WorkDesign at UNS (Universitas Sebelas Maret)

Rabu, Maret 09, 2011


Brosur

Minggu pagi yang cerah tanggal 5 Desember 2010 kami tinggalkan Jogja bersama dengan para penumpang Prameks (Prambanan Ekspres). Kami berdiri diantara penumpang yang duduk. Pemandangan alam di sepanjang rel Jogja - Solo menghiasi perjalanan kami selama kurang lebih 1 jam.

Kami turun di Stasiun Solo Balapan, di sana telah menunggu seorang mahasiswa UNS yang bernama Prima yang mendapat tugas menjemput dan mengantar kami menuju kampus UNS. Budaya jawa di Solo cukup kental, tampak dari salah satu mahasiswa UNS yang mengaku ASLI SOLO, Dia lebih lancar bicara bahasa Jawa daripada bicara bahasa Indonesia. 

Universitas Sebelas Maret atau yang lebih dikenal dengan UNS, merupakan tujuan utama kami, di sana panitia sudah mempersiapkan sebuah acara yang bertajuk "WorkDesign. Workshop and Design Animation with Blender 3D, Make Your Own Creation Easy and Free" Acara ini terbuka untuk umum. Peserta datang dari berbagai kalangan, namun sebagian besar peserta merupakan mahasiswa. Bahkan ada peserta yang datang dari Semarang. Ada sekitar 60an peserta yang mengikuti acara tersebut.

Materi Presentasi Seminar

Acara dibagi menjadi 3 Sesi, untuk sesi pertama merupakan seminar mengenai Animasi Open Source yang diadakan di Aula. Sesi kedua dan ketiga merupakan workshop yang diadakan di Lab Komputer FMIPA. Seminar diisi oleh kapten blender atau yang lebih dikenal dengan nama HizaRo. Seminar berjalan santai dan penuh dengan humor, seperti srimulat. Kapten berhasil membakar semangat para peserta. Jika biasanya workshop didominasi oleh peserta pria, kali ini peserta pria dan wanita cukup imbang. Mereka semua terlihat antusias dalam mengikuti rangkaian acara tersebut. Tidak lupa kami putar film animasi SINTEL dan HEBRING III di tengah-tengah seminar. Diharapkan dengan adanya acara ini, para peserta tidak berhenti begitu saja setelah acara selesai, namun terus berkelanjutan setelah acara Workdesign selesai.

Seminar Workdesign

Memasuki sesi kedua, para peserta dipindahkan ke lab komputer yang terletak di gedung sebelah. Dalam sesi kedua, kita share mengenai proses produksi film animasi yang berbasis komunitas. Setelah jam istirahat, workshop dilanjutkan dengan memperkenalkan user interface dan basic blender yang meliputi modeling, material, dan rendering. Meskipun sebagian besar peserta belum pernah mengenal blender, tidak banyak yang mengalami kesulitan. 

Workshop Workdesign

Workshop berakhir pada pukul 15.00. Pada akhir acara ada pembagian door prize untuk peserta. Sebelum pengundian, ada dua orang yang mendapatkan hadiah karena mengajukan pertanyaan yang bagus. Hadiah utama berupa Flashdisk dan Handphone diberikan kepada pemenang undian. Setelah melakukan undian, dan diumumkan ternyata yang beruntung mendapatkan handphone adalah salah satu dari peserta yang tadinya juga mendapatkan hadiah karena mengajukan pertanyaan bagus. Karena telah mendapatkan dua kemenangan, langsung ditunjuk untuk menjadi ketua Blender Army Solo. 

Mas Prima yang lagi ngeblend
Sedangkan untuk mereka yang jauh-jauh datang dari Semarang, mendapatkan kenang-kenangan dari Kapten Blender sebuah buku "Step by Step Bikin Animasi dengan Blender" kepada perwakilan dari peserta yang datang dari Semarang. 

Bravo Blender Army Solo!

You Might Also Like

0 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe