Serunya ICrOSS 2013

Minggu, Mei 12, 2013

ICrOSS
ICrOSS
Sudah lama nulis tapi belum sempat keposting, sebelum beritanya basi langsung posting aja.

ICrOSS (Indonesia Creative Open Source Software) merupakan salah satu event yang diadakan oleh AOSI di Balai Kartini Jakarta pada tanggal 24 - 25 April. Acara ini diperuntukkan untuk komunitas software open source yang ada di Indonesia. Banyak komunitas open source yang hadir dalam acara ini, namun sayangnya peserta yang hadir masih kurang banyak. Hal ini dikarenakan acara diadakan pada hari dan jam kerja. Sehingga membuat teman-teman komunitas yang bekerja berhalangan hadir dalam acara ini.

2 Sponsor utama acara ini adalah PANDI dan Red Hat. PANDI adalah sebuah lembaga non profit yang melaksanakan fungsi 'pengamanan' domain .id. Sedangkan Red Hat adalah salah satu perusahaan yang menyediakan linux berbayar dengan sistem langganan / subscription. Bisnis model yang cukup menarik buat saya. Mungkin akan saya tulis di lain kesempatan.

Banyak agenda dalam kegiatan ini yang bisa dilihat di situs resmi ICrOSS. Sayangnya tidak semua acara bisa diikuti. Karena dilaksanakan pada saat yang bersamaan. Akhirnya pada hari pertama saya hanya mengikuti acara yang berlangsung di Auditorium, yaitu Opening Speech, Key Note: Open Source, OSS & Innovation, OSS Empowerment & Sustainabillity dan yang terakhir adalah Open Source Community Meeting.

Open Source Community Meeting ini merupakan acara yang paling saya ikuti di hari pertama. Salah satu hal yang menarik buat saya pada acara ini adalah adanya perwakilan dari Microsoft Indonesia. Mau ngapain coba Microsoft hadir di acaranya komunitas open source :D ? Jadi kepikiran deh buat ikutan microsoft student partner, tapi gak jadi karena harus promo produk microsoft yang saya sendiri sudah tidak pakai selama 4 tahun :D. Dari apa yang saya tangkap, misi delegasi Microsoft ini (lupa namanya) adalah Microsoft ingin menggandeng komunitas open source untuk kolaborasi, karena tidak sedikit aplikasi open source yang bisa dijalankan di windows.
ICrOSS Community Meeting
ICrOSS Community Meeting
Luar biasa menurut saya microsoft mau datang dan menghadiri acara komunitas open source meski sedikit terlambat saat datang. Komitmen microsoft adalah berkolaborasi dengan komunitas open source. Namun pertanyaan yang belum sempat terlontar saat itu adalah. Katana mendukung open source, tetapi kenapa semakin lama-semakin sulit untuk instalasi dual boot. Windows XP sangatlah mudah, Windows 7 sulit harus otak atik partisi, apalagi kalau install windows belakangan. Dan sekarang windows 8 lebih sulit dibanding pendahulunya, menggunakan UEFI boot atau apalah saya juga kurang tahu.
Sayang sekali yang datang di acara ini tidak sampai memenuhi audatorium Balai Kartini. Banyak hal bermanfaat meskipun kebanyakan yang dibahas dalam diskusi adalah hal-hal yang berbau teknis. Saya masih menangkap bahwa komunitas open source masih identik dengan sistem operasi. Belum banyak komunitas software-software open source yang aktif. Meski beberapa sempat ada gaungnya

Hari kedua ICrOSS saya bersama Mas Hiza mengisi Workshop Animasi dengan Blender. Workshop yang berlangsung sekitar 4 jam ini cukup sukses menarik keingintahuan para peserta yang sebagian besar merupakan pelajar dan guru.

Mas Hiza memberi banyak kejutan tidak hanya kepada para peserta yang semakin antusias, termasuk saya yang juga antusias mempelajari caranya menarik minat peserta :D. Maklum sudah 2 tahun nggak workshop bareng. hehe

Di tengah-tengah workshop, saya menggantikan mas Hiza yang sedang diwawancarai oleh wartawan kompas tv. Apa yang saya peragakan didepan diulangi lagi dengan mas hiza dengan cara yang lebih sederhana, kini saya paham sederhana itu rumit :).
workshop Blender
workshop Blender
Materi workshop lebih ke pengenalan dasar Blender dan sedikit animasi pada karakter. Memang untuk materi animasi, 4 jam workshop pun masih kurang. Karena selama 4 jam setidaknya baru memperkenalkan dasarnya saja. Apalagi buat yang baru peratama kali melihat dunia 3D yang ajaib di komputer. Navigasi masih perlu penyesuaian.

Workshop selesai pada pukul 17.00, setelah itu lanjut ke agenda Komunitas Blender Indonesia selanjutnya yaitu Gathering Mini Nasional. Hadir dari berbagai daerah di Indonesia mulai dari Jakarta, Tangerang, Bandung, Purwokerto, Yogyakarta, Surabaya, dan Balikpapan.
gathering mini nasional
gathering mini nasional
Banyak hal luar biasa yang dibahas dalam gathering tersebut, bahkan saya nggak tahu bagaimana mengungkapkan apa saja yang dibahas dalam acara tersebut. Tunggu sajalah kejutan dari para Blender Army di Indonesia. Ini membuka pikiran saya tentang apa yang terjadi di luar sana. Interaksi secara offline memang sangat diperlukan, tetapi tidak terlalu sering :). Hari itu diakhiri di Commuter Line untuk melanjutkan perjalanan ke St. Pondok Cina, Depok. GREAT DAY

You Might Also Like

0 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe