Mengambil Kiriman Uang Western Union dari Google Adsense di Kantor Pos

Rabu, Februari 26, 2014

Alhamdulillah bulan ini masih mendapatkan kiriman wesel dari google melalui western union. Kiriman ini bertepatan dengan jadwal pembayaran kuliah semester ini. Pada tulisan ini saya mau share bagaimana cara mengambil uang kiriman western union di kantor pos. Karena ada sedikit tambahan persyaratan untuk mengambil uang kiriman western union di kantor pos.

Persyaratan Pengambilan Uang

Ada beberapa persyaratan yang harus disediakan sebelum mengambil uang kiriman western union di kantor pos, antara lain
  1. Nominal uang yang di kirimkan, misalnya $ 212.80. Harus benar-benar sesuai dengan nomor yang tertera
  2. Nomer transfer uang / MTCN (Money Transfer Control Number)
  3. Kartu identitas diri (SIM / KTP / Paspor). Fotokopi KTP untuk dikumpulkan
  4. Informasi pengirim, untuk pembayaran google di Indonesia sekarang sudah beralih ke
    Google Ireland, Ltd yang beralamat di Dublin 4, Ireland
Apabila western union yang diambil merupakan kiriman dari google, sudah disediakan datanya secara lengkap saat pembayaran. Berikut screenshot pengiriman uang oleh google adsense yang terbukti membayar dan bukan scam :D

dokumen pembayaran google adsense
dokumen pembayaran google adsense

Langkah-Langkah Pencairan


Datang ke kantor pos terdekat dengan domisili sekarang. Kenapa kok kantor pos? Bukannya di bank dengan label western union juga bisa? Memang bisa, namun untuk penarikan di western union melalui bank dikenakan biaya materai 6ribu. Selain itu prosesnya sedikit lebih lama dibandingkan di kantor pos.

Setelah datang ke kantor pos, langsung menuju ke bagian pengiriman dan pencairan uang western union. Mintalah form pengambilan uang western union. Setelah itu, isi form tersebut sesuai dengan data yang ada. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengisikan form.

Nama penerima harus sama dengan mana pada kartu identitas. Wajib hukumnya, apabila berbeda uang tidak daoat dicairkan. Setelah mengisi form penerimaan western union, kumpulkan form tersebut dengan fotokopi KTP. Dan tunggu proses pencairannya selesai sekitar 5 menit. 

Apabila kartu identitas penerima uang berasal dari luar kota. Diharuskan melampirkan fotokopi SIM juga. Seperti yang saya alami. Kartu identitas saya dari Kota Blitar, sedangkan saya mengambil di kantor pos Surabaya. Saya harus memfotokopi SIM dan mengumpulkannya. Apabila tidak ada SIM, uang tidak dapat dicairkan.

resi penerimaanBulan lalu tidak perlu menggunakan fotokopi SIM, cukup dengan KTP. Setelah bertanya kepada petugas yang ada, peraturan ini baru berlaku sekitar satu minggu ini. Setelah semua dokumen lengkap, tidak sampai 5 menit uang sudah berada dalam dompet. Selain uang, kita juga akan mendapatkan kertas kuning resi penerimaan uang tersebut.

Mudah kan cara mengambil kiriman uang western union dari google adsense di kantor pos? Semoga tulisan ini bisa membantu teman-teman yang sedang bingung bagaimana cara mengambil uang kiriman google adsense di kantor pos.

Salam


You Might Also Like

39 comments

  1. Balasan
    1. wakakakak, iyo tam :-d

      ludes gawe bayar kuliah ;-(

      Hapus
    2. ngomong2 gimana caranya dapetin uang dri google? bagi2 ilmunya donkkk.. hub email saya ya irmanita@partonofondas.com

      Hapus
    3. ikuti terus blog ini mbak, terutama pada kategori bisnis online. saya tulis di sini kok cara-caranya :)

      Hapus
  2. Balasan
    1. ayo mbak belajar bareng, saya juga masih belajar kok. sudah ada beberapa tulisan tentang cara-caranya pada kategori Bisnis Online :)

      Hapus
  3. keren mas pandu infonya. tips and trik nya mungkin main di blog atau youtube dptnya. :>)

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari blog saja, belum punya konten untuk youtube. Tapi udah ada idenya. InsyaAllah setelah lulus mau coba peruntungan disitu, itung-itung dimatengin dulu ide yang lama :-d

      Hapus
  4. Kalu boleh dibisikin, itu penghasilan dari semua blog akang atau dari satu blog...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 90% penghasilan berasal dari satu blog yang memang sengaja di monetize :D

      Hapus
  5. wah keren deh, kalo sy masih angan2 ni punya GA haha
    masih fokus bikin blognya dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, nulis blog saja dulu. nanti kalau sudah waktunya bakalan di approve GA kok. saya dulu baru tahu ada GA setelah ngeblog selama 1.5 tahun :-d

      Hapus
  6. gan, alamat pengirim itu yang mana gan?

    Google Asia Pacific Pte. Ltd.
    8 Marina View
    Asia Square 1 #30-01
    Singapore 018960

    ATAU

    Google Ireland, Ltd., Dublin 4, Irlandia

    Yang mana tu gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai yang Google Ireland.

      Saya pernah ngisi form untuk mengambil dengan alamat Google Asia Pasific, tetapi saat di print out ternyata yang keluar adalah Google Ireland. Tapi tetep bisa kok kalau di kantor pos. Kalau di bank saya kurang tahu :D

      Hapus
  7. Mas, saya masih belum punya SIM dan saya lagi kuliah diluar kota. Trus kakak saya udah terlanjur kirim uang lewat western union. Pas ke kantor pos katanya suruh ke indomaret aja. Tapi pas ke indomaret katanya mesinnya lagi error mas. Gimana nih mas ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba di bank, dulu saya pernah coba mengambil uang di bank hanya membutuhkan KTP Asli sesuai dengan nama yang di transfer

      Hapus
  8. Oiyaiya, ntar ane coba. Suwun yomas infone. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya biasanya menggunakan bank BTN, tapi kata teman saya enak di bank danamon. silakan dicoba bank yang bertanda western union :D

      Semoga bisa segera ngambil

      Hapus
  9. Amiin.. Sekali lagi tengkyu ya mas

    BalasHapus
  10. Salam,
    Mas mau tanya saat pengambilan uangnya ada biaya administrasi lagi ga? Setau saya tidak ada tambahan biaya lagi kan yaa tapi tadi ambil uang di wu kantor pos dikenalan biaya adm 20rb gitu mas :(
    Apa setiap kantor pos berbeda kebijakannya yaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beberapa kali saya ambil tidak pernah dikenakan biaya administrasi sama sekali. Mungkin bisa ditanyakan di kantor posnya kok ditarik biaya 20rb buat apa. karena sebelumnya tidak pernah ada biaya administrasi seperti itu.

      Setahu saya kebijakan kantor pos seragam di semua tempat.

      Hapus
  11. jadi pengen punya duit dari mbah google gmna caranya ajarin donk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo belajar bareng bikin blog yang bisa menjawab pertanyaan banyak orang :)

      Hapus
  12. salam mas, kebetulan saya juga dari blitar tapi tinggal di surabaya. ktp saya masih dari daerah. pertanyaan saya, ketika daftar google adsense baiknya pake alamat sesuai ktp atau pake alamat saya di surabaya ya? nuwun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya mendaftar dengan alamat Surabaya. Karena nanti PIN adsense dikirimkan melalui alamat yang di daftarkan. Yang paling penting adalah nama harus sama persis dengan yang ada di KTP

      Hapus
  13. Jadi alamat pengiriman dengan KTP gak sama bisa ya mas?

    BalasHapus
  14. Harus bawa ktp asli ya mas? Soalnya mau ambil kiriman participant dr LN untuk registrasi kompetisi gitu mas dan receivernya an temen saya (doi lg di luar kota).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di kantor pos sih biasanya langsung tunjukin fotokopi ktp aja bisa. kalau di bank harus pakai ktp, karena ktpnya di fotokopi di bank

      Hapus
  15. mas,,saya waktu daftar adsense pake alamat sumatra barat,,tapi sekaran saya tinggal di semarang,,nah apakah bisa uang tersebut di ambil disemarang mas...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, asal namanya sama persis. Bawa fotokopi KTP dan SIM saat ngambil

      Hapus
  16. berarti alamat tidak berpengaruh ya mas,,
    dimna pun bis aberarti ya mas

    BalasHapus
  17. kalau ngambil kiriman uang tanpa no resi bisa tidak, soalnya no resinya hilang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setauku enggak bisa sih :D . soalnya model western union yang sekarang no resi itu semacam password gitu

      Hapus
  18. mas...aku mo tanya..aku sampe skrg belum nerima pin juga....dari google adsense...kalo aku rubah dengan alamat yang lebih terjangkau...apa nanti akan jadi masalah...untuk pencairan via WU nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah dapat $10 ? Kalau sudah biasanya dikirim ke alamat. Kalau belum sampai coba ke alamat yang terjangkau. Selama ini ambil enggka pernah ada masalah dengan alamat kok. Yang paling penting itu nama harus benar-benar sama persis.

      Hapus
  19. Gan kalo ngambil di kantor pos tapi ga ada KTP aslinya hanya pake fotokopi KTP saja, bisa ga, Gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. KTP Asli biasanya cuma disuruh nunjukin aja. Tergantung tempat ngambilnya. Aku dulu karena udah sering, bapaknya hafal, aku cuma nunjukin fotokopian udah bisa ambil :D

      Hapus

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe