6 Tempat Wisata Dekat Stasiun Kota Blitar

Senin, September 26, 2016

Banyak orang yang tanya, tempat wisata apa yang deket dengan Stasiun Kota Blitar?  Atau sekedar tanya, jauh nggak ke pantai dari stasiun Blitar?  Aku sudah mulai lelah menjawab pertanyaan yang terlalu sering itu. Nah, pada kesempatan ini aku mau berbagi setidaknya enam tempat wisata di Kota Blitar yang dekat dengan stasiun Blitar.

Daftar Tempat Wisata di Kota Blitar
Daftar Tempat Wisata di Kota Blitar
Tempat-tempat ini sangat cocok buat kamu yang datang ke Blitar hanya untuk menikmati kota ini sebentar saja. Biasanya sih temen-temen dari Surabaya yang datang naik kereta api penataran pertama sampai Blitar sekitar jam 10 pagi dan balik lagi ke Surabaya naik kereta api penataran terakhir sekitar pukul 5 sore.

Berikut enam tempat wisata untuk city tour setengah hari di Blitar. yang bisa kamu kunjungi.

Menikmati Es Plered di Aloon-Aloon Kota Blitar

Aloon - Aloon Kota Blitar ini letaknya cukup dekat dengan stasiun kereta api, kamu bisa jalan kaki dari stasiun menuju tempat ini. Jaraknya hanya 400 meter dari stasiun kota Blitar. Jadi enggak terlalu jauh bukan kalau jalan?

Mau ngapain aja di Aloon Aloon ? Habis perjalanan jauh kan enggak ada salahnya buat menikmati segelas es plered yang nikmati di sebelah selatan aloon-aloon. Harganya cuma tiga ribu rupiah. Biar kamu kembali segar setelah lelah melakukan perjalanan naik kereta dan berjalan ke tempat ini. Kebetulan temenku ada yang jualan es plered di sekitar aloon-aloon. Jalan aja ke selatan Aloon - Aloon, warungnya paling selatan bertuliskan Es Plered Patria Pak Kayat. Ngomong aja kalau dapet infonya dari aku, ntar nggak ngefek kok :D.
Es Dawet Plered Pak Kayat
Es Dawet Plered Pak Kayat
Selain bisa menikmati es plered sambil istirahat. Kamu bisa menikmati sejuknya udara di sekitar aloon-aloon yang dikelilingi pohon beringin besar. Mungkin buat kamu yang pernah ngunjungi Malang, Tulungagung dan Kediri bertanya-tanya. Kok Aloon Aloon Kota Blitar lebih gede ya? Kalau dilihat dari ukuran, memang Aloon Aloon Blitar ini termasuk yang paling besar se karesidenan Kediri.
Aloon Aloon Kota Blitar
Aloon Aloon Kota Blitar
Di Aloon Aloon ini terdapat beberapa fasilitas untuk fitnes outdoor dan joging track. Andai saja kamu sampai sini di hari minggu pagi sebelumm jam delapan. Kamu dapat melihat betapa cantiknya para wanita di Blitar yang melakukan olahraga di sekitar aloon-aloon :D.

Berbahagialah kamu kalau datang naik kereta majapahit jam setengah enam pagi sampai di Aloon Aloon Kota Blitar. Bisa nunggu para gadis Blitar olahraga sambill minum susu sapi kemasan dengan merk Tunggal yang masih anget karena pabrik pengolahannya hanya beberapa ratus meter dari aloon-aloon.

Kuliner Soto Bok Ireng Dekat Aloon Aloon Blitar

Seporsi Soto Bok Ireng 
Kalau udah mulai lapar, kamu bisa mampir ke Soto Bok Ireng yang hanya beberapa ratus meter dari Aloon-Aloon. Seporsi soto daging bok ireng disajikan dalam porsi priyayi ini dibandrol dengan harga delapan ribu. Nambah sebungkus kerupuk dan teh yang disediakan pas jadi sepuluh ribu.

Enggak suka soto daging? Coba mampir di sebelah utara soto bok ireng, ada soto ayam sor seri yang rasanya juga lumayan enak dengan porsi sama bok ireng tapi harga sekitar 6 ribu kalau nggak salah. 

Lihat peta diatas kalau mau tahu lokasi tepat soto Bok ireng ini.

Waterpark Sumber Udel

Pintu Masuk Waterpark Sumber Udel Blitar
Pintu Masuk Waterpark Sumber Udel Blitar
Setelah cukup segar dengan segelas es plered, kalau pengen mainan air atau berenang bisa coba untuk merapat ke Waterpark Sumber Udel yang hanya berjarak sekitar 1 km dari Aloon Aloon Kota Blitar ke Utara. Waterpark terbesar di Blitar ini memiliki banyak fasilitas dengan HTM sebesar 13 ribu untuk hari biasa dan 15rb untuk weekend. 

Tapi kalau dari luar kota sih mungkin enggak tertarik untuk main-main ke Sumber Udel. Apalagi di Surabaya kan sudah punya kenjeran waterpark yang lebih gede :D. Skip aja deh ke sini. Ntar terlalu lelah malah enggak bisa ngunjungi tempat yang lain. 
Water Park Sumber Udel by JelajahBlitar
Kalau mau foto-foto di depannya sih enggak perlu bayar. Seenggaknya pernah dateng ke Sumber udel meski cuma foto di emperannya doang :D

Area Makam dan Perpustakaan Bung Karno

Satu tempat lagi yang lokasinnya enggak terlalu jauh dari Waterpark Sumber Udel adalah Komplek Makam Bung Karno. Jaraknya hannya sekitar 2km saja. Enggak jauh bukan ? Komplek makam Bung Karno merupakan landmark Blitar. Jadi kalau belum pernah mampir di sini kamu biasanya dianggap belum pernah ke Blitar.

Di dalam komplek ini terdapat perpustakaan, galeri dan makam bung karno. Aku saranin buat jalan dari sebelah selatan biar enggak perlu bolak balik. Dari selatan ke galeri bung karno yang berisi berbagai macam foto-foto dan barang peninggalan bung karno.

Kalau mau mampir ke perpus sih bisa, tapi seperti pada umumnya perpustakaan, tidak boleh mengambil gambar dalam area perpustakaan. Apalagi status perpustakaan bung karno ini adalah perpustakaan nasional.

Kalau mau cari tempat bagus buat foto-foto sih di galery Bung Karno. Karena di galery tersebut pencahayaannya dan tempatnya udah instagramable. Nggak percaya? Berikut salah satu penampakannya.
Spot Galery Bung Karno
Untuk masuk ke galery bung karno syaratnya cuma ngisi buku tamu aja. Enggak lebih. Kalau mau ambil foto juga boleh asalh tidak menggunakan flash. Nah, di tempat ini ada foto bung karno yang seperti berdetak di bagian jantungnya. Tapi ngelihatnya dari samping ya, bakal tampak seperti berdenyut.
Lukisan Bung Karno yang berdetak
Keluar dari Kawasan galeri bung karno terdapat sebuah patung dengan latar belakang kolam dengan pilar-pilar yang juga instagramable banget deh. Selain itu juga terdapat semacam patung di dinding atau apalah ya namanya yang menceritakan tentang proklamasi.
Kawasan komplek Makam Bung Karno
Kawasan komplek Makam Bung Karno
Dengan berjalan terus ke utara kamu akan menaiki tangga dan diminta untuk mengisi buku tamu. Kalau sendirian biasanya aku enggak pernah ngisi buku tamu, tapi kalau rame-rame ngisi buku tamu. Kemarin bersepuluh kata temenku disuruh membayar seikhlasnya tapi orangnya bilang dua puluh ribu. Anggap saja satu orang dua ribu rupiah.

Dibalik gerbang tersebut terdapat Makam Bung Karno dan dua orang tuanya yang selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama di akhir pekan. Kalau hari biasa sih enggak terlalu ramai, meski begitu tetap saja ada yang mengunjungi.
Makam Bung Karno
Makam Bung Karno
Keluar dari makam ini kita perlu melewati pasar oleh-oleh yang super duper muter-muter. Serius! Bikin capek, karena muter-muter terus kaya labirin berasa jauh banget rasanya.

Bersantai Sejenak di Kebono Rojo

Salah satu sudut Kebon Rojo Kota Blitar
Salah satu sudut Kebon Rojo Kota Blitar
Biasanya dari Makam Bung Karno orang melanjutkan perjalanan ke Istana Gebang, tapi enggak ada salahnya untuk mampir ke Kebon Rojo. Sebuah kebun kota dengan fasilitas terlengkap di Blitar. Ada playground anak, beberapa jenis hewan dan tempat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Di hari minggu, biasanya banyak keluarga yang piknik di tempat ini. Jaraknya juga tidak terlalu jauh dari Istana gebang. Hanya beberapa ratus meter saja. Biasanya dari Makam Bung Karno menuju ke Istana gebang akan dikenakan biaya sektiar 25 ribu rupiah.

Kebon rojo ini terletak pada jalur utama dari Makam Bung Karno ke Istana Gebang. Jadi bisa mampir sekalian hanya untuk menikmati udara sejuk sambil melihat beberapa jenis hewan koleksi.

Kebon Rojo Blitar
Kebon Rojo Blitar
Setelah cukup puas beristirahat di Kebon Rojo, perjalanan bisa dilanjutkan ke Istana Gebang. Yang jaraknya hanya sekitar 350 meter dari Kebon Rojo.

Peninggalan Bung Karno di Istana Gebang

Istana Gebang
Istana Gebang
Istana gebang merupakan rumah kakak Bung Karno, yaitu Bu Wardoyo. Meskipun begitu, ada banyak peninggalan Bung Karno di rumah ini. Apabila datang ke rumah ini, kamu akan berasa masuk ke jaman pertengahan karena perabotan yang ada di dalam rumah ini merupakan perabotan lama.

Mulai dari tempat tidur, kursi, meja dan berbagai perabotan rumah lainnya terawat cukup baik di rumah yang kini dikelolah oleh pemerintah kota Blitar. Enggak perlu bayar tiket masuk ke Istana Gebang, cukup dengan mengisi buku tamu
Ruang Tengah di Istana Gebang
Ruang Tengah di Istana Gebang

Selain itu juga terdapat mobil peninggalan keluarga Bung Karno dan balai kesenian yang digunakan untuk latihan kesenian. Dulu waktu aku masih kecil sih sering main sepak bola di halaman Istana Gebang yang luas, karena sekolahku hanya dua ratus meter dari Istana Gebang.

Setelah dari Istana gebang kamu bisa langsung menuju stasiun Blitar untuk langsung kembali pulang. Aku pikir inilah tempat-tempat wisata di sekitaran stasiun Kota Blitar yang bisa dikunjungi seharian penuh.  Karena kalau mau ambil yang agak jauh dikit ya terlalu jauh.

Rute Perjalanan Keliling Kota Blitar Seharian

Stasiun Kota Blitar
Stasiun Kota Blitar
Mungkin enam tempat wisata diatas lah yang cocok buat kamu yang cuma singgah sebentar di Blitar. Tapi kalau emang mau wisata alam di Blitar, letaknya emang enggak di Kotanya, jadi agak jauh dan sangat enggak efektif di waktu.

Untuk perjalanan aku saranin sih pakai becak, untuk rate becaknya aku juga kurang begitu tahu sih. Paling siapkan uang seratus ribu, insyaAllah semua tempat tersebut cukup kok. Kalau cari becak yang banyak itu di kawasan stasiun dan makam bung karno. Silakan nego sendiri. Kalau aku longgar, mungkin aku bisa anterin. Hehe

Lain kali aku tulis deh untuk daftar tempat wisata yang juga bisa dikunjungi dalam satu hari. Datang dengan kereta api pertama dan kembali dengan kereta api terakhir. Karena beberapa waktu lalu sempat ada yang minta dianterin. Untuk menekan biaya, berangkatnya enggak dari stasiun Kota Blitar.

Lihat