Destinasi Liburan Singkat di Blitar yang Wajib di Kunjungi

Selasa, Januari 06, 2015

Destinasi Liburan Singkat di Blitar yang Wajib di Kunjungi - Beberapa waktu lalu saya kedatangan beberapa teman jaman kuliah di Surabaya. Mereka ingin menghabiskan liburan pasca tahun baru di Blitar. Sebagai tuan rumah yang baik, tentunya saya harus merencanakan urutan destinasi wisata di Blitar yang harus mereka kunjungi. Karena percuma menunggu mereka datang untuk ditanyai mau pergi kemana kalau ujung-ujungnya mereka bilang terserah. Mungkin karena mereka memang belum tahu tentang destinasi liburan di Blitar.

candi penataran
candi penataran

Pada artikel kali ini, saya mau berbagi informasi destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi di Blitar. Mungkin itenary yang saya buat ini sudah masuk dalam paket wisata liburan di Blitar yang dibuat oleh tour and travel, namun saya yakin belum semuanya :D. Karena rancangan itenary ini lebih cocok untuk liburan keluarga maupun group kecil. Kalau naik bis beramai-ramai sangat tidak disarankan mengikuti tips ini.

Meskipun destinasi liburannya tidak banyak, pastikan anda membaca keseluruhan artikel ini untuk mendapatkan informasi dan tips trik tersembunyi dalam masing-masing bagiannya. Jadi jangan salahkan saya apabila anda telah mengikuti point-point yang saya berikan namun mendapatkan kendala saat melakukan perjalanan di karenakan anda tidak membaca dengan seksama apa yang saya paparkan dalam artikel ini :D.

Destinasi Wisata di Blitar

Ada banyak destinasi wisata di Blitar yang menarik untuk dikunjungi, bahkan kalau bisa jangan sampai terlewatkan. Saya sarankan perjalanan anda dimulai pada pukul 08.00 pagi. Jadi pastikan anda sudah ada di Kota Blitar pukul 08.00 pagi.

Rute yang saya sarankan untuk seharian di Blitar adalah mulai dari makam Bung Karno - Candi Penataran - Istana Gebang - Warung Mak Ti - Kampung Coklat - Pantai Tambakrejo. Karena kemarin saya tidak mampir ke Istana gebang, saya tidak akan ulas pada tulisan di bawah ini. Waktu yang terlalu mepet karena berangkat terlalu siang dari rumah :D

Sarapan dengan Kuliner Nasi Pecel Mbok Bari 6

nasi pecel mbok bari
nasi pecel mbok bari

Sarapan di Nasi Pecel Mbok Bari 6 yang berada tepat di depan area makam bung karno. Nasi pecel memang paling cocok untuk sarapan. Nasi pecel yang dekat dengan lokasi wisata sekaligus dengan rasa yang lumayan enak dan harga murah. Baca review nasi pecel mbok bari 6.

Asumsikan makan 1 porsi  komplit dengan minumnya 10.000, kemarin saya cuma habis 8.000 sudah komplit makan dan minum. Siapa tahu pengen nambah lauk, makanya saya buat anggaran sarapan 10.000, karena selain nasi pecel, ada banyak menu lain.

Wisata di Komplek Makam dan Perpustakaan Bung Karno

Setelah sarapan di nasi pecel mbok bari, perjalanan dilanjutkan ke komplek Makam dan Perpustakaan Bung Karno. Perjalanan awal dari perpustakaan kemudian masuk ke tempat foto-foto bung karno dan berbagai macam peninggalan bung karno.

Selain itu juga terdapat patung bung karno yang bisa dijadikan background dalam foto bareng teman-teman maupun keluarga. Berikut penampakan area perpustakaan Bung Karno.

komplek perpustakaan bung karno
komplek perpustakaan bung karno


Berikut penampakan galeri foto Bung Karno dimana terdapat sebuah lukisan yang seolah tampak berdetak jantungnya. Entah apa yang menyebabkan bagian dari lukisan tersebut seolah-olah bedetak.

galeri bung karno
galeri bung karno

Setelah dari galeri Bung Karno, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan ke arah utara untuk menuju makam Bung Karno. Disini ada sebuah spot menarik untuk berfoto dengan latar belakang perpustakaan Bung Karno. Sehingga foto yang dihasilkan akan tampak seperti gambar di bawah ini

foto di area makam dan perpus bung karno
foto di area makam dan perpus bung karno

Setelah itu, anda bisa melanjutkan ke makam Bung Karno yang ada berada tidak jauh dari lokasi gambar pengambilan gambar diatas. Anda bisa bergerumbul dengan pengunjung yang lain di makam Bung Karno.

makam bung karno blitar
makam bung karno
Dari makam Bung Karno, anda harus menyusuri pasar oleh-oleh untuk keluar dari komplek. Di tempat ini anda bisa mencari beragam oleh-oleh khas Blitar. Oh iya, anda tidak dikenakan uang sepeserpun untuk berjalan disekitar makam bung karno, anda hanya perlu membayar parkir kendaraan saja.

Wisata Sejarah di Candi Penataran

Setelah puas berkeliling di Komplek Makam Bung Karno, selanjutnya perjalanan dilanjutkan ke utara. Ke sebuah candi yang cukup terkenal, yaitu Candi Penataran. Saya asumsikan anda selesai keliling makam pada pukul 10.00 pagi. Perjalanan dari makam bung karno sekitar 20 - 30 menit ke utara. Masuk area candi dikenakan biaya 6000/orang dan parkir 3000 untuk 1 motor. Untuk roda 4 saya tidak tahu :D.

Di candi penataran anda tidak perlu membayar tiket, namun ada baiknya anda memberikan sumbangan seikhlasnya untuk perawatan dan kebersihan candi. Nominalnya, terserah.

candi penataran
candi penataran






pemandangan candi penataran
pemandangan candi penataran
Anda bisa membaca cerita yang digambarkan mengelilingi candi pentaran ini. Selain teradapat candi, anda juga bisa menengok kolam dengan air yang sangat jernih dan terdapat berbagai macam ikan dengan ukurang yang cukup besar.
kolam di candi penataran
kolam di candi penataran


Menikmati Kuliner Iwak Kali Prasmanan Mak Ti di Blitar

Setelah puas berkeliling di Candi Penataran sekitar pukul 12.00 siang, perjalanan dilanjutkan untuk menikmati kuliner khas pedesaan yang sudah cukup terkenal di Blitar yaitu warung prasmanan Mak Ti. Dari Candi Penataran membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk mencapai warung mak ti di dekat daerah Karang Tengah ini.

Berhubung teman-teman saya kemarin masih kenyang, saya tidak mengajak mampir di tempat ini. Buat yang sudah lapar bisa langsung coba ke tempat ini, karena lokasina searah dengan destinasi selanjutnya yaitu Kampung Coklat dan Pantai Tambakrejo. Apabila anda tertarik untuk datang ke warung mak ti untuk makan siang, silakan baca ulasan warung mak ti blitar.

Berikut menu prasmanan di warung mak ti blitar yang sudah terkenal dan cukup fenomenal karena harga yang di bandrol sangat murah :D

menu di warung mak ti blitar
menu di warung mak ti blitar

Setelah kenyang makan di warung mak ti, perjalanan bisa dilanjutkan ke tempat wisata edukasi keluarga yang belum lama ini booming, yaitu kampung coklat.

Wisata Edukasi Keluarga Kampung Coklat

Kampung coklat belum lama ini booming, konsep wisata yang cocok untuk keluarga sekaligus edukasi tentang coklat ini diminati oleh banyak orang. Karena tempatnya yang tidak begitu luas, sangat tidak di sarankan datang saat liburan karena pengunjungnya membludak banyak sekali.

Dari warung mak ti perjalanan membutuhkan waktu sekitar 20an menit. HTM masuk kampung coklat adalah 5000 per orang, di dalamnya terdapat berbagai macam olahan coklat seperti es krim coklat, es coklat, kopi coklat, mie coklat. Selain itu juga ada cooking class, menghias coklat, dll. Tidak sampai di situ, ada refleksi ikan di kolam dimana ikan-ikan akan memakan sel kulit mati yang ada di kulit kita. 

Berhubung suasana kemarin waktu liburan terlalu crowded, majang foto narsis aja dulu :D. Ini foto salah satu sudut di kampung coklat bersama rombongan teman yang kemarin mengunjungi saya di Blitar.

suasana kampung coklat di musim libur
suasana kampung coklat di musim libur

Kami tidak terlalu lama di kampung coklat, karena terlalu ramai dan tidak bisa menikmati berbagai fasilitas yang tersedia disana. Akhirnya pada pukul 14.00 kami langsung melanjutkan perjalanan ke selatan dengan tujuan akhir pantai tambakrejo.

Menikmati Senja di Pantai Tambakrejo

Perjalanan dari kampung coklat ke pantai ini membutuhkan waktu sekitar 40 menit. Tidak perlu takut kesasar karena sudah ada banyak petunjuk arah yang sangat membantu dan tidak banyak persimpangan jalan yang membingungkan.

Untuk pengguna roda 4, pastikan pengemudi anda handal, karen arah pulang dari pantai ini terdapat beberapa tanjakan yang sering membaut mobil berhenti karena pengemudi kurang handal maupun kondisi kendaraan yang kurang bagus. Untuk pengendara motor juga perlu hati-hati daripada harus mendorong di tanjakan :D ?

Untuk masuk kawasan wisata ini sama dengan di penataran, 1 motor berisi dua orang ditarik karcis 3000. Untuk mobil saya kurang tahu karena tidak terlalu memperhatikan daftar tarif kendaraan. Parkir motor di tempat ini juga sama dengan pentaran, yaitu 3000 untuk 1 motor. Anggaran untuk masuk tempat ini beserta parkir untuk 1 motor anggap saja 10.000

Begitu masuk area pantai, anda akan disambut gamber peringatan anti mainstream yang cukup mengerikan. Berikut gambar yang saya maksud

peringatan mandi di laut
peringatan mandi di laut
Hati-hati ya saat bermain air di pantai ini, karena sudah banyak korban yang terseret ombak dan pulang tinggal jasad dan nama. Pantai Tambakrejo memang memiliki ombak yang besar, ciri khas dari pantai di pantai selatan jawa yang berbatasan langsung dengan samudra hindia.

Karena sampai pantai ini masih terlalu siang, yaitu pukul 15.00, akhirnya kami cari spot sepi di bawah pohon rindang untuk bersantai menikmati angin sepoi-sepoi di pantai ini. Kondisi sore itu sudah cukup ramai. Namun semakin sore pengunjung semakin berkurang sehingga banyak spot-spot menarik untuk digunakan berfoto.

Berikut beberapa penampakan di pantai Tambakrejo blitar selatan yang sempat terabadikan dalam bidikan lensa digital #ea :D

pantai tambak rejo
pantai tambakrejo



pantai tambakrejo
pantai tambakrejo
Tidak banyak yang kami lakukan di pantai ini, hanya duduk di pinggiran dan ngobrol berbagai macam hal entah itu yang sudah lalu, kehidupan saat ini bahkan masa yang akan datang. Moment menarik di tempat ini cocok untuk keluarga maupun teman-teman yang berombongan.

Kondisi yang cukup sepi di kala senja menambah eksotisme pantai ini. Mungkin orang tidak ingin pulang terlalu malam dari tempat ini. Padahal kalau mau foto-foto, bagus di sore hari antara pukul 4 - hingga terbenamnya matahari.

Berikut beberapa foto senjat di pantai Tambakrejo sambil menunggu pesanan ikan bakar datang.

senja di pantai tambakrejo
senja di pantai tambakrejo

senja di pantai tambakrejo
senja di pantai tambakrejo
Setelah capek lompat-lompat, sekarang saatnya makan di kala senja. Sambil menikmati matahari terbenam makan ikan bakar dengan sambel kecap bumbu rujak yang nikmat.

Kuliner di Pantai Tambakrejo

Kalau sudah capek bermain di pantai ini segera pesan ikan bakar yang banyak dijual di tempat ini. Saya sarankan untuk bertanya harga terlebih dahulu sebelum memesan, karena katanya di beberapa warung suka getok harga.

