Aman dan Nyaman Bepergian dengan Kereta Api

Last Updated on 4 months by panduaji

Kereta api merupakan moda transportasi yang paling banyak aku gunakan untuk bepergian antar kota. Ada banyak pertimbangan sebelum memilih kereta api untuk melakukan perjalanan. Mulai dari efisiensi waktu, keselamatan, keamanan dan kenyamanannya.

Jadi jangan heran ketika aku menulis tentang perjalanan kereta api gajayana luxury yang dibandrol dengan harga 1,2 juta banyak yang mempertanyakan. Kenapa kok nggak naik pesawat aja? Kan lebih cepat dan lebih murah. Kan aku sudah bilang sebelumnya, aku punya banyak pertimbangan sebelum memutuskan untuk naik kereta api.

Berhubung aku lebih sering naik kereta api untuk bepergian ke luar kota, kali ini aku mau berbagi cerita tentang beberapa alasan membuatku suka naik kereta api. Mungkin kamu juga akan rasakan.

Layanan Informasi

Kereta api memiliki layanan informasi yang mumpuni. Informasi jadwal, rute, dan harga tiket kereta api bisa diakses dengan mudah dimanapun dan kapanpun melalui perangkat mobile maupun dekstop. Dengan adanya layanan informasi yang valid ini mempermudah aku untuk merencanakan perjalanan.

Pembelian tiket kereta api juga bisa dibilang mudah. Bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Bahkan untuk kereta api lokal pun sekarang sudah bisa dibeli melalui aplikasi resmi KAI Access. Nggak perlu buang waktu untuk antri di stasiun kereta api hanya untuk beli tiket.

Keselamatan Perjalanan

Kereta api hanya berjalan di jalur yang sudah disediakan, dan selalu menjadi prioritas ketika bersimpangan dengan jalan raya seperti yang sudah tertuang dalam UU no 23 Tahun 2007.

Rasio kecelakaan kereta api yang disebabkan faktor internal sangat kecil. Mayoritas kecelakaan kereta api dikarenakan faktor eksternal seperti kendaraan yang menerobos palang perlintasan kereta api.

Kemanan dalam Kereta

Sekarang sudah bisa tidur dengan nyaman ketika naik kereta api, nggak ada ketakutan kehilangan barang-barang yang diletakkan di atas kursi. Kamera CCTV yang ada di setiap gerbong menjadi salah satu faktor yang memberikan rasa aman.

Selain itu, patroli polsuska juga memberikan keamanan ekstra di setiap kereta api lokal yang masih memberlakukan tiket berdiri. Mereka dengan sigap memediasi penumpang yang seringkali berselisih paham tentang tempat duduk.

Menurutku, batasan pengantar yang hanya boleh mengantar sampai luar peron merupakan kebijakan yang tepat. Untuk meminimalisir, adanya penumpang gelap dan membuat penumpang lain kurang nyaman dengan kehadirannya. Sehingga tidak ada lagi cerita penumpang kehilangan barang ketika kereta api berhenti di stasiun.

Kenyamanan

Kereta api merupakan transportasi paling nyaman dengan segala fasilitas yang ada. Perbaikan besar-besaran beberapa tahun terakhir ini membuat penumpang sepertiku nyaman. Nyaman dapat kepastian tempat duduk ketika naik kereta api lokal, nyaman adanya petugas kebersihan yang senantiasa berkeliling untuk memastikan gerbong-gerbongnya bersih.

Nyaman dengan menghilangnya para pengemis dan pengamen yang dulu selalu membuat suasana kereta menjadi chaos. Apalagi kalau kereta . sedang penuh dan berdesak-desakan. Makin kacau deh. Hal itu sekarang udah nggak ada lagi.

RestoKA juga .menjadi alternatif yang lumayan untuk mengganjal perut yang lapar ketika melakukan perjalanan kereta api. Apalagi dengan adanya kereta api kelas luxury yang super duper nyaman dan nggakk melelahkan untuk perjalanan lebih dari 12 jam.

Setauku sekarang udah nggak ada gerbong kereta api yang tidak menggunakan AC. Semua gerbong sudah dilengkapi AC dan stop kontak yang benar-benar bisa digunakan untuk mempernyaman perjalanan.

Kemudahan Akses

Lokasi stasiun kereta api berada di tempat-tempat yang cukup strategis dengan akses transporasi yang mudah. Sehingga menjadi salah satu pilihan terbaik untuk bepergian ke luar kota.

Lokasi yang strategis membuat penumpang bisa jalan-jalan sejenak di sekitar stasiun. Seperti beberapa tempat wisata di dekat Stasiun Blitar yang bisa dikunjungi ketika transit sejekan di Kota Blitar. Bahkan ini juga menjadi salah satu penarik wisatawan yang ada di Blitar.

Biasanya, mereka berangkat dari Surabaya menggunakan kereta api pertama sekitar pukul 5 pagi. Sampai Blitar sekitar pukul 10 pagi. Berkeliling di sekitaran stasiun dan kembali ke Surabaya naik kereta api pukul 5 sore. Jadi memungkinkan untuk melakukan city tour singkat.

Kereta Api Sekarang Lebih Nyaman!

Secara keseluruhan, kereta api saat ini memang jauh lebih nyaman jika dibandingkan beberapa tahun lalu. Sistemm tiketing online, CCTV di setiap gerbong, ketersediaan polsuska dan cleaning service selama perjalanan selain memberikan kenyamanan juga memberikan rasa aman.

Pembangunan double track dan pengadaan kereta api seperti LRT di Palembang, MRT di Jakarta, KRL di Jabodetabek dan Kereta Api Bandara juga merupakan nilai plus untuk mengintegrasikan kereta api dengan berbagai moda transportasi lain.

Aku percaya dengan peningkatan seperti ini, lambat laun transportasi kereta api di Indonesia bisa sama atau bahkan lebih unggul dibandingkan dengan sistem kereta api di Jepang yang membuatku terpukau. Well Done!

Buat teman-teman yang ingin mengetahui tentang perkembangan transportasi di Indonesia, bisa mengikuti beritanya di Website Kemenhub atau follow sosial media kemenhub di Facebook, Instagram maupun Twitter.

Previous

Kuliner Sate Buntel & Gule Goreng Pak Samin Solo

Menginap di Novotel Hotel Solo

Next

Saya juga ada di Instagram facebook Twitter dan Youtube Suka menulis tentang blogging di panduaji.com

Leave a Comment