusi agar perusahaan bisa mendapatkan karyawan terbaik dalam proses rekrutment?

Pentingnya Benefit Asuransi Kesehatan dan Jiwa Untuk Mendapatkan Karyawan Terbaik

Ada satu ungkapan lama yang sepertinya cocok untuk pembahasan kali ini. Orang yang baik akan berjodoh dengan orang baik lainnya. Ini bisa pula berlaku untuk hubungan kerja natara perusahaan dan karyawan. Perusahaan yang baik tentunya mudah mendapatkan karyawan yang baik. 

Lalu apa yang harus dilakukan oleh perusahaan yang baik agar mendapatkan karyawan yang baik? Salah satunya dengan menyediakan jaminan kerja. Di sini, perusahaan harus benar-benar paham pentingnya benefit asuransi kesehatan dan jiwa untuk mendapatkan karyawan terbaik. Asuransi merupakan salah satu jaminan kerja yang bisa disediakan oleh perusahaan dan ditawarkan pada saat proses rekrutment. 

Dengan adanya jaminan kerja, karyawan bisa bekerja dengan tenang dan nyaman. Asuransi kesehatan akan menjaga kesehatan masing-masing karyawan sehingga mereka bisa bekerja dengan lebih fokus dan produktif tanpa perlu merasa khawatir. Sementara asuransi jiwa juga memberi ketenangan bagi posisi karyawan yang berisiko tinggi, sehingga jika terjadi kecelakaan tak terduga, ada jaminan dirinya akan mendapatkan pengganti penghasilan saat mereka tak bisa bekerja, atau tunjangan bagi keluarga ketika kecelakaan tersebut membuat mereka tiada. 

Menyediakan benefit asuransi kesehatan maupun asuransi jiwa juga menjadi bentuk rasa terima kasih dan rasa peduli perusahaan kepada karyawan sehingga membuat karyawan lebih dihargai. Hubungan timbal-balik yang manis dan saling menghargai di awal akan membuka peluang untuk hubungan yang lebih baik di kemudian hari. Karyawan juga tak akan segan memberikan yang terbaik bagi perusahaan. Selain itu, ketersediaan asuransi juga bisa digunakan oleh karyawan untuk mempertahankan karyawan-karyawan terbaik yang sudah dimiliki dan tak mungkin bisa digantikan oleh karyawan baru. 

Menggandeng perusahaan asuransi, seperti misalnya Lifepal, sebagai mitra yang peduli akan pentingnya benefit asuransi kesehatan dan jiwa untuk mendapatkan karyawan terbaik, bisa memudahkan perusahaan dan karyawan. Perusahaan tidak akan kerepotan mengurusi kebutuhan masng-masing karyawan terkait rasa nyaman, kesehatan, maupun perlindungan dari hal tak terduga. Sementara karyawan juga akan dimudahkan dalam proses mendapatkan jaminan yang memberi perlindungan bagi kesehatan jiwa dan raga mereka. 

Tips Memilih Produk Asuransi Bagi Perusahaan

Asuransi Jiwa
Foto: Pixabay

Setelah mengetahui pentingnya benefit asuransi kesehatan dan asuransi jiwa untuk mendapatkan karyawan terbaik, kini saatnya perusahaan memutuskan untuk memilih produk asuransi yang sesuai dengan perusahaan. Berikut beberapa tips memilih produk asuransi bagi perusahaan:

1. Pilih Sesuai Kebutuhan

Hal pertama yang perlu dilihat dulu adalah kebutuhan akan produk asuransi. Jika perusahaan lebih pada bidang yang berisiko, misalnya pertambangan, kontraktor untuk pembangunan jalan, dan sebagainya, maka perlu ada asuransi yang bisa memberi perlindungan kesehatan dan jiwa sekaligus. Tetapi jika perusahaan bergerak di bidang yang tak terlalu berisiko maka karyawan bisa disediakan asuransi kesehatan saja. 

2. Sesuaikan Dengan Anggaran yang Tersedia

Setelah mengetahui kebutuhan, selanjutnya adalah melihat anggaran yang tersedia. Perusahaan harus menghitung dengan cermat mengenai anggaran asuransi yang akan diberikan kepada karyawan, apakah pembayaran premi asuransinya menjadi tanggung jawab perusahaan atau masuk dalam dana gaji karyawan yang akan dipotong dulu saat tanggal gajian. Negosiasi dengan karyawan juga perlu dilakukan terkait hal ini saat proses rekrut karyawan agar tidak ada rasa tak nyaman di kedua belah pihak. 

3. Kredibilitas dan Pelayanan Perusahaan Asuransi

Ketika hendak membeli sesuatu, secara umum kita akan melihat beberapa produk dari beberapa perusahaan sekaligus untuk melihat mana yang lebih menguntungkan. Selain melihat benefitnya, sebaiknya lihat pula kredibilitas dan pelayana perusahaan asuransi. Lifepal merupakan salah satu broker asuransi yang menyediakan layanan all in one sesuai kebutuhan pelanggan. Pelayanan yang cepat dengan harga yang terjangkau akan lebih memudahkan kerja perusahaan dalam memberi perlindungan tambahan bagi karyawan terbaik yang dimiliki.

Saya juga ada di Instagram facebook Twitter dan Youtube Suka menulis tentang blogging di panduaji.com

Leave a Comment