Perkebunan Teh Sirah Kencong Blitar

panduaji

0 Comment

Link
Dua Perempuan Berlibur ke Perkebunan Teh Sirah Kencong Blitar

Perkebunan Teh Sirah Kencong Blitar merupakan sebuah tempat wisata dengan banyak pilihan aktivitas menarik seperti perkebunan teh, air terjun, camping ground, candi, jalur pendakian gunung buthak.

Saya pertama kali datang ke sini sekitar awal tahun 2015. Banyak kenangan yang saya ukir di tempat ini, saya sering merekomendasikan ke teman-teman luar kota yang malas mantai untuk datang ke tempat ini.

Buat kamu yang berencana main ke sirah kencong, ada baiknya membaca tulisan ini sampai selesai. Saya akan ceritakan tentang apa saja yang ada bisa kamu nikmati ketika pergi ke sini.

Tiket Masuk Perkebunan Teh Sirah Kencong Blitar

Beberapa biaya yang harus kamu persiapkan sebelum datang ke Perkebunan Teh Sirah Kencong

  • Tiket masuk: Rp10.000 / orang
  • Parkir roda dua: Rp2.000 / motor
  • Parkir roda empat: Rp5.000/mobil
  • Air Terjun Sirah Kencong: Rp6.000/orang
  • Ojek ke Air Terjun sekitar Rp15.000/orang

Harga di atas berdasarkan pengalamanku pribadi, bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu ya ges ya.

Pemandangan Perkebunan Teh Sirah Kencong Nan Hijau

Seperti pada umumnya perkebunan teh, pepohonan teh hijau yang berjajar rapi merupakan pemandangan yang lazim. Pemandangan ini bisa kamu nikmati di perjalanan menuju ke kawasan wisata perkebunan teh sirah kencong.

Ada beberapa titik yang bisa kamu kunjungi untuk mendapatkan konten foto maupun video menarik di Sirah Kencong. Berikut beberapa titik tersebut

Di Belakang Villa Sirah Kencong

Pemandangan perkebunan teh sirah kencong

Spot Ini merupakan salah satu tempat menarik yang bisa kamu kunjungi untuk mengabadikan momen bersama kawan maupun keluarga. Terdapat sebuah gitar raksasa dan tori gate seperti di Fushimi Inari Taisha, meski tidak berwarna merah.

Apabila kamu ingin mencari tori gate berwarna merah, juga ada di sebelah timur dari kawasan ini. Terdapat sebuah jalan setapak dengan tori gate berwarna merah.

Puncak Kebun Teh Kencong

Melihat Perkebunan Teh Sirah Kencong Blitar dari atas

Puncak Kebun Teh Sirah Kencong yang berada di ketinggian 1179 mdpl bisa diakses di depan parkiran utama. Meski sebenernya masih ada titik yang lebih tinggi, mayoritas pengunjung sudah cukup dengan menikmati puncak bayangan ini.

Di spot tertinggi ini kamu bisa melihat pusat peradaban di perkebunan teh sirah kencong. Mulai dari perkebunan teh hijau di kawasan candi, hingga perumahan penduduk warga yang sekaligus karyawan perkebunan teh ini.

Bisa dibilang kalau titik tertinggi merupakan spot wajib untuk para pengunjung perkebunan teh sirah kencong.

Candi Sirah Kencong

Pemandangan Kebun Teh Sirah Kencong dekat Candi

Kawasan Candi Sirah Kencong menawarkan visual perkebunan teh tanpa ada bangunan permanen. Namun untuk bisa mengaksesnya saya sarankan jalan kaki santai sekitar 10 – 15 menitan.

Sebenernya bisa bawa motor, tetapi kalau saya sayang sama motornya. Dulu pernah bawa motor capeknya ngalah-ngalahin jalan kaki. Sejak 2020, saya selalu jalan kaki untuk menuju ke Candi Sirah Kencong ini.

Terdapat bangungan dari kayu berbentuk gitar raksasa yang bisa

Brak Papat

Perkebunan teh sirah kencong dari Brak Papat

Brak Papat Sirah Kencong ini memiliki pemandangan kebun teh yang menakjubkan. Ini berada dekat dengan titik tertinggi kawasan perkebunan teh. Bisa melihat bagaimana gunung kelud yang menyerupai candi Borobudur.

Butuh perjalanan jalan kaki sekitar satu jam dengan jalan yang menanjak untuk mencapai kawasan ini. Dulu saya sering camping ceria di Brak Papat Perkebunan Teh Sirah kencong untuk menghabiskan akhir pekan bersama kawan-kawan. Bahkan tempa ini merupakan salah satu tempat camping di Blitar favorit saya.

Sayangnya, tidak ada sumber mata air kalau mau camping di sini, jadi harus persiapan bawa air dari bawah.

Air Terjun Sirah Kencong

Untuk wisatawan mungkin buka dari pukul 7 pagi sampai 5 sore. Tapi saya pernah datang jam 12 malam untuk Pendakian Gunung Butak via Sirah Kencong pun bisa. Tinggal laporan ke pos satpam.

Selain pemandangan kebun teh yang hijau, di kawasan perkebunan teh sirah kencong Blitar ini juga terdapat sebuah air terjun yang bisa kamu kunjungi.

Kalau ditarik garis lurus dari parkiran utama motor di perkebunan ini, jaraknya sekitar 800 meter. Tetapi jalan untuk menuju ke air terjun sirah kencong ini terus menanjak. Untuk yang nggak kuat bisa coba pakai jasa ojek.

Tiket masuk ke wisata air terjun sirah kencong Rp6.000 per orang.

Air Terjun Sirah Kencong ini sudah banyak bebenah dibandingkan saya datang di tahun 2015 silam. Menurut saya, tahun 2021 merupakan wajah terbaik di air terjun ini. Penataaan lokasi sekitar air terjun juga tampak begitu cantik.

Pembuatan kolam berjenjang dengan ikan koi merupakan ide yang brilian. Air terjun yang hanya mengalir di batu tampak cantik dengan tambahan kolam berjenjang dan berwarna merah dari ikan koi yang berenang.

2023 akhir, taman pendukung di sekitar air terjun sudah tak terawat. Ikan koi juga tidak sebanyak ketika saya datang di tahun 2021.

Glamping Sirah Kencong

Glamping Sky Tea Sirah Kencong merupakan sebuah terobosan yang patut di apresiasi, bisa menjawab pertanyaan para pelancong tentang tempat menginap di Perkebunan Teh Sirah Kencong. Sayangnya, harusnya eksekusinya bisa jauh lebih baik dari yang sekarang.

Harga kamar Rp400.000 untuk weekdays dan Rp500.000 untuk weekend. Sudah termasuk sarapan untuk dua orang. Fasilitas yang ditawarkan pun menurut saya masih standar.

Kuliner di Sirah Kencong

Ada banyak tempat kuliner di perkebunan teh sirah kencong yang bisa kamu pilih. Berikut beberapa rekomendasi tempat kuliner di perkebunan ini yang bisa kamu coba.

  • Warung Bu Tia, ini lokasinya agak ndelesep berada di bawah Masjid Perkebunan Teh Sirah Kencong. Dulu waktu masih bujang, saya sering pergi sarapan ke warung ini kemudian pulang. Nasi pecel dan minum teh susu jadi pesanan saya dulu.
  • Ken Tea resto (kalau nggak salah namanya). Kafe yang dikelola oleh pihak perkebunan yang berada tepat di tempat parkir motor. Harga lumayan murah, seduhan teh hitamnya istimewa dan harga juga terjangkau. Selain itu, ada wifi gratisnya juga.
  • Sky Tea Resto, berada di salah satu titik yang cukup tinggi dan pemandangan perkebunan teh yang bagus. Harga dan rasanya lumayan lah.

Sering Ditanyakan

Berikut beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh teman saya yang mau bepergian ke Perkebunan Teh Sirah Kencong.

Untuk saat ini belum ada kendaraan umum yang bisa digunakan untuk menuju perkebunan ini. Untuk pergi ke sini harus membawa kendaraan pribadi.

Menurut saya, akses jalan ke perkebunan ini sudah cukup baik. Bahkan bisa dilalui berbagai macam kendaraan seperti motor baik bebek maupun matic, mobil, sedan, hingga bus. Sayangnya bus besar masih belum bisa masuk ke kawasan ini, kalau bus medium masih bisa. Saya pernah mengantarkan rombongan dari Sidoarjo naik elf untuk naik ke atas.

Ada beberapa titik di kawasan perkebunan yang memiliki sinyal, itupun terbatas dan tidak bisa banyak digunakan. Alangkah baiknya memanfaatkan wifi gratisan yang disediakan warung-warung yang ada di kawasan perkebunan

Untuk wisatawan mungkin buka dari pukul 7 pagi sampai 5 sore. Tapi saya pernah datang jam 12 malam untuk Pendakian Gunung Butak via Sirah Kencong pun bisa. Tinggal laporan ke pos satpam.

Ada tempat menginap di perkebunan teh sirah kencong untuk umum. Apabila anda ingin mengadakan kegiatan di kawasan perkebunan ini, saya bisa bantu kok. hehe

Kalau kamu punya pertanyaan lain, nggak ada salahnya buat tulis di kolom komentar yak. Nanti saya akan tulis dan jawab semua pertanyaan yang masuk.

Tags:

Share:

Related Post

Leave a Comment