Cara Install di Wordpress Tanpa Akses FTP

Senin, Maret 31, 2014

Perlu Akses FTP untuk Install
Perlu Akses FTP untuk Install
Beberapa waktu lalu saya install wordpress di server lokal ubuntu untuk keperluan belajar. Untuk memudahkan proses belajar, saya download terlebih dahulu plugin yang ingin saya gunakan di wordpress dan saya simpan di hardisk lokal. Hal ini akan menghemat kuota internet apabila saya berkali-kali install ulang wordpress di ubuntu :D. Selain itu juga supaya lebih cepat dalam melakukan instalasi plugin di wordpress.

Ketika saya coba install sebuah wordpress plugin, ternyata saya diharuskan untuk memasukkan username dan password FTP. Padahal saya belum pernah membuat pengaturan FTP baik itu username maupun password. Saya jadi bingung bagaimana caranya supaya tidak perlu akses FTP untuk install plugin dan tema di wordpress.

Setelah mencari di beberapa forum internasional, akhirnya saya menemukan sebuah solusi konkrit untuk masalah yang saya hadapi tersebut. Berikut langkah-langkahnya

Cara Menghilangkan Login FTP saat Upload File di Wordpress

Pastikan wordpress sudah terinstall dengan baik dan kamu sudah bisa dengan bebas menuliskannya. Sekarang buka folder instalasi wordpress dan buka sebuah file yang bernama wp-config.php. Apabila blog wordpressmu berjalan dengan baik, kamu bisa menemukan file ini dengan mudah. Karena tanpa adanya file ini, blog wordpressmu akan menghilang.

Setelah kamu membuka file tersebut, langsung tambahkan kode berikut di bagian paling bawah (sebenarnya terserah, namun untuk memudahkan letakkan di paling bawah saja).

define('FS_METHOD','direct');

Setelah kamu menambahkan kode diatas, simpan file wp-config.php dan cobalah upload kembali plugin / themes yang ingin kamu gunakan. Insyaallah kamu bisa melakukan upload / install tanpa perlu login FTP wordpress yang sudah kamu install

Semoga tutorial sederhana di panduaji.net tentang wordpress ini bisa membantumu mengatasi masalah serupa. Saya cuma mau sedikit sharing saja. Informasi ini saya dapatkan dari forum Stackoverflow.

Artikel wordpress kali ini merupakan salah satu masalah yang dihadapi saat install di localhost. Untuk yang sudah selfhosting saya belum pernah menemui masalah seperti ini. 

You Might Also Like

3 comments

  1. saya punya masalah sama seperti ini, jadi tau cara ngatasi nya. thanks ya :)

    BalasHapus
  2. Jazakumullah khoir, bro, udah berhari-hari mencoba memecahkan masalah ini, alhamdulillah udah kelar, thank sekali lagi bro

    BalasHapus

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe