Desain Website yang Baik Menurut Saya

Kamis, April 24, 2014

Saat ini website maupun blog sudah bisa didapatkan dengan mudah. Siapapun bisa memilikinya dengan sangat murah. Bahkan tidak sedikit yang bisa membuat sebuah website gratis. Bagi sebagian orang, website merupakan rumah di dunia maya. Untuk itu banyak orang ingin memiliki desain website yang keren. Namun sayangnya tidak semua desain website yang keren merupakan desain website yang baik. Pada kesempatan ini saya mau berbagi tentang desain website yang baik menurut saya.

Kriteria Desain Website yang Baik

Berikut beberapa kriteria desain website yang baik menurut saya. Namun ada satu kata kunci yang benar-benar harus diperhatikan saat memilih desain web, yaitu adalah KENYAMANAN pengunjung. Itu point utama yang akan saya jabarkan pada bagian ini.

Layout Website

layout website
Saya tidak akan memberikan contoh website keren yang lain, karena menurut saya website / blog saya ini sudah cukup keren untuk di jadikan contoh. Coba lihat blog panduaji.net ini, apakah kamu nyaman saat membaca teks, melihat navigasi dan lain sebagainya?

Mulai dari lebarnya tempat posting, lebarnya sidebar, perpaduan warna yang digunakan.  Tidak sampai disitu, coba amati ukuran font, jenis font yang digunakan, spasi antar kata dan huruf. Perpaduan warna yang ada di website ini. Semuanya nyaman kan? (Kalau ada yang tidak nyaman silakan komentar, nanti saya coba edit desain web yang keren ini supaya lebih nyaman saat kamu membuka blog ini lagi.)

Posisi menu, posisi recent post dan lain sebagainya juga berada pada tempat yang tepat. Sehingga tidak mengganggu pengunjung yang ingin membaca artikel yang saya posting. Tidak ada iklan popup yang kadang sangat mengganggu pengunjung lebih nyaman dalam membaca. Dapat pahala kan :D?

Bedakan dengan website yang posisi menu tidak jelas, aksesnya susah karena tedapat banyak gambar-gambar yang kadang tidak jelas. Kamu lebih nyaman membaca dan mengunjungi website yang bagaimana? 

Kecepatan Akses

kecepatan akses blog
Desain websitemu mungkin bisa tampak sangat keren dengan berbagai macam aplikasi maupun efek kode dan animasi flash. Namun hal tersebut akan berdampak buruk pada pengunjung web. Iya kalau internet yang digunakan pengunjung cepat, kalau tidak? Yang ada calon pengunjung akan segera menutup tab browser yang sedang berusaha menampilkan websitemu yang keren dengan berbagai macam situs.

Coba lihat blog saya ini, sederhana kan? Aksesnya juga tidak terlalu lama bukan? Itulah yang dicari oleh banyak orang. Kebanyakan orang tidak terlalu peduli dengan berbagai macam fitur keren di websita. Karena yang mereka cari adalah kenyamanan saat membaca dan berselancar. Jadi pastikan kalau websitemu memiliki akses yang cepat. Baca tulisan saya tentang cara meningkatkan kecepatan akses blog

Responsive

responsive web design
source: flickr.com/photos/chasingdaisy/5843303770
Desain website yang baik saat ini memang mau tidak mau harus responsive. Desain website responsive dapat membantu pengunjung yang menggunakan perangkat mobile nyaman saat membuka websitemu. Ini dapat meningkatkan jumlah pengunjung yang tidak sedikit. Karena saat ini sudah eranya hape android. Banyak yang menggunakan smartphone untuk menjelajahi internet

Jadi, sebenarnya inti dari desain website yang baik menurut saya adalah kemudahan, kesederhanaan dan kecepatan akses website. Karena tiga poin tersebut merupakan poin pendukung yang membuat pengunjung nyaman dengan blogmu.

Adapun beberapa manfaat yang akan kamu peroleh dengan desain website yang baik antara lain

Manfaat Desain Website yang Baik

  • Pengunjung betah mengunjungi websitemu dan bisa jadi pelanggan tulisan di blog.
  • Website akan lebih disukai oleh search engine, sehingga bisa muncul di halaman pertama pencarian
  • Meningkatkan jumlah visitor yang datang ke website.
Jika memang desain website yang gratis tidak ada yang cocok dengan keinginanmu. Kelurarkanlah sedikit uang untuk membeli yang premium. Karena website adalah rumahmu di internet (diasumsikan website pribadi). Atau kamu mau membuat desain web sendiri? Silakan

Semoga tulisan saya tentang desain website yang baik ini dapat membuat teman-teman bisa memilih website yang baik. Sehingga website yang teman-teman miliki dapat memberikan kenyamanan kepada pengunjung saat mengumpulkan informasi dari website teman-teman.

Salam

You Might Also Like

0 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe