Install Eclipse di Ubuntu

Rabu, Juli 03, 2013

Install Eclipse di Ubuntu - IBM Worklight merupakan salah satu produk IBM untuk develop aplikasi mobile. Saya pikir aplikasi ini cukup keren, karena bisa develop untuk semua platform ( Android, IOs, BB, Windows Phone). Dengan IBM Worklight, bisa dengan mudah develop aplikasi untuk semua platform mobile karena basisnya html5. Mungkin cuma butuh sedikit pengetahuan coding untuk masing-masing devicenya, terutama untuk mengakses hardware yang ada di masing-masing perangkat. Karena beda sistem operasi tentunya beda cara aksesnya.

Kemarin saya seharian coba install IBM Worklight tetapi gagal terus, hingga akhirnya menemukan jawaban di marketplace eclipse bahwasanya:

IBM Worklight Developer Edition only supports Eclipse version 4.2.2 (SR2),
Pantesan saya gak bisa, karena saya pakai versi 4.3 Jadi kalau sebelum download Eclipse terbaru mending download Eclipse 4.2.2. Kalau sudah terlanjur download ya silakan download lagi :D. Dengan versi ini saya tidak mengalami masalah sama sekali selain harus menunggu karena koneksi internet yang pas-pasan. hehehe
install eclipse juno di Ubuntu
install eclipse juno di Ubuntu

Pada kesempatan kali ini saya mau nulis bagaimana install Eclipse di Ubuntu terlebih dahulu, pada posting selanjutnya install IBM Worklight-nya di Ubuntu.

Install Eclipse di Ubuntu

  1. Pastikan sudah install java, silakan cek
     java -version 
  2. Pastikan juga sudah install g++
    g++ --version
  3. Ekstrak file hasil download Eclipse dengan klik kanan > Extract here. Setelah proses extract selesai akan muncul sebuah folder eclipse. 
  4. Pindahkan folder tersebut ke dalam folder /opt/. Pada contoh di bawah ini saya asumsikan folder eclipse ada di folder home
     sudo mv eclipse /opt/ 

    Harus pakai sudo karena kita tidak bisa akses /opt/ kalau tidak sebagai root.
  5. Buat sebuah file desktop untuk menjalankan eclipse
    sudo gedit eclipse.desktop
  6. Isi dengan perintah di bawah ini
    [Desktop Entry]
    Name=Eclipse 
    Type=Application
    Exec=eclipse
    Terminal=false
    Icon=eclipse
    Comment=Integrated Development Environment
    NoDisplay=false
    Categories=Development;IDE;
    Name[en]=Eclipse
    Untuk install di unity langsung jalankan perintah berikut
     desktop-file-install eclipse.dekstop
  7. Buat link supaya bisa dibuka dengan mengetik eclipse di terminal
     cd /usr/local/bin
    ln -s /opt/eclipse/eclipse
Sebenarnya bisa install melalui Ubuntu Software Center maupun Synaptic Package Manager. Namun kita hanya akan mendapatkan versi 3.8. Oh iya, name version eclipse ini adalah Eclipse Juno.

Sekarang kita bisa jalankan eclipse dengan mengetik eclipse di terminal maupun dengan search di menu. Semoga berhasil. Jika ada masalah langsung posting di komentar.

Oh iya, mau nambahin intermezo. Beberapa waktu lalu saat roadshow compfest ada seorang dari IBM bercerita tentang arti logo eclipse yang merupakan buatan IBM yang kemudian di open sourcekan. Berikut penampakan logo Eclipse

logo eclipse
logo eclipse from eclipse.org
Kurang lebih gini artinya. Eclipse merupakan IDE untuk mengembangkan java (dulu, sekarang sudah buat macem-macem). Java merupakan buatan Sun Microsystem yang dengan logo matahari, dan eclipse merupakan gerhana yang menutupi matahari. Bisa jadi nama eclipse dipilih juga karena itu.

Saat lihat splash screen eclipse juno tidak tampak lagi adanya matahari, karena memang saat ini sun microsystem sudah tidak ada lagi semenjak dibeli oleh Oracle. Sehingga sudah gerhana total :D.

Read it on english: Install Eclipse on Ubuntu

You Might Also Like

0 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe