Custom Shape Rig Blender 2.53 Beta

Sabtu, Agustus 07, 2010

edikit share satu hal yang mudah aku ungkapkan melalui tulisan untuk saat ini. Mengenai Custom Shape di Blender. Yang tadinya aku tidak tahu caranya merubah bentuk bone menjadi sebuah lingkaran atau kacamata. Sehingga bisa mewakili kegunaan bone tersebut untuk menggerakkan apa. Setelah belajar dan diskusi bareng teman-teman di Open Studio Society akhirnya aku menemukan jawabannya dan sedikit mengerti mengenai hal tersebut.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:
  • Add mesh (yang akan digunakan sebagai pengubah bentuk bone). Misal Circle dengan 8 verticles.
  • Hal yang perlu diperhatikan adalah AXIS dari Bone dan Mesh. Pastikan posisinya sejajar. Sehingga kita tidak akan kesulitan dalam menggedit bone dan menggerakkannya.
Gambar Axis mesh dan Bone
           Untuk menyamakan AXIS mesh dengan bone kita bisa merotate Mesh pada object mode
  • Pilih Bone yang akan diganti displaynya. Aktifkan Wireframe dan Pilih mesh yang akan digunakan sebagai display dari Bone 
  • Untuk mengubah bentuk display kita tinggal pilih mesh lalu masuk edit mode dan ketika kita ubah mesh tersebut, otomatis display dari bone akan mengikuti mesh tersebut. Sehingga jika ingin mengubah bentuk, lokasi dan rotasi silakan masuk di edit mode, sedangakan jika ingin mengubah posisi axis tinggal masuk di object mode.

Semoga sedikit share saya mengenai basic dari custom shape pada display bone bisa membantu.

You Might Also Like

0 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe