Peluang Usaha untuk Pelajar atau Mahasiswa, Tambah Uang Jajan sekaligus Pengalaman

Usia muda menjadi salah satu keuntungan tersendiri. Salah satunya, belum banyak tanggungan sehingga kamu bisa mengeksplor lebih banyak hal tentang hal-hal baru yang tidak kamu ketahui sebelumnya. Karena itu, jangan sia-siakan masa muda dengan foya-foya dan melakukan hal tidak berguna. Kamu bisa mulai berbisnis lho meski masih berada di bangku sekolah. Manfaatnya, bisa tambah uang jajan sekaligus investasi pengalaman.

Bisnis memang identik dengan modal besar, tapi banyak juga kok peluang usaha yang tidak perlu banyak modal. Bahkan ada yang hanya bermodalkan smartphone dan jaringan internet saja. Jika ada kemauan, pasti akan ada jalan. Yuk cek di sini berbagai peluang usaha yang bisa dilakukan para pelajar dan mahasiswa.

Jadi Influencer

Influencer

Kemajuan teknologi juga membuat media sosial berkembang pesat. Banyak sekali media sosial yang bisa jadi wadah atau jalan singkat kamu meraup pundi-pundi uang. Kamu bisa memanfaatkannya untuk merintis menjadi seorang influencer. Jalannya menjadi seorang influencer pun beragam, mulai dari Youtube, TikTok, Instagram, atau juga Meta.

Kamu bisa memilih bidang apa saja yang kamu sukai, misalnya saja tentang finansial atau mengajak pengikut belajar keuangan di Ternak Uang.

Jika kamu merupakan food enthusiast, bisa juga memberikan rekomendasi berbagai tempat makanan, kuliner yang sedang ngetren, sampai resep-resep yang sedang viral.

Ada banyak jalan untuk mendapatkan jika kamu sudah berhasil menjadi seorang influencer. Bisa dari adsense, sistem endorse, bagi hasil, dan lain sebagainya. Jadi, mumpung usia masih muda, kamu bisa memulai karir sejak dini. Itu dilakukan supaya bisa merengkuh kesuksesan di usia muda pula.

Bisnis Dropshipper

Jika kamu terlalu malu untuk tampil di video, ada banyak bisnis lainnya yang bisa dilirik. Salah satunya adalah menjadi seorang dropshipper. Tidak perlu stok barang, tugasmu hanya mempromosikannya saja. Nantinya jika ada pembeli, pihak produsen lah yang akan memprosesnya, mulai dari pengepakan sampai pengiriman.

Selain modal yang sangat minim, menjadi seorang dropshipper juga memiliki risiko yang kecil. Barang yang bisa dipilih untuk dijual juga beragam, bisa gadget, produk kecantikan, makanan, fesyen, sampai dengan alat-alat rumah tangga.

Membuka Les Privat

Sementara, jika kamu merupakan sosok yang cerdas di berbagai mata pelajaran, bisa membuka les privat. Bisa secara mandiri atau ikut dengan perusahaan tertentu. Pastinya, jika membuka secara mandiri uang akan 100 persen didapatkan. Namun jika ikut ke perusahaan, anak les yang didapatkan akan lebih banyak.

Kelebihan les privat ini bisa dilakukan di jam-jam senggang, bisa sore atau malam hari. Jika ada kegiatan, jadwalnya bisa disesuaikan. Pekerjaan ini akan sangat membantu jika kamu memilih untuk jadi guru. Pengalaman membuka les privat bisa jadi bekal untuk mengajar anak didik nantinya.

Penulis Lepas

Peluang Usaha untuk Pelajar atau Mahasiswa, Tambah Uang Jajan sekaligus Pengalaman 1

Peluang menjanjikan lainnya adalah menjadi seorang penulis lepas. Jenis penulis lepas ini sangat beragam, mulai content writer, copywriter, ghost writer, script writer, reviewer, dan lain sebagainya. Jika masih pemula, kamu bisa memanfaatkan berbagai program magang dari berbagai perusahaan.

Banyak, lho, perusahaan membuka program magang untuk content writer atau copywriter, kamu bisa mengikutinya untuk meraup pengalaman. Nantinya jika dirasa sudah mahir dalam dunia kepenulisan, bisa membuka jasa secara mandiri. Bisa dengan melamar ke berbagai perusahaan, startup, atau lainnya. Bisa juga dengan ikut agensi digital marketing.

Jangan salah, menjadi seorang penulis lepas juga bisa menjadi awal karir yang menjanjikan. Jika sudah masuk ke profesional, bayarannya juga tinggi. Jika sudah memiliki ilmu yang banyak, koneksi luas, serta teman-teman yang loyal, kamu bisa membuka sebuah agensi kepenulisan.

Admin Media Sosial

Sementara jika kamu merupakan sosok yang aktif dan interaktif di media sosial, jangan sia-siakan bakat tersebut. Kamu bisa memanfaatkan skill yang dimiliki untuk daftar menjadi seorang admin media sosial. Sebagai seorang pemula, tugasnya masing ringan seperti berinteraksi dengan para pengikut. Namun jika sudah mendalaminya, akan lebih banyak tugas-tugas lebih detail yang perlu dipelajari.

Beberapa tugas admin media sosial selain berinteraksi dengan para pengikut adalah membuat content plan, mengatur giveaway atau kompetisi, meningkatkan brand awareness, dan lain sebagainya.

Bagikan Kode Referral

Paling mudah, kamu bisa membagikan berbagai kode referral aplikasi. Biasanya akan diberikan reward barang atau uang. Banyak aplikasi yang bisa kamu manfaatkan, salah satunya adalah Ternak Uang. Dengan mengajak teman-teman atau keluarga ikut menjadi member Ternak Uang lewat program referral, kamu bisa mendapatkan tambahan penghasilan, nilainya sampai jutaan rupiah.

Supaya penghasilan yang didapatkan bisa dikelola dengan baik, kamu juga perlu belajar financial planning di Ternak Uang. Jika kondisi keuangan sudah dikelola dengan baik sejak dini, masa depan bisa ditata lebih baik. Ingin mengembangkan usaha pun juga sudah ada modalnya.

shopee promo

Saya juga ada di Instagram facebook Twitter dan Youtube Suka menulis tentang blogging di panduaji.com

Leave a Comment