Belajar Online

Last Updated on 8 months by panduaji

Apa itu belajar online menjadi pertanyaan di kalangan masyarakat. Khususnya setelah pemerintah menetapkan belajar dari rumah selama pandemik.

Umumnya, proses belajar mengajar dilaksanakan melalui cara tatap muka secara langsung antar guru dan siswa. Namun, bila terdapat sebuah kendala yang mengakibatkan aktivitas belajar secara tatap muka secara langsung tidak memungkinkan untuk dijalankan, maka proses belajar juga dapat dilaksanakan secara jarak jauh.

Model pembelajaran jarak jauh ini dapat kita lakukan melalui online atau daring. Di tengah pesatnya pertumbuhan teknologi, sarana bagi pembelajaran online makin beragam. Di bawah ini kita akan membahas mengenai model pembelajaran online ini.

Artikel di hadapan Anda ini akan mengulas mengenai pengertian belajar online, mekanisme pembelajarannya, proses menyiapkan materi, dan proses interaksi guru dengan siswa.

Pengertian

Proses belajar-mengajar tidak hanya dapat dilakukan di dalam kelas dan secara tatap muka secara langsung. Proses pembelajaran juga dapat dilakukan meski guru dan siswa berada di rumahnya masing-masing. Apalagi di tengah wabah pandemik Covid-19 yang mengharuskan kita untuk membatasi segala akvitas di ruang-ruang publik, mengakibatkan proses belajar secara tatap muka menjadi terhambat.

Namun, bukan berarti aktivitas pembelajaran sama sekali terhenti. Kita tetap dapat melakukan proses belajar secara jarak jauh. Salah satu implementasi dari model pembelajaran secara online.

Belajar online dapat dimengerti sebagai proses pembelajaran yang dilakukan secara virtual atau tanpa adanya aktivitas tatap muka antara guru dan siswa. Melalui media online ini, para guru tetap dapat menyampaikan bahan ajarnya melalui beberapa platform atau aplikasi yang tersedia secara digital.

Keunggulan utama dari model online ini ialah proses pembelajaran dapat dilakukan di mana pun dan kapan pun. Misalnya, para guru hanya tinggal menentukan kapan jadwal belajar akan dimulai, melaui platform atau aplikasi apa belajar ini akan dilakukan, dan bagaimana para siswa dapat mengakses bahan ajar yang diberikan.

Baca juga : Membuat website dengan hosting DomaiNesia

Bagaimana Cara Mengajar Via Online?

Pada dasarnya, model pembelajaran via online ini terbagi ke dalam dua cara, yakni melalui video call dan tanpa video call.

Melalui video call

Proses pembelajaran online yang dilakukan melalui video call ini dapat dilakukan secara dengan menggunakan platform atau aplikasi yang tersedia di internet. Namun tidak semua platform atau aplikasi tersebut menyediakan ruang yang dapat menampung peserta dengan kapasitas besar. Beberapa platform yang menyediakan ruang pertemuan dengan kapasitas besar antara lain Zoom Cloud Meeting, Cisco Webex, Google Hangouts, Skype, Microsoft Teams, dan Google Duo. Beberapa platform tersebut juga menyediakan fitur share screen yang dapat digunakan untuk membagian materi pembelajaran saat video call berlangsung.

Tanpa video call

Berbeda dengan model video calls yang dapat mempertemukan guru dan siswa secara melalui video live, jenis model pembelajaran online hanya dapat dilakukan dengan mengirimkan file atau dokumen bahan ajar, tugas, live chat, diskusi, video, dan kuis baik dari guru atau siswa. Jadi, pembelajaran tidak berjalan secara langsung. Beberapa platform atau aplikasi yang dapat digunakan untuk menunjang proses belajar ini ialah Edmodo, Google Classroom, WhatsApp Grup, dll.

Menyiapkan Materi Pembelajaran

Karena kita terbiasa melakukan proses pembelajaran di kelas, mungkin beberapa orang merasa kesulitan untuk menyiapkan bahan ajar guna menunjang proses pembelajaran secara online. Pada dasarnya, untuk mempersiapkan bahan ajar dalam proses belajara secara daring ini hampir serupa dengan belajar di kelas.

Anda dapat memanfaatkan beberapa platform digital guna menyusun materi pembelajaran, misalnya melalui fitur-fitur yang tersedia di Microsoft word, Power Point, atau Exel. Selain itu, Google juga menyediakan fitur-fitur yang dapat Anda manfaatkan, misalnya Google Document, Google Classroom, dll. Anda dapat menggunakan platform Edmodo yang memiliki fitur layaknya ruang kelas berbasis daring.

Di samping itu, untuk menyusun materi atau bahan ajar, Anda dapat memanfaatkan beberapa sumber yang tersedia secara gratis maupun berbayar dari website, internet, video, CD-ROM, maupun DVD.

Cara Berinteraksi Dengan Siswa

Bagi para guru, mungkin merasa kesulitan untuk menghadirkan proses belajar yang efektif dalam model belajar online. Sebab, keaktifan seorang siswa di dalam kelas dapat menjadi salah satu tolak ukur bahwa materi yang disampaikan dapat ditangkap dengan baik. Hal ini dapat dilakukan dengan beberapa cara di bawah ini.

Pertama, buatlah sebuah ruang kelas virtual dengan memanfaatkan beberapa platform atau aplikasi yang telah disebutkan di atas. Dari platform atau aplikasi tersebut tersedia beberap fitur yang memungkinkan aktivitas belajar secara real time.

Kedua, sebelum kelas berlangsung, sebaikanya para siswa diberikan beberapa tugas yang nantinya akan dibahas di dalam kelas online. Tugas yang diberikan tentu saja dengan mengukur kemampuan dan kondisi dari siswa tersebut.

Ketiga, sebaiknya berlangsunya proses pembelajaran online ini tidak sepenuhnya berisi pemaparan materi oleh Guru kepada siswa. Tapi juga perlu disisipkan sesi diskusi. Misalnya diskusi ini dapat dipancing dari tugas yang sebelumnya telah diberikan atau dengan memberikan kuis kepada siswa yang akan mereka jawab saat kelas berlangsung.

Keempat, sebaiknya para guru selalu memberikan komentar secara real time terhadap gagasan, atau pertanyaan yang disampaikan oleh para siswa. Bila kelas dijalankan tanpa video call, maka komentar tersebut dapat disisipkan melalui kolom komentar atau live chat yang tersedia di masing-masing platform atau aplikasi kelas virtual.

Kelima, para guru sebaiknya selalu berkomunikasi dengan orang tua siswa guna memonitori perkembangan siswa selama masa pembelajaran online. Hal ini dapat mengukur kapasitas, efektivitas, kapabilitas, kredibilitas, dan progres yang dimiliki oleh masing-masing siswa selama melaksanakan kelas online.

Kesimpulan

Semoga dengan pembahasan ini dapat memberikan informasi dan pengetahuan bagi Anda yang akan atau sedang menjalankan proses belajar online. Dengan pesatnya kemajuan teknologi ini memberikan beberapa kemudian untuk memfasilitasi jalannya proses pembelajaran online. Jadi, untuk mengoptimalkan proses belajar, ada baiknya agar Kita memanfaatkan fitur, aplikasi, atau platform yang tersedia secara digital.

Previous

Ciri-Ciri Gangguan Kesehatan Mental Anak Saat PSBB

Warung Nasi Pecel Enak di Blitar

Next
About panduaji

Saya juga ada di Instagram facebook Twitter dan Youtube Suka menulis tentang blogging di panduaji.com

Leave a Comment