Virtual Gathering Leader Smartfren Community 2021

“Pulang ke kotamu, ada setangkup haru dalam rindu” senandung lagu yang saya nyanyikan dalam batin ketika menunggu kereta Malioboro Ekspress bersama Endrita dan Slamet di ujung jalan Malioboro pada awal Maret 2020. Saat itu kami pulang setelah mengikuti rangkaian kegiatan Gathering Smartfren Community tahun 2020, saya ke Blitar sedangkan Slamet dan Endrita melanjutkan perjalanan ke Malang.

Selain menunda keberlangsungan gathering nasional, pandemi juga mengubah format gathering yang tadinya dilakukan dengan tatap muka menjadi virtual. Setidaknya kami masih bisa bertatap muka dan berinteraksi meski terpisah ruang.

Gathering Smartfren Community Blitar

Meski begitu, para leader smartfren community di tiap kota dari Aceh hingga Gowa tetap hadir dan mengikuti gathering yang berjalan kurang lebih selama 3 jam ini. Tidak ketinggalan Pak Roberto Saputra selaku Chief Brand Officer PT Smartfren Telecom Tbk turut hadir dan memberikan sambutannya.

“Smartfren Community ini ada karena kalian semua. Tanpa ada para Leader dan Founder yang bekerja dari hati, maka hal ini hanya sekedar program. Tapi ini bukan sekedar program. Ayo buka Peluang! Saya yakin, mungkin dua, tiga atau empat tahun ke depan kita akan lihat hasilnya. Kita akan lihat orang-orang yang berubah hidupnya dan jadi lebih baik,” ujarnya.

Roberto Saputra – Chief Brand Officer PT Smartfren Telecom Tbk

Sekilas Smartfren Community

Smartfren Community merupakan komunitas pengguna smartfren yang tumbuh secara organik sejak tahun 2011. Diprakarsai oleh 8 founder yang masih aktif hingga saat ini

Saya sendiri menggunakan smartfren sejak tahun 2010 ketika merantau di Jogja. Koneksi internet menggunakan smartfren pada router yang saat itu masih berada menggunakan jaringan CDMA. Saat ini saya juga masih menggunakan perangkat dan nomor smartfren di ponsel utama.

Kalau biasanya ada banyak kegiatan yang dilakukan oleh smartfren, berhubung sedang pandemi banyak kegiatan yang dibatalkan seperti Smartfren Goes To Campus dan Smartfren Goes To School. Belum lagi aneka kegiatan lainnya. Meski demikian sejak pandemi pada bulan Maret 2020 hingga saat ini, Smartfren Community sudah menggelar 886 kelas online yang bisa disimak pada akun media sosial smartfren.

Selain itu, Smartfren Community telah berhasil meraih penghargaan dua tahun berturut-turut yaitu penghargaan atas inovasi dalam pelaksanaan program Corporate Social Responsibility melalui Smartfren Community tahun 2020 dan Penghargaan Kategori Khusus: Sustainable Innovative SME Development dari IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2021 atas Program Teman Kreasi Indonesia.

Menjadi Bagian dari Smartfren Community

Saya sendiri bergabung menjadi Leader Smartfren Community pada tahun 2018. Saat itu diajak teman untuk langsung mengikuti gathering smartfren community yang dilaksanakan di Bogor. Dari situ perjalanan saya bergabung dengan komunitas ini hingga saat ini.

Ada banyak hal yang saya pelajari, mulai dari bergabung menjadi bagian dari konten kreator smartfren community untuk membuat konten visual, menulis blog bahkan saat ini juga membuat konten video youtube smartfren community

Apa itu Teman Kreasi?

Teman kreasi merupakan program Kokreasi dan Pemberdayaan UMKM yang diinisiasi oleh Smartfren Community. Apabila kamu sudah memiliki bisnis yang berjalan selama empat bulan lebih, kamu bisa coba bergabung.

Sampai saat ini sudah ada lebih dari 20 anggota Teman Kreasi di seluruh Indonesia. Berjejaring dan berkolaborasi merupakan salah satu cara mengembangkan bisnis saat ini.

Agenda Gathering Nasional Virtual

Dua minggu sebelum gathering nasional di mulai, saya mendapatkan paket kiriman dari Smartfren Community yang berisi snack dari anggota Teman Kreasi dan merchandise yang bisa digunakan untuk mengikuti rangkaian kegiatan gathering nasional yang berlangsung.

Sayangnya semua camilan yang dikirimkan dalam hampers tersebut tidak bertahan hingga gathering dimulai. Beberapa hari setelah diterima pun sudah ludes habis dimakan. Sehingga ketika beberapa teman menikmati camilan tersebut ketika sedang gathering, saya cuma bisa minum kopi sambil lihat :))

Dalam gathering ini juga ada penyerahan tongkat estafet leader nasional, yang tadinya Om Rinaldy dari Surabaya sekarang dilanjutkan oleh Kak Didik Jatmiko dari Bojonegoro yang super duper ramah pada siapa saja. Om rinaldy juga mendapatkan sebuah handphone iphone XR :))

Virtual Gathering Leader Smartfren Community 2021 1

Selain itu ada evaluasi dan pembeberan pencapaian yang sudah diperoleh teman-teman Smartfren Community di berbagai daerah. Para leader di daerah-daerah yang terpilih mendapatkan reward yang cukup menggiurkan, sayangnya saya tidak termasuk di dalamnya.

Acara ditutup dengan adanya undian berhadiah dengan doorprize sebuah TV. Semoga setahun kedepan program yang sudah dirancang dapat berjalan dengan sukses.

Saya juga ada di Instagram facebook Twitter dan Youtube Suka menulis tentang blogging di panduaji.com

Leave a Comment