Berkolaborasi dengan Teman Kreasi Blitar

Sekitar lima tahun yang lalu aku mulai bikin Aji Perak, bisnis iseng dengan teman-teman untuk mengisi waktu luang. Maklum, tinggal di kota kecil seperti Blitar dengan mobilitas rendah membuat aku awalnya bingung mau ngapain. Selama bertahun-tahun tinggal di Surabaya, tentu ada banyak hal yang bisa aku lakukan.

Ada banyak hal yang aku lakukan untuk bisa membuat bisnis kecil ini bertahan, karean awalnya memang untuk iseng. Dari situ aku banyak belajar secara otodidak bagaimana membuat konten media sosial, bagaimana membuat konten untuk website dan masih banyak lagi.

Aku juga mulai bergabung dengan beberapa komunitas yang bisa mendukung bisnis iseng tersebut berkembang. Setelah berjalan lima tahun dan bisa bertahan, tentunya ini sudah bukan bisnis main-main lagi. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk semakin berkembang.

Sejak Maret 2021 lalu, Smartfren hadir dengan program terbarunya yakni Teman Kreasi Indonesia. Teman Kreasi hadir untuk memberikan wadah bagi banyak komunitas kreatif di Indonesia.  Teman Kreasi Indonesia adalah wadah yang didirikan Smartfren untuk mengembangkan kokreasi dan kewirausahaan sosial bagi generasi muda serta membuka peluang tumbuhnya sektor ekonomi UMKM kreatif dan digital.  Teman Kreasi  ini  hadir bertujuan untuk membuka peluang bagi generasi muda untuk belajar sociopreneurship dalam industri kreatif.

Teman Kreasi inilah yang dinamakan program kolaborasi Smartfren dengan masyarakat terutama mereka yang memiliki usaha atau UMKM. Siapa sangka, hingga akhirnya Teman Kreasi yang diprakarsai oleh Smartfren ini dinobatkan sebagai salah satu inovasi terbaik di ajang IDX Anugerah Inovasi Indonesia 2021.

Awards Teman Kreasi Indonesia

Gerakan sosial Teman Kreasi ini  meraih Penghargaan Kategori Khusus yakni  Sustainable Innovative SME Development dari  IDX Anugerah Inovasi Indonesia 2021.  Tahun ini menjadi tahun kedua Smartfren, setelah tahun sebelumnya Smartfren mendapatkan penghargaan atas inovasi dalam pelaksanaan program corporate social responsibility di program  Smartfren Community.   

Smartfren menjadi salah satu operator yang benar-benar terjun untuk memberikan pelayanan dan keterbukaan kolaborasi untuk mendukung sektor ekonomi masyarakat. Dengan adanya Teman Kreasi diharapkan dapat membantu membuka peluang bagi pelaku UMKM di berbagai wilayah di Indonesia.

Belajar dari Teman Kreasi

Aku juga belajar banyak dari konten-konten yang disediakan oleh Teman Kreasi di jejaring sosial. Sehingga membantuku untuk bisa mengupgrade skill untuk memasarkan produk secara online. Pemanfaatan marketing online ketika pandemi seperti saat ini memang berpengaruh pada omset.

Jualan cincin perak itu cukup laku ketika musim hari raya idul adha, karena cukup banyak pasangan yang menikah. Namun ketika pandemi tahun lalu, penjualan menurun drastis. Biasanya ketika musim hari raya idul adha pesanan bisa antri dua minggu. Pada tahun lalu bahkan hampir enggak ada antrian.

Beruntung adanya teman kreasi membuatku bisa belajar mengelola konten di media sosial yang dapat meningkatkan engangement hingga omset. Sehingga pada tahun ini meski masih pandemi. Omset dari penjualan cincin perak jauh lebih banyak dibanding musim Idul Adha tahun lalu.

Upaya nyata yang dilakukan Smartfren melalui Teman Kreasi Indonesia yakni dengan memanfaatkan teknologi sebagai jalan berinovasi dan berkreasi untuk melakukan perubahan di masyarakat terutama pada sektor ekonomi kreatif. Adapun dua program Teman Kreasi yakni memberikan kelas daring bertema pengembangan bisnis dan pendampingan atau business coaching secara virtual. 

Peserta program Teman Kreasi Indonesia mendapatkan dukungan modal berupa koneksi internet 4G LTE Advance yang sangat bermanfaat digunakan menjalankan kegiatan usahanya secara daring. Selain itu, dukungan tambahan berupa jaringan potensi pasar dari Smartfren Community yang tersebar di 102 kota di seluruh wilayah Indonesia. Diharapkan dengan adanya Teman Kreasi ini dapat menjadi teman kolaborasi bagi pelaku UMKM di Indonesia untuk membuka peluang sebesar-besarnya di dunia digital saat ini. 

Ketika coba speed test di deket rumah pakai mifi m6 dan smartfren, bisa dapat kecepatan segini. Dengan kecepatan internet yang mumpuni, aku bisa belajar banyak sambil mempraktikkan berbagai pengetahuan yang saya dapatkan dari komunitas ini

Internet Smartfren

Saya juga ada di Instagram facebook Twitter dan Youtube Suka menulis tentang blogging di panduaji.com

Leave a Comment