Pengalaman Snorkeling di Pantai Gili Ketapang Probolinggo!

Snorkeling di Pantai Gili Ketapang bukanlah kali pertama saya lakukan, sebelumnya saya pernah snorkeling di Karimunjawa dan Bawean. Pengalaman snorkeling di Gili Ketapang tentu berbeda dengan dua daerah yang pernah saya kunjungi sebelumnya.

Snorkeling itu menyenangkan, saya bisa menikmati keindahan bawah laut sekaligus berolahraga tanpa harus keringetan. Meski keesokan harinya akan merasakan lelah karena terlalu lama berenang di laut.

Buat yang nggak bisa renang, nggak perlu khawatir sih, karena semua akan dilengkapi dengan lifejacket yang akan membantumu tetap mengambang. Selain itu, para pendamping wisata ini tentu akan menjaga semua pesertanya. Sehingga nggak perlu khawatir soal keamanan yang penting manut sama pemandu wisatanya. Yang jago renang pun tetap manut yak!

Gili Ketapang, Dimana itu?

Lokasi Pantai Gili Ketapang berada di pulau gili ketapang yang terletak di lepas pantai Probolinggo, Jawa Timur. Jaraknya dari pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo cuma sekitar 8 kilometer saja.

Pulau sekaligus desa yang dihuni sekitar 12.000 orang ini (cerita dari guide) hanya bisa diakses menggunakan kapal kecil, nggak ada kapal fery yang ngangkut barang-barang besar. Sehingga jangan harap bisa menemukan mobil wira-wiri di pulau ini.

Mayoritas bahasa yang digunakan oleh warga sekitar adalah bahasa madura. Saya jadi ingat David, salah seorang kawan ketika masih kuliah dulu juga berasal dari Probolinggo dengan logat madura yang kental. Katanya, ia merupakan Madura Swasta. Orang madura yang tinggal di pulau jawa :)).

Untuk tahu lokasi Pantai Gili Ketapang, kamu bisa langsung cek di Google Maps.

Aktivitas di Gili Ketapang?

Apa aktivitas yang bisa dilakukan di gili ketapang? Snorkeling merupakan aktivitas utama yang bisa dilakukan di Gili Ketapang. Bisa dibilang ini daya tarik utamanya lah. Banyak foto-foto yang menunjukkan bahwa kamu bisa berenang bersama Nemo di perairan ini.

Menurut warga lokal, apabila kita datang lebih pagi bisa sewa sepeda untuk jalan-jalan berkeliling pulau. Di bagian timur pulai Gili Ketapang ini terdapat Gua Kucing. Mungkin kalau kamu mau ke sana bisa datang lebih awal dan coba tulis ada apa di sana. Karena saya belum pernah ke sana.

Kalau kamu suka dengan aktivitas yang menegangkan, kamu bisa coba wahana banana boat. Tentu asyik bermain bersama teman-teman seru-seruan naik banana boat.

Rute & Perjalanan

Rute dan perjalanan menuju ke Gili Ketapang tergantung dari mana kamu berangkat. Saya berangkat dari Blitar lewat Malang. Kemudian naik tol dan langsung turun di Probolinggo. Butuh waktu sekitar 3 – 4 jam dari Blitar menuju ke Gili Ketapang via Malang – Tol – Probolinggo. Namun jika tidak ingin menginap, kita harus menyesuaikan waktu kedatangan dengan jadwal penyeberangan perahu motor ke gili.

Kalau kamu berangkat dari Surabaya kamu bisa naik tol juga langsung turun di Probolinggo. Waktu yang dibutuhkan mungkin hanya sekitar 1 – 2 jam.

Sesampainya di Probolinggo, kamu bisa langsung menuju ke Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo untuk melanjutkan penyebrangan ke Pulau Gili Ketapang. Saya kurang tahu kemarin berapa tiket untuk penyebrangan karena ngikuti agen travel dari Blitar menuju ke lokasi

Perjalanan ke Gili Ketapang

Penyebrangan dari Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo menuju ke Pantai Gili Ketapang hanya membutuhkan waktu sekitar 40 menitan. Ini salah satu kelebihan kalau mau snorkeling di Gili Ketapang. Kamu enggak harus nginep seperti ketika saya melakukan perjalanan ke Karimunjawa dan Bawean.

Rombongan saya berangakat dari Kota Blitar pukul 5 pagi dan sampai di Pelabuhan Tanjung Tembaga sekitar pukul 9 pagi. Sebelum akhirnya bergegas untuk menyebrang ke Pulau Gili Ketapang.

Snorkling di Gili Ketapang

Sesampainya di Pulau Gili Ketapang, kita akan diajak menuju ke basecamp tour untuk meletakkan pakaian ganti dan sejenisnya. Kita tinggalkan baju ganti dan peralatan buat mandi di sana. Kita bisa bawa handphone dompet dan barang berharga di kapal yang akan dibawa selama trip.

Buat yang belum sarapan, sangat di sarankan untuk sarapan dulu. Tapi ya begitu, pilihan sarapannya nggak banyak. Jadi saran saya lebih baik sarapan sebelum menyebrang ke Gili Ketapang. Selain pilihan opsi mungkin lebih banyak, ada jeda yang cukup lama setelah makan sampai kemudian melakukan senorkeling.

Setelah cukup istirahat, perjalanan untuk snorkeling dimulai sekitar pukul 11.00 (saya nggak yakin tepatnya jam berapa). Lokasi snorkeling nggak terlalu jauh dari pantai gili ketapang sebelah selatan. Mungkin hanya butuh waktu sekitar 10 – 15 menit saja untuk sampai di titik snorkeling.

Ada dua ritual yang ada dalam paketan tersebut, yaitu melakukan foto underwater dan video underwater

Foto Underwater

Snorkeling Gili Ketapang
Snorkeling Gili Ketapang

Pengambilan foto underwater ini dilakukan di kedalaman sekitar 2 – 4 meter. Terdapat beton bertuliskan Gili Ketapang yang diletakkan di bawah laut. Penampakannya seperti pada gambar di bawah ini

Video Underwater

Sedangkan pengambilan video underwater berada tidak jauh dari spot foto. Biasanya dalam pengambilan video ini terdapat ikan nemo yang muncul, Namun sayangnya kemarin saya tidak melihat kehadirannya. Apa mungkin ia sedang mencari Dori yang hilang? Saya kurang tahu

Tips Saat Snorkeling

Buat yang nggak bisa renang, nggak perlu panik. Cukup ikuti anjuran dari guide. Kuncinya adalah tenang. Bahkan untuk pengambilan foto dan video juga akan didampingi guide.

Kita akan ‘ditenggelamkan’ untuk pengambilan foto dan video. Dalam penenggelaman ini yang perlu kita lakukan hanya perlu melihat kamera, senyum dan menahan nafas. Kamera yang digunakan oleh guide kemarin adalah Go Pro Hero 4 Silver Edition yang pernah saya miliki sebelumnya.

Durasi snorkeling tergantung masing-masing tour / operator. Rombongan saya kemarin mulai dari jam 11 hingga sekitar pukul setengah 2 untuk menuju kembali ke pulau Gili Ketapang.

Kulineran

Setelah selesai snorkeling rombongan kami melanjutkan kegiatan dengan makan siang. Berenang memang menguras tenaga yang cukup banyak meski nggak keringetan.

Makan siang kemarin dengan ikan (saya kurang tahu jenis ikannya) yang disajikan dengan sambel korek plus tomat yang bisa dicampur sendiri sesuai keinginan. Buat yang nggak suka tomat tenang aja, campuran tomatnya dipisah sehingga bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.

Tambahan tomat ini bikin sambelnya menjadi segar. Ada tambahan menu cumi bumbu hitam yang bikin kolesterol naik gila-gilaan. Sesekali gpp lah, yang penting enggak setiap hari karena bisa berbahaya. Bener-bener cocok buat makan setelah lelah berenang dan snorkeling.

Foto-Foto di Pantai Gili Ketapang

Pantai Gili Ketapang

Usai menyantap makan siang, rombongan kami bergegas untuk beberes dan kembali menyebrang ke Pulau Jawa. Sebelum itu kami berfoto-foto dulu di pantai gili ketapang yang sekaligus menjadi pelabuhan kapal yang akan mengantarkan kami menuju ke Pulau Jawa

Pasir yang putih cukup bersih ini memang memiliki daya tarik tersendiri, sayangnya suasana langit siang itu tak begitu cerah. Meskipun begitu, sudah cukup untuk foto-foto.

Biaya ke Gili Ketapang

Berapa biaya yang dikeluarkan untuk piknik di Gili Ketapang? Saya kurang tahu rinciannya gimana, itu urusan teman saya. Yang jelas, setiap orang membayar iuran Rp. 275.000. Itu sudah termasuk transportasi dari Kota Blitar menuju ke Gili Ketapang PP. Mungkin paketan yang kamu dapatkan bisa berbeda ya, tergantung siapa yang pesen

Kami hampir nggak keluar uang lagi selain buat jajan masing-masing orang. Biaya tersebut sudah termasuk makan siang satu kali dengan seafood di Gili Ketapang. Kamu sudah punya rencana buat snorkeling di Pantai Gili Ketapang ini?

Kalau kamu mau tanya-tanya paket Liburan Gili Ketapang yang bisa antar jemput, kamu bisa coba hubungi teman saya di @ayukjalan. Ngomong aja dapat infonya dari blognya Mas Pandu yang keren ini. Siapa tahu selain kamu bisa dapat harga murah, saya juga dapat traktiran apa gitu :))

Tips Main ke Gili Ketapang

Buat kamu yang mau main ke Gili Ketapang, saya punya beberapa tips yang akan membantumu menikmati perjalanannya snorkeling di Gili Ketapang.

  • Persiapkan Sunblock! Setidaknya dengan memakai sunblock kamu bisa meminimalisir dampak gosong di kulit pasca berpanas-panasan seharian.
  • Usahakan menggunakan pakaian lengan panjang. Itu bisa meminimalisir dampak gosong juga. Saya enggak punya jadi ya nggak pake baju ketika snorkeling.
  • Kalau kamu punya action cam, bisa gunakan floating hand grip yang bisa mengambang kalau kamera lepas dari tangan. Sehingga nggak perlu susah-susah menyelam untuk mengambil gambar
  • Jangan panik apabila nggak bisa berenang. Dengan lifejacket kamu nggak akan tenggelam. Bakalan ngambang terus kok. Nggak perlu gupuh dan jangan menjauh dari rombongan.
  • Ada baiknya bawa container / box plastik untuk menyimpan barang berharga selama perjalanan di kapal. Ini akan melindungi barang-barang terutama elektronik dari air laut yang bisa membuat korosi. Sehingga hindari pemakaian perangkat elektronik ketika kamu masih basah dengan air laut.

Pertanyaan Seputar Gili Ketapang

Apakah Bisa Backpackeran ke Gili Ketapang?

Bisa kok backpackeran ke Gili Ketapang, tapi disarankan sih weekend karena akan lebih mudah untuk cari barengan buat snorkeling. Kalau cuma sendirian kan sewa kapalnya jadi mahal.

Jam Operasional?

Kalau pulaunya sendiri nggak ada jam buka tutup ya, tetapi untuk penyebrangan dari Pulau jawa menuju ke Gili Ketapang itu mulai pukul 6 pagi – 10 pagi. Sedangkan penyebrangan dari Pulau Gili Ketapang ke Pulau jawa mulai pukul 1 siang sampai jam 6 sore.

Apakah Bisa Foto Bareng Nemo?

Kalau ini mah bejo bejan ya. Apesnya saya kemarin enggak ketemu sama Nemo ketika snorkeling di sana. Mungkin dia lagi main atau nyariin Dori sehingga nggak bisa ketemu.

Semoga pengalaman saya snorkeling di Pantai Gili Ketapang ini cukup memberikan gambaran buat kamu yang mau liburan singkat sekaligus snorkeling di Gili Ketapang. Kalau kamu punya pertanyaan lain bisa tulis di kolom komentar. Nanti akan saya lengkapi lagi tulisan ini biar bisa membantu teman-teman yang mau pergi ke Gili Ketapang

Saya juga ada di Instagram facebook Twitter dan Youtube Suka menulis tentang blogging di panduaji.com

1 thought on “Pengalaman Snorkeling di Pantai Gili Ketapang Probolinggo!”

Leave a Comment