7 Tips Aman Traveling saat Pandemi, Lakukan Supaya Aman saat Liburan!

Guna memecah kebosanan di rumah terus menerus selama berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan, Anda masih bisa melakukan liburan lho. Namun jangan dulu melakukan liburan ekstrim yang membahayakan kesehatan. Pandemi sekarang ini
memang membuat banyak orang was-was untuk beraktivitas, namun ada lho cara aman supaya liburan tetap menyenangkan.

Untuk mendapatkan tiket dengan harga yang murah, Anda bisa memanfaatkan Traveloka promo tiket pesawat yang kerap dilakukan pada berbagai momen. Tapi jangan asal tergiur promo ya, pastikan terlebih dahulu Anda menerapkan berbagai
cara aman liburan selama pandemi di bawah ini.

Liburan di Destinasi Zona Hijau

Cara mudah yang dilakukan antara lain pilihlah tempat wisata atau destinasi yang sedang zona hijau. Jika tidak bisa setidaknya sedang zona kuning. Hindari berbagai destinasi wisata dengan zona merah apalagi hitam. Sampai saat ini masih banyak juga berbagai wilayah di Tanah Air yang masih zona hijau. Pilih dengan saksama dan pastikan berbagai destinasi wisata di dalamnya buka.

Jangan lupa juga untuk mencari tahu, bagaimana penerapan sistem protokol kesehatan pada destinasi yang dipilih. Sejalan dengan berbagai peraturan terbaru dari pemerintah, banyak tempat wisata yang juga melakukan pembaharuan peraturan. Bahkan sekarang ini sudah ada destinasi wisata yang menjadikan sertifikat vaksin sebagai salah satu syarat masuknya. Cari tahu dulu ya sebelum berangkat.

Harus Melakukan Vaksinasi

Pemerintah sekarang ini sedang gencar menghimbau masyarakat untuk vaksinasi. Salah satu upayanya, hanya bisa masuk ke tempat-tempat tertentu setelah melakukan vaksinasi. Minimal sudah melakukan vaksin dosis pertama. Selain memenuhi berbagai persyaratan, ada banyak sekali manfaat yang Anda dapatkan setelah melakukan vaksinasi.

vaksinasi covid

Contohnya, bagi diri sendiri akan lebih ‘kebal’ dan terlindungi dari virus corona. Bagi orang lain, vaksinasi yang dilakukan akan melindungi orang-orang yang ada di sekitarmu, termasuk juga dengan anggota keluarga. Diharapkan dalam jangka panjangnya, penerapan vaksin ini akan membuat pandemi segera berlalu. Orang-orang bisa melakukan aktivitasnya seperti biasa lagi tanpa penerapan protokol kesehatan ketat.

Hindari Wisata Indoor Terlebih Dahulu

Sementara untuk pilihan wisata, lebih baik memilih yang outdoor atau luar ruangan. Misalnya saja pantai, gunung, bukit, sampai hutan. Ada banyak sekali alasan kenapa wisata outdoor lebih disarankan untuk dipilih. Contohnya saja memiliki sirkulasi udara yang lebih baik dan cahaya matahari yang maksimal. Apalagi saat berada di outdoor, Anda bisa menjaga jarak aman dari orang-orang.

Pasalnya, saat berada di wisata indoor ruangannya terbatas. Apalagi jika banyak orang yang datang, susah sekali untuk menerapkan physical distancing. Melakukan wisata di alam terbuka juga membuat pikiran jadi lebih lega. Stres yang
selama ini menjerat perlahan-lahan bisa diurai dengan panorama hijau menyegarkan, pikiran jadi lebih jernih. Udara segar memang memberikan banyak manfaat tersendiri.

Taat Melakukan Prokes

Di mana pun Anda sedang berada, supaya aman selalu terapkan protokol kesehatan dengan tertib. Menggunakan masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mencuci tangan dengan lebih bersih menggunakan sabun, dan mengurangi mobilitas pada waktu-waktu ramai.

Supaya perlindungan makin maksimal, selalu bawa barang ‘pelindung diri’ saat pandemi Covid-19. Misalnya saja cadangan masker yang cukup, hand sanitizer, sabun cuci tangan, tisu basah, sampai dengan desinfektan. Sekarang benda-benda
tersebut sudah banyak yang tersedia dalam kemasan travel friendly, jadi ambil ukuran yang paling pas dan tidak memakan tempat.

Pesan Tiket untuk Liburan Secara Online

Pemesanan tanpa kontak selama pandemi ini memang sangat diprioritaskan. Pun dengan pemesanan tiket, pembelian secara online sangat disarankan. Selain aman, membeli tiket secara online juga akan menghemat waktu dan tenaga. Anda yang
sedang malas untuk keluar juga bisa pesan saja hanya dengan menggunakan aplikasi pemesanan tiket online.

Anda bisa melakukan pemesanan tiket di Traveloka Lifestyle SuperApp. Tidak hanya tiket pesawat saja, Anda juga bisa pesan taxi Blue Bird ke bandara dengan memanfaatkan aplikasi berlogo burung terbang warna biru tersebut. Anda bisa pesan taksi Blue Bird sendiri atau bersama dengan tiket pesawat yang dibeli. Sangat praktis dan lebih hemat.

Coba Melakukan Glamping Sesekali

Penginapan Lembah Indah Malang

Staycation di hotel atau apartemen sudah sangat biasa ya. Mungkin inilah waktunya untuk mencoba suasana yang lebih baru. Anda bisa melakukan glamping atau kemping mewah. Anda akan menikmati sensasi menginap di ‘tenda’ yang memiliki bentuk lebih kokoh, unik, dengan panorama yang cantik.

Ada banyak hal seru yang bisa dilakukan saat glamping selain rebahan di dalam kamar. Melakukan aktivitas outdoor seperti jogging sampai dengan ikut kelas-kelas kesenian. Di Indonesia sudah banyak tempat menginap yang menawarkan glamping
nyaman, jadi tinggi pilih sesuai dengan destinasi yang diinginkan.

Bawa Perlengkapan Pribadi

Selain itu semua, usahakan untuk membawa berbagai perlengkapan pribadi saat liburan. Seperti alat-alat sholat, peralatan makan, alat-alat mandi pun usahakan bawa sendiri. Untuk alat-alat mandi bisa yang sekali pakai, kemasan kecil supaya mudah dibawa dan cepat habis. Usahakan untuk tidak meminjamkan barang-barang pribadi tersebut saat pandemi seperti sekarang.

Meminjamkan barang kepada orang lain memang baik, namun untuk saat ini sebaiknya hentikan hal tersebut. Bukan waktunya untuk saling sharing barang, karena hal itu bisa menjadi penyebab penularan virus Covid-19. Boleh ya sesekali untuk liburan saat pandemi, namun tentu saja harus selalu menjaga diri sendiri dan orang lain. Terapkan hal-hal di atas supaya liburan tetap aman, nyaman, dan penuh dengan kenangan.

Jika memungkinkan, jangan lupa membawa oleh-oleh untuk keluarga tercinta.

Saya juga ada di Instagram facebook Twitter dan Youtube Suka menulis tentang blogging di panduaji.com

Leave a Comment