Saya mendapatkan harga 9 ribu untuk 1 porsi ikan bakar, lalapan dan nasi. Es degan dengan minuman pelengkap membuat 1 orang menghabiskan 12.000 sudah makan dan minum.  Berikut warung kondisi warung tempat saya dan teman-teman makan, berada di deretan barat pantai tambakrejo

warung makan di tambakrejo
warung makan di tambakrejo
Berikut penampakan 1 porsi yang di banderol seharga 9000. Lumayan murah untuk sebuah tempat wisata. Apalagi untuk teman-teman yang berasal dari Surabaya.

menu ikan bakar di tambakrejo
menu ikan bakar di tambakrejo
Setelah kenyang dan puas, anda bisa melanjutkan perjalanan pulang kembali ke Blitar atau kota anda. Kami pulang sekitar pukul 19.00 dari tempat ini. Pastikan lampu di kendaraan anda bisa berfungsi dengan baik, karena jalanan yang gelap dan minim sekali penerangan.

Tetap berhati-hati dan semoga selamat sampai rumah masing-masing. Itu lah destinasi wisata seharian penuh di Blitar. Sebenarnya ada banyak tempat wisata lain, namun kurang apabila hanya satu hari di Blitar. Destinasi wisata diatas cocok untuk yang ingin berlibur di Blitar meski cuma sehari.

Anggaran Liburan Singkat di Blitar

Berikut anggaran biaya yang mungkin anda habiskan apabila mengikuti apa yang saya tuliskan diatas. Anggaran ini berlaku untuk 1 motor dengan jumlah penumpang 2 orang dari kota Blitar.

Keperluan Biaya
Parkir Kendaraan (Makam, Candi, Kampung Coklat dan Pantai) Rp. 12.000
Sarapan  Rp. 10.000
Masuk Wisata Penataran Rp. 3.000 / orang
Masuk Wisata Kampung Coklat Rp. 5.000 / orang
Masuk Pantai Tambakrejo Rp. 3.000 / orang
Makan Siang Rp. 12.000
Makan di Pantai Rp. 12.000
Bensin Rp. 30.000
Total Biaya Rp. 87.000

Tidak begitu mahal bukan? Seharian keliling wisata di Blitar menghabiskan uang kurang dari seratus ribu rupiah :D.

Semoga tulisan ini bisa menjadi referensi anda yang ingin berkunjung ke Blitar. Semoga bermanfaat, apabila ada yang ingin ditanyakan, silakan tinggalkan di kolom komentar, saya akan berusaha menjawab apa yang saya tahu. :)


You Might Also Like

10 comments

  1. wenak rame rame , jadi pingin kesana.

    Om bensinnya g ke itung dirincian biaya? wkwkwk

    klo totalnya masi dibawah 100 rb, aq brangkat :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu kan udah ada biaya bensin selama di Blitar :D. kalau biaya bensin yang datang dari luar Blitar enggak masuk itungan. aku biasane suroboyo - blitar bensin full sek sisa :D

      Hapus
  2. Info yg menarik mas, kpn2 tak jalan2 kesana :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau cuma sehari di Blitar bisa ikut itenary diatas, kalau agak lama di Blitar ada banyak tempat yang bisa di eksplore :D

      Hapus
  3. 18 thun...ku Tinggalkan kota ku blitar...mudah mdhan tahun ini bisa pulkam..
    Tanks ..info nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuik, lebih lama dari saya :D. saya cuma meninggalkan blitar selama 10 tahun. hehehe sekarang balik lagi tinggal di Blitar

      Hapus
  4. mas kalo ga pake kendaraan pribadi gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agak sulit mbak, kecuali kalau sewa mobil ada banyak. hehe

      Hapus
  5. Kalau sewa mobil dimana mas? Biayanya kira2 berapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sewa mobil bisa coba yang di Jl. Nias. Dari patung bung karno ke selatan. ada perempatan ke timur.

      Biayanya kurang tahu, sekitar 250rban (mungkin) untuk avansa belum termasuk driver.

      Hapus

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe