Cara Mencari Uang dengan Blog

Senin, Februari 17, 2014

cara mencari uang di blog
Internet berkembang cukup pesat, sehingga bisa dimanfaatkan untuk banyak hal, salah satunya untuk mencari uang. Salah satu media di internet yang bisa digunakan untuk mencari uang adalah blog. Pada tulisan ini saya mau share bagaimana cara mencari uang dengan blog.

Ada banyak sekali cara mencari uang di blog, entah itu rupiah maupun dollar. Berikut beberapa cara untuk mencari uang dengan blog.

Cara Mencari Uang dengan Blog

Ada beberapa sistem yang bisa digunakan untuk memperoleh uang dari blog, diantaranya ada yang namanya sistem pay per click, afiliasi, jualan link, jualan banner dan masih banyak lagi. Saya akan coba bahas satu persatu gambarannya. Supaya kamu bisa menentukan mana yang bisa kamu manfaatkan untuk uang saku tambahan

Pay Per Click

Sistem pay per click akan memberikan penghasilan ke blogger setiap iklan yang tayang di blog di klik oleh seseorang. Salah satu penyedia layanan pay per click adalah Google Adsense, Idblognetwork dan masih banyak lagi. Silakan cari sendiri yang lain, dua layanan tersebut yang saya gunakan sampai saat ini.

Banyak parameter yang digunakan dalam perhitungan masing-masing klik, jangan harap dengan melakukan klik pada iklan berulang kali akan membuat kamu memperoleh uang terus menerus dari setiap kliknya. Karena hal tersebut bisa diketahui dari berbagai macam faktor, antara lain jenis browser, sistem operasi, ip, dan masih banyak lagi faktor yang saya sendiri terkadang kurang tahu :D

Menjadi Afiliasi

Sistem afiliasi membuat kita seperti penjual barang, saat kamu mendaftar sistem afiliasi kamu akan mendapatkan link unik. Link unik ini akan dilakukan untuk tracking user yang membeli produk dari kamu. Sehingga kamu akan mendapatkan hasil dari penjuala produk yang kamu iklankan. 

Salah satu afiliasi yang saya gunakan adalah Lazada. Sehingga apabila ada orang membeli barang di Lazada melalui link yang saya berikan, saya akan mendapatkan komisi sekitar 5% dari harga produk. Memang tidak banyak, namun lumayan lah bisa buat tambah uang saku kalau pay out meskipun belum tahu kapan hal tersebut akan terjadi :D.

Jualan Link Blogroll

Apabila blogmu memiliki banyak pengunjung dan sering nongol di halaman pertama google, kamu bisa mendapatkan uang dengan berjualan link di blogroll. Link di blogroll ini biasanya akan dibeli oleh orang-orang yang ingin meningkatkan kualitas blog di mesin pencari. Harganya link blogroll pun bermacam-macam, biasanya tergantung Page Rank sebuah blog.

Memasang Banner

Menyediakan slot banner merupakan salah satu cara mendapatkan uang di blog. Berbeda dengan jualan link blogroll yang mementingkan kualitas sebuah blog di mata mesin pencari. Untuk pemasangan banner lebih mementingkan banyaknya visitor ke sebuah blog. Kualitas blog di mata pencari dinomor duakan.

Saya memiliki sebuah website yang belum memiliki kualitas bagus di mesin pencari namun mendapatkan penawaran banner blog yang lumayan mahal. Padahal saya belum memasang slot banner iklan. Mungkin kedepannya saya akan coba pasang banner blog tersebut.

Mereview Produk

Mereview produk juga cukup menggiurkan, namun sayangnya baru ada untu blog berbahasa inggris. Ada sih dulu yang berbahasa Indonesia namun belum semahal dan semenarik blog bahasa inggris yang bisa sampai $10 untuk 1 postingan di blog saya yang beralamat di panduaji.com. Beberapa waktu lalu saya sudah menulis bagaimana cara mendapatkan uang dengan menulis review di blog.

Mungkin poin-poin diatas merupakan cara mencari uang dengan blog yang cocok untuk pemula, selain itu sebenarnya kamu bisa menggunakan blog untuk jualan produk sendiri. Namun saya sengaja tidak memasukkannya di list, karena kalau membuat blog untuk jualan produk niatnya bukan lagi untuk ngeblog, tapi emang mau jualan online.

Semoga 4 cara mencari uang dengan blog tersebut bisa memberikan gambaran kepada blogger yang ingin memonetize blog yang sudah dimilikinya. Sebelum menggunakan blog untuk mendapatkan uang, saya sarankan untuk menulis saja. Nanti kalau sudah tiba waktunya bisa digunakan untuk mencari uang. Mudah kan?

Demikian tulisan saya pada hari ke 27 tentang cara mencari uang dengan blog. Semoga bisa meneruskan sampai 40 hari menulis :D. Kalau bisa terus ya alhamdulillah.

You Might Also Like

0 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe