Cara mencari ikan di sungai

panduaji

Kategori: Dolan

Berburu Ikan dengan Jebakan di Sungai Brantas, Blitar

Ditulis:

Sebagai bagian dari komitmen kami terhadap transparansi, beberapa link di situs kami adalah link afiliasi. Artinya, tanpa biaya tambahan untuk Anda, kami mungkin mendapatkan komisi jika Anda memutuskan untuk melakukan pembelian melalui link tersebut. Komisi ini membantu kami membiayai keberlangsungan blog ini.

Ndu, ayo Jum’at sore golek iwak neng blumbang e Mas Asrofi

Mas Heru

Sebuah ajakan untuk berburu ikan di Sungai Brantas ini cukup menarik dan pelum pernah aku lakukan sebelumnya. Meski dilakukan dengan cara tradisional memanfaatkan besar – kecil debit air sungai bisa memperoleh hasil yang nggak main-main lho.

Menangkap ikan dengan cara tradisional memanfaatkan besar kecil debit air sungai dan kolam ini bisa ditemukan dalam skala kecil maupun besar di sekitar aliran sungai, bahkan beberapa video viral di facebook pun menggunakan metode ini untuk mendapatkan ikan. Meski kenyataannya, terkadang ikan yang didapat nggak sebanyak maupun sebesar di video-video yang viral itu.

Jebakan ikan di sekitar sungai ini berupa kolam / blumbang / empang akan terisi air penuh ketika debit air besar dan nyemek ketika debit air kecil. Mirip dengan pasang surut air laut. Penasaran dengan cara kerjanya? Simak ceritaku ikut berburu ikan dengan Jebakan di Sungai Brantas, Blitar ini.

Perjalanan Menuju Kolam Jebakan Ikan

Aku memarkirkan sepeda motor di warung sedulur Brantas yang ada di dekat Pasar Glondong, Satreyan, Kanigoro. Sembari menunggu air sungai lebih surut, makan siang dulu dengan masakan ikan sungai rumahan di warung. Memang ada baiknya makan dulu, karena proses penangkapan ikan ini bisa dibilang cukup berat dan melelahkan karena harus berjalan di tanah berlumpur.

Baca juga : Konservasi Ikan Air Tawar Badher Abang

Usai makan siang, air sungai sudah mulai surut kami pun mlipir ke pinggiran sungai untuk mulai menyalakan mesin perahu yang kemudian mengantarkan kami ke bagian barat dimana terdapat banyak kolam-kolam jebakan ikan.

Naik perahu di Sungai Brantas, Kanigoro, Blitar
Naik perahu di Sungai Brantas, Kanigoro, Blitar

Ternyata debit air masih cukup tinggi untuk memanen, sehingga susah untuk menangkap ikan. Akhirnya kami mlipir memberi makan ikan dengan lumut di kolam milik Mas Heru yang berisi ikan nila dan mujair. Setelah itu leyeh-leyeh sambil menunggu Mas Asrofi yang punya kolam datang. Dia lebih hafal jam pasang surut air di sungai Brantas ini.

Setelah Mas Asrofi datang, ngobrol ngalor-ngidul kami pun melanjutkan perjalanan ke kolam ikan yang siap dipanen dengan berjalan kaki. Pemandangan sawah di tepi sungai cukup menawan dengan kondisi yang apa adanya.

Pemandangan sawah dekat sungai Brantas
Pemandangan sawah dekat sungai Brantas

Cara Kerja Menangkap Ikan dengan Kolam Jebakan

Mencari ikan di kubangan
Mencari ikan di kubangan

Seperti yang sudah aku singgung di atas, cara kerjanya jebakan kolam ikan ini bisa dibilang sederhana. Namun butuh ketrampilan khusus untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Adapun langkah-langkah penangkapan ikan dengan cara menjebak ini kurang lebih seperti ini.

  • Siapkan sebuah kolam di pinggir sungai yang mengalami debit besar-kecil yang bisa dibilang rutin. Biasanya kalau nggak dekat dengan pantai ya dekat dengan bendungan. Sehingga bisa diketahui kapan debit air besar dan debit air kecil secara periodik.
  • Siapkan satu pintu untuk keluar masuk ikan yang bisa dengan mudah dibuka dan ditutup. Disarankan menggunakan jaring supaya ketika debit sungai kecil, air tetap bisa keluar dari kolam dan tidak tertahan di dalam kolam.
  • Buatkan sistem buka tutup dengan tali, sehingga kita nggak perlu mendatangi pintu untuk membuka jaringnya. Sehingga nggak menakut-nakuti ikan yang sudah terlanjur masuk ke kolam.
  • Buka pintu air yang terbuat dari jaring ketika air surut. Letakkan umpan / pakan di kolam jebakan. Pilih umpan yang sekiranya menarik ikan untuk datang dan memakannya. Bisa menggunakan pelet, lumut, ayam dan masih banyak opsi pakan ikan lain yang bisa dicoba. Setiap daerah punya pakan favorit yang berbeda-beda.
  • Tinggalkan kolam sampai debit air sungai penuh. Ketika air di kolam baru saja penuh jangan ditutup dulu. Biarkan dulu ikan mencium bau pakan dan makan dulu.
  • Mas Asrofi biasanya menutup kolam ini ketika malam hari. Dalam prosesnya, kita nggak boleh berisik dan menggunakan penerangan cahaya sama sekali karena dapat menakuti ikan dan membuat mereka lari ke sungai lagi. Oleh karena itu, ketika proses penutupan ini nggak bisa melakukan perekaman.
  • Setelah jaring yang menjadi pintu keluar masuk ikan ditutup, langkah selanjutnya tinggal menunggu air surut. Bisa ditinggal untuk melakukan aktivitas lainnya, karena proses ini bisa dibilang cukup lama.
  • Ketika air sudah surut maksimal, kolam ikan akan menjadi kubangan yang berisi banyak ikan. Saatnya kita menangkap ikan-ikan yang terjebak di kubangan. Bisa pakai cara joshua dengan mengobok-obok kubangan untuk membuat ikan mabok sehingga kita makin mudah menangkapnya.

Kurang lebih begitu cara kerja menjebak ikan dengan cara tradisional memanfaatkan debit air sungai. Kemarin Mas Heru malah sempat ada slentingan untuk bikin paket wisata menangkap ikan di kubangan ini. Karena memang cukup seru untuk menangkap ikan di kubangan ini. Anak kecil bakalan suka.

Hasil Tangkapan Ikan Jebakan

Ikan hasil tangkapan
Ikan hasil tangkapan

Memang nggak bisa dipastikan setiap harinya bisa dapat berapa, namanya juga rejeki. Namun rata-rata dalam satu kolam jebakan ini bisa dapat sekitar 5kg. Itu termasuk hasil yang cukup sedikit seperti yang didapatkan ketika memanen ikan bersamaku.

Biasanya bisa sampai 10kg, jadi tidak heran jika nelayan sungai juga merupakan salah satu pekerjaan yang cukup menggiurkan, terutama untuk para pemilik kolam di pinggir sungai. Kuncinya sih harus tlaten dan mau modal untuk ngasih pakan ikan. Karena nggak banyak ikan yang datang dengan sendirinya ke kolam jebakan.

Kalau masih kurang jelas dengan penjelasan di atas, bisa melihat langsung video yang sudah aku upload di bawah ini ketika memanen ikan di kolam ikan jebakan ini.

Video Menjebak Ikan di Kolam Tepi Sungai

Jika masih kurang mengerti dengan penjelasan yang aku tulis di atas, mungkin akan lebih jelas kalau langsung melihat video penjelasan dari Mas Asrofi di bawah ini.

YouTube video

Jika ada paket wisata menangkap ikan di kubangan semacam ini apakah tertarik untuk ikut? Apabila kamu punya pertanyaan seputar cara menangkap ikan ini jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar.

Shopee Lovember

Leave a Comment