Tutorial Blender Bahasa Indonesia Memasukkan Gambar ke Obyek

Sabtu, Agustus 16, 2014

Sudah lama saya tidak menulis tutorial blender berbahasa Indonesia. Pada kesempatan ini saya mau berbagi sedikit fitur Blender yang tidak kalah dengan software 3D berbayar lainnya. Yaitu fitur drag and drop untuk memasukkan gambar ke dalam sebuah obyek.

Fitur ini mempermudah kita dalam menambahkan tekstur pada sebuah obyek. Karena kita tidak perlu lagi membuat slot material dan slot texture. Semua berjalan otomatis begitu kita menempelkan gambar pada obyek.

Sebelum melakukan praktek ada beberapa hal yang perlu diketahui, saya menggunakan Blender versi 2.70 pada sistem operasi Linux Mint Petra. Untuk versi di bawahnya saya kurang tahu apakah fitur ini bisa bekerja dengan baik. Sedangkan untuk versi setelah 2.70 sepertinya fitur ini bisa berjalan dengan baik.

Setahu saya pada versi Blender sebelumnya ada fitur yang mirip dengan drag and drop texture ini yang bernama import image as plane. Pada versi 2.70 ini saya tidak menemukan fitur tersebut pada default Blender yang dibuka. Setelah saya coba cari di adds on saya juga tidak menemukannya. Mungkin fitur ini sudah disempurnakan menjadi drag and drop texture. Istilah drag and drop texture merupakan istilah karangan saya sendiri, mungkin kalau ada yang tahu istilah dari official Blender bisa minta bantuan untuk mengkoreksi.

Langkah Memberi Tekstur dengan Drag and Drop

Drag and drop texture image
Drag and drop texture image

Dengan fitur drag and drop texture ini kita harus mempersiapkan sebuah model 3D. Bisa berupa plane maupun berupa plane. Silakan coba obyek yang ingin di coba. Setelah itu cukup dengan drag sebuah gambar dari jendela explorer (kalau di ubuntu nautilus) menuju obyek 3D di Blender. 

Langkah seperti ini sangat sulit dijelaskan dengan kata-kata. Langsung saja simak demo yang saya lakukan untuk menambahkan tekstur gambar pada sebuah obyek 3D di Blender.

Video Tutorial Blender Bahasa Indonesia : Demo Drag and Drop Texture Image

Untuk pemula yang bingung bagaimana cara menambahkan tekstur gambar di Blender bisa menggunakan langkah-langkah yang ada pada video demo tersebut. Apabila kamu ingin menambakan UV Texturing, yaitu bentuk teksur yang berbeda untuk masing-masing sisi, kamu bisa mengikuti tutorial membuat uv texture di Blender yang sudah pernah saya tulis sebelumnya.

Semoga video demo singkat tentang salah satu fitur Blender diatas bisa membantumu dalam belajar menggunakan Blender.

You Might Also Like

4 comments

  1. Trims, ternyata mudah memasukkan gambar. Bagaimana sobat masih di SEAMOLEC ngga ?

    BalasHapus
  2. Maaf, berarti ada nama yang hampir sama yang menguasai bidang yang sama, meskipun demikian saya tetap sangat berterima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin mas Aji yang di maksud. Dulu pernah ketemu di SMK 1 Surabaya :) . Tapi setahu saya mas aji di programming bukan Blender. hehe

      Temen-temen SMK dulu banyak yang magang di SEAMOLOEC

      Hapus

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe