Cara Refund Airport Tax AirAsia, Bisa untuk Tiket Promo

Last Updated on 1 year by panduaji

Ha? Cara Refund Airport Tax AirAsia ketika dapat tiket promo? Emang bisa? Bisa dong! Sebagai maskapai LLC (Low Cost Carier) yang seringkali memberikan promo nol rupiah. Terima kasih AirAsia telah mengantarku ke jalan-jalan ke beberapa negara di Asia. Sebut saja ketika aku backpacker ke Jepang, backpacker ke Myanmar dan backpackeran ke Thailand.

Meskipun tiket promo tersebut biasanya bisa dibeli setahun sebelum keberangkatan. Sama ketika aku pergi ke Jepang, aku beli tiket pada bulan Maret 2016 untuk keberangkatan Februari 2017. Hampir setahun kan? Meski semua sudah dipersiapkan dengan matang, namun ada kalanya aku batal berangkat. Seperti yang terjadi beberapa waktu lalu.

Aku membeli tiket bulan November 2018 untuk keberangkatan Agustus 2019, namun sayangnya aku batal berangkat karena banyak kesibukan baru yang belum kepikiran sebelumnya. Jadi pada kesempatan ini aku mau berbagi pengalaman bagaimana cara refund airport tax tiket promo AirAsia.

Apa Itu Airport Tax

Sebelum membahas cara refund airport tax tiket AirAsia, ada baiknya teman-teman mengetahui apa itu airport tax. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa airasia seringkali berbagi tiket kursi gratis untuk penerbangan internasionalnya.

Namun ketika kita membeli tiket tersebut, kita masih diharuskan membayar sekian ratus ribu rupiah. Seperti yang aku dapatkan tahun lalu, penerbangan dari Surabaya ke Kuala Lumpur dan Penang ke Surabaya, aku hanya perlu membayar sekitar 380 ribu rupiah saja.

Dengan harga tersebut, aku nggak membeli tiket pesawat, karena harganya 0 rupiah tetapi aku hanya membayar airport tax. Karena AirAsia telah memasukkan biaya airport tax ke dalam pembelian tiketnya. Oleh karena itu, meskipun tiket kursi 0 rupiah, kita masih harus tetap membayar sejumlah uang saat melakukan pembelian tersebut.

Nah, airport tax merupakan biaya yang dibebankan kepada penumpang pesawat karena sudah menggunakan beragam fasilitas yang tersedia di bandara. Airport Tax yang juga dikenal dengan pajak bandara secara sederhana dapat juga dipahami sebagai tiket masuk ke bandara, terutama kawasan setelah kita check in menuju ke gate penerbangan.

Apa Bisa Refund Airport Tax Tiket Promo AirAsia?

Jawabannya bisa! Seperti yang sudah aku jelaskan di atas, meskipun kita membeli tiket promo AirAsia 0 rupiah kita sudah membayar airport tax. Apabila kita tidak jadi ikut penerbangan tersebut, kita masih bisa meminta uang airport tax untuk dikembalikan. Tentunya dengan beberapa prosedur yang cukup lama.

Referensi bacaan yang menegaskan bahwa AirAsia menerima refund airport tax bisa baca di sini.

Persayaratan Refund Airport Tax AirAsia

Apa saja persyaratan untuk refund airport tax AirAsia? Nggak semua tiket bisa di refund, untuk itu ada beberapa kondisi yang harus kamu penuhi sebelum meminta refund airport tax. Apabila kondisi ini sudah terpenuhi, anda bisa meminta refund airport tax ke AirAsia

Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebelum mengajukan refund tiket AirAsia adalah sebagai berikut ini

  • Permintaan refund ini harus diajukan dalam waktu 6 bulan setelah tanggal keberangkatan. Ada baiknya langsung minta refund begitu batal berangkat. Karena prosesnya cukup lama, dan belum tentu berhasil jadi masih sempat untuk mengulang lagi
  • 1 atau lebih penumpang dalam tiket tidak jadi berangkat
  • Refund requests back to original payment mode are subject to refund fee (per guest per sector) where applicable. Aku sih nangkepnya, kalau kita bayar pakai BCA uang refund di transfer ke BCA dan akan dikenakan biaya.
  • All AirAsia Thailand (FD), AirAsia X Thailand (XJ), Philippines AirAsia (Z2) flights & AirAsia India (I5) flights. All flights departing from Thailand. All flights departing from Hong Kong. Guests requesting for Airport Tax Refund in the form of Credit Account.

Selain beberapa hal di atas, berikut beberapa syarat tambahan yang harus terpenuhi untuk refund airport tax AirAsia

  • Harus sudah membeli tiket penerbangan AirAsia Internasional. Sepertinya refund airport tax ini nggak berlaku untuk penerbangan domestik
  • Status tiket promo maupun bukan promo bisa di refund airport taxnya
  • Tidak melakukan check in baik secara fisik maupun webcheckin. Kalau sudah terlanjur web check in, tidak dapat di refund
  • Tiket sudah hangus. Melewati tanggal keberangkatan.

Step by Step Cara Refund Airport Tax AirAsia via AVA Now

Berikut langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk meminta refund airport tax AirAsia

  1. Buka halaman Support AirAsia
  2. Tekan tombol chat with AVA now

AVA Now merupakan AirAsia Virtual Allstar yang merupakan chatbot untuk membantu proses refund. Berdasarkan chat dengan AVA, berikut beberapa informasi yang diminta untuk proses refund Airport Tax

  • Kode Booking Penerbangan
  • Alamat email (untuk informasi refund)
  • Subyek untuk email pemberitahuan
  • Refund ke Rekening / Akun BIG untuk booking next time
  • Kalau pilih ke rekening (gunakan rekening yang digunakan untuk melakukan pembayaran), isi
    • Negara Bank
    • Nama Pemilik Akun Bank
    • Nomor Rekening Bank
    • Cabang Bank
    • Swift Code Bank
  • Kalau pilih akun BIG untuk booking
    • Isi Eform dengan link yang sudah disediakan
    • Category Customer Request
    • BIG Loyalty Member ID

Setelah melakukan semua langkah di atas, kita akan mendapatkan notifikasi pemberitahuan tentang

Pencairan Refund AirAsia Airport Tax

Refund Airport Tax Tiket Promo AirAsia
Email pemberitahuan refund berhasil

Kemarin aku mengajukan proses refund Airport tax tiket promo AirAsiapada tanggal 17 September 2019, sekarang tanggal 23 September 2019 aku sudah mendapatkan notifikasi bahwa refund airport tax airasia sudah berhasil di transfer ke rekeningku. Setelah aku coba cek di rekening, ternyata transfer tersebut sudah masuk sejak tanggal 20 September kemarin. Terhitung 3 hari setelah pengajuan refund.

Uang yang kembali tidak sama persis dengan uang yang . aku bayarkan ketika melakukan pembelian tiket, ada potongan untuk administrasi. Adapun tiket yang aku bayar waktu itu adalah Rp. 220.000. Sedangkan yang masuk ke rekening setelah di refund airport tax adalah Rp.165.000. Ada potongan sekitar Rp. 55.000 rupiah.

Jadi, kalau ada tiket promo, nggak perlu pikir panjang lagi. Beli tiket dulu aja, kalaupun nggak jadi berangkat masih bisa refund airport taxnya. Daripada menyesal nggak dapat tiket promo, mending menyesal nggak jadi berangkat.

Previous

Jalan-Jalan Sebentar di Solo (Wisata dan Kuliner)

Liburan Singkat di Bandung Dua Hari Satu Malam

Next

Saya juga ada di Instagram facebook Twitter dan Youtube Suka menulis tentang blogging di panduaji.com

10 thoughts on “Cara Refund Airport Tax AirAsia, Bisa untuk Tiket Promo”

  1. Malam, mau nanya Pak, jika kita beli tiket pp tapi hanya digunakan one way saja pas pulang atau pergi nya, apakah bisa di refund?

    Reply
  2. hi mas, aku mau tanya. di invoice yg sy punya gak ada airport tax adanya passanger service charge, apakah itu termasuk dalam airport tax? krn invoice sblm sblm nya bacaan nya airport tax.. dan apakah bs direfund semua? thanks ya

    Reply
  3. Terima kasih mas, informasinya sangat bermanfaat.
    O ya mas, saya mau memastikan lagi, kalau misalnya tanggal berangkat tanggal 10 Maret, berarti refund air port taxnya baru bisa dilakukan paling cepat tgl 10 Maret dan paling lambat 6 bulan setelah 10 Maret, gitu kan mas?

    Reply

Leave a Comment