Pantai Pasir Putih dan Pasetran Gondomayit Blitar

Last Updated on 4 months by panduaji

Pantai Pasir Putih Tambakrejo dan Pantai Pasetran Gondomayit termasuk dua pantai di Blitar yang cukup sering saya datangi, selain Pantai Tambakrejo yang biasanya menjadi tempat favorit untuk berburu kuliner ikan.

Lho? Pasir Putih Tambakrejo berbedakah dengan Pantai Tambakrejo? Jelas beda. Cukup yang banyak nggak ngerti tentang pantai-pantai ini. saya awalnya juga bingung kok, namun sekarang udah enggak lagi

Lokasi Pantai di Desa Tambakrejo

Sebelum masuk dalam pembahasan Pantai Pasir Putih dan Pasetran Gondomayit, mari kita samakan dulu perspektif lokasi pantai-pantai ini. Kamu bisa mulai dengan melihat gambar di bawah ini terlebih dahulu

Pantai Pasir Putih dan Pasetran Gondomayit Blitar 1

Saya sudah membubuhkan 3 angka pada gambar di atas, yang mana

  1. Adalah Pantai Tambakrejo yang reguler. Biasa menjadi jujugan para pelancong baik dari Blitar maupun luar Blitar. Memiliki bentang pantai yang luas, aneka penjual ikan yang akan memanjakanmu dengan kuliner seafood
  2. Pantai Pasir Putih Tambakrejo yang seringkali dikira Pantai Pasetran Gondomoayit. Saya pun dulu sering salah menafsirkannya. Memiliki bentang pantai yang nggak seluas tambakrejo, namun memiliki warna air laut yang memikat
  3. Pantai Pasetran Gondomayit, terletak di paling timur. Jarang dikunjungi wisatawan. Memiliki batas sebuah bukit dengan Pantai Pasir Putih Tambakrejo. Bentang pantai lebih sempit dibandingkan pantai pasir putih

Bagaimana? Apakah sudah memahaminya sekarang?

Pantai Pasir Putih Tambakrejo

Meski sudah cukup sering bermain ke pantai ini entah itu untuk bekerja maupun sekadar mengantarkan teman-teman piknik, ternyata aku belum pernah menulis pantai ini di blog panduaji.net ini. Padahal ini merupakan salah satu pantai favorit untuk mengantarkan teman, akses jalan yang nggak begitu sulit ditambah pemandangan yang cantik

Bahkan aku sempat beberapa kali ngantor di pantai ini sambil makan ikan bakar dan minum es degan. Warung Sido Mampir yang terletak di sebelah barat. Ini merupakan warung andalanku yang menyediakan wifi gratis. Sudah lebih dari cukup untuk aku gunakan untuk ngeblog

Bekerja di Pantai Pasir Putih Tambakrejo

Kekurangannya hanya satu, pilihan menu ikan bakarnya tidak begitu banyak. Tapi harganya cukup reasonable bahkan bisa dibilang murah lho. Saya bisa dapat seporsi nasi dengan ikan bakar hanya dengan membayar 15 ribu rupiah. Sedangkan satu buah degan utuh hanya dibandrol dengan harga 10 ribu saja. Murah kan?

Perpaduan warna pasir yang putih dengan warna air laut biru mirip pantai peh pulo merupakan kombinasi paling cantik dengan akses paling mudah tentu akan menjadi pilihan ketika ada teman yang ngajak main ke pantai.

Pantai Pasetran Gondomayit

Pantai Pasetran Gondomayit di Blitar

Terletak di sebelah timur pantai pasir putih tambakrejo dengan bukit sebagai pembatasnya. Di pasetran gondomayit ini pantainya sepi, hanya ada satu rumah yang merangkap jadi warung. Namun aku belum pernah nyobain sama sekali. Karena kelihatannya kaya enggak jualan

Kenapa namanya gondomayit? Ada banyak versi yang beredar, berikut beberapa versi Pantai Pasetran Gondomayit yang aku ketahui

  • Gondo Mayit yang berarti bau mayat, konon dulu katanya ada banyak mayat di pantai ini sehingga berbau mayat. dari situ jadilah nama pantai ini. Namun sampai saat ini belum pernah dengan ada cerita tentang mayat-mayat di pantai ini
  • Ada sebuah padepokan bernama gondomayit yang menjadi tempat mencari ilmu. Ini lebih masuk akal sih menurutku dibanding versi sebelumnya. Namun hingga saat ini aku juga nggak tau pasti mana yang bener.

Pesanggrahan Gondomayit

Di bukit yang memisahkan pantai pasir putih dan pasetran gondomayit terdapat sebuah pesanggrahan. Ketika aku mencoba naik dan berkeliling, ternyata pessanggrahan di bukit ini termasuk dikeramatkan. Terdapat banyak sisa pembakaran dupa dan sesajen ketika naik ke bukit ini

Pemandangan senja dipantai ini bisa dibilang cukup bagus, meskipun aku belum pernah nyunset di pantai ini namun dengan pemandangan yang ditawarkan tentu kita bisa melihat pantai senja yang lebih apik. Berikut pemandangan laut dari bukit Gondomayit ini

Pantai Pasir Putih dan Pasetran Gondomayit Blitar 2

Previous

Begini Teknis Penyebaran Vaksin Corona di Indonesia

Rempeyek Udang Kali di Warung Mak Preh

Next

Saya juga ada di Instagram facebook Twitter dan Youtube Suka menulis tentang blogging di panduaji.com

3 thoughts on “Pantai Pasir Putih dan Pasetran Gondomayit Blitar”

  1. Seru sekali rasanya bisa laptop-an/nulis di pinggir pantai. Suasana kayak gini mungkin yang bikin lebih fokus bekerja kali, ya? Hehe.

    Reply

Leave a Comment