7 Tempat Asyik Ngabuburit di Bandung, Ada yang Untuk Cari Jodoh!

Ngabuburit jadi agenda umum selama masuk bulan puasa. Untuk yang belum tahu, ngabuburit berasal dari bahasa sunda yang artinya bersantai sambil menunggu waktu sore. Namun seiring berjalannya waktu, mulai bergeser jadi kegiatan menunggu waktu berbuka.

Kegiatan ngabuburit nyaris selalu dilakukan di luar rumah. Sebab, menunggu diluar rumah akan terasa lebih cepat dibanding hanya berdiam diri di rumah.

Nah, buat kamu para warga Jakarta yang ingin merasakan sensasi ngabuburit di Bandung, kamu bisa pesan tiket Xtrans di Traveloka. Saat sampai di Bandung, 7 tempat berikut ini bisa jadi pilihan saat menunggu waktu berbuka puasa tiba.

1. Masjid Raya Bandung

Datanglah ke masjid raya Bandung kalau kamu ingin ngabuburit sambil ibadah. Umumnya, masjid punya agenda ceramah maupun mengaji untuk umat yang datang.

Walau begitu, ada juga warga Bandung yang milih bersantai di selasar masjid sembari menunggu waktu berbuka puasa.

Selesai dari masjid, kamu bisa melihat keindahan kota Bandung dari puncak menara utara dan selatan. Namun, kamu perlu memperhatikan jam buka. Menara utara buka khusus di hari sabtu dan minggu. Kalau menara selatan mulai buka dari senin sampai jumat.

Puncak menara memiliki kapasitas 70 orang. Setiap pengunjung hanya memiliki waktu 15 menit untuk menikmati pemandangan kota Bandung. Tarif yang dikenakan pengunjung berkisar antara Rp 2.000 sampai Rp. 5.000 per orang.

Masjid raya Bandung lokasinya ada di Jl. Dalem Kaum No.14, Balonggede, Kec. Regol, Kota Bandung. Datanglah lebih awal supaya dapat tempat parkir.

2. Kawasan Jalan Braga

Tempat lain idaman warga Bandung ngabuburit adalah kawasan jalan braga. Sebagai salah satu jalan ikonik di Bandung, area ini punya deretan gedung gaya kolonial. Walau begitu, gedung modern yang berdiri berdampingan dengan gedung tua.

Keunikan kawasan jalan braga jadi tempat pas untuk ngabuburit, sekaligus fotografi. Kamu bisa menelusuri jalan-jalan sekitaran Asia-Afrika.

3. Taman Film

Mau ngabuburit sambil nonton film, kamu bisa datangi taman film di Jl. Layang Pasupati, Tamansari, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

Taman film berkapasitas 500 orang untuk menonton di depan layar yang besar. Namun, disana tidak memutar film setiap hari. Walau gak ada film tayang, kamu bisa ngadem sambil menunggu adzan maghrib.

Lokasinya yang ada di bawah jembatan cocok untuk ngadem sambil ngobrol santai. Jika beruntung, kamu bisa ngadem sambil nonton film ketika ada jadwal penayangan.

4. Taman Musik

Pecinta musik rasanya kurang kalau belum mengunjungi taman musik di Bandung. Agenda ngabuburit akan terasa menyenangkan karena diiringi musik.

Selain mendengarkan, kamu bisa tampil di panggung yang sudah disediakan. Taman musik bisa jadi ajang tampil di hadapan publik. Bahkan bisa kamu jadikan konten instagram.

Taman musik dulunya adalah tempat nongkrong anak SMAN 5 Bandung untuk bermusik maupun ngumpul setelah sekolah. Lalu, oleh Ridwan Kamil (saat masih jadi walikota) merevitalisasi dan dibangun Taman Musik Centrum Bandung.

Kalau kamu mengunjungi Bandung, sempatkan mengunjungi taman musik yang ada di Jalan Sumbawa No.32, Merdeka, Sumur Bandung, Bandung, Jawa Barat.

5. Lapangan Gasibu

Berikutnya, lapangan gasibu jadi area favorit ngabuburit anak Bandung. Lokasinya yang berada di seberang Gedung Sate tentunya memudahkan masyarakat. Biasanya, anak muda Bandung sering ngumpul di monumen perjuangan rakyat jawa barat.

Sembari menunggu buka puasa, kamu bisa ngumpul bersama teman maupun olahraga. Di Sekitar Lapangan Gasibu banyak pilihan jajanan hingga lokasi wisata kuliner dari jalan Cisangkuy sampai Cimandiri.

6. Lapangan Tegalega

Kalau Lapangan Gasibu ramai, kamu bisa pindah ke lapangan tegalega. Disini kamu dimanjakan dengan pemandangan taman yang rindang. Kamu bisa menjumpai tumbuhan mahoni, tanjung, bintaro, asam kranji, sampai tabula memberikan kesejukan untuk manusia.

Lapangan seluas 16 hektar bisa dipakai untuk berbagai kegiatan seperti sepak bola, jogging, bersepeda, atau aktivitas lainnya.

Saat masuk Lapangan Tegalega, kamu dihadapkan dengan beragam pedagang kaki lima yang menjajakan aneka makanan dan minuman.

Jika datang di hari sabtu – minggu, Lapangan Tegalega berubah jadi pasar yang ramai. Aneka makanan dan barang dijual dengan harga murah meriah.

7. Taman Jomblo

Sesuai namanya, Taman Jomblo dibuat untuk mempertemukan anak muda mendapatkan pasangan. Lokasinya berada di bawah jembatan Pasupati. Sangat cocok untuk melakukan ngabuburit selama di Bandung.

Tempat ini cukup nyaman dan ramai dikunjungi walaupun areanya kecil. Tersedia pula wi-fi bagi pengunjung. Seringkali, komunitas skateboard dan sepatu roda latihan di taman jomblo karena ada area track skateboard.

Ini dia deretan tempat yang sering dikunjungi warga Bandung ketika ngabuburit. Sebenarnya masih banyak lokasi ngabuburit lainnya yang menarik, namun tidak ada salahnya mengunjungi tempat familiar bagi warga Bandung.

Saya juga ada di Instagram facebook Twitter dan Youtube Suka menulis tentang blogging di panduaji.com

Leave a Comment

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.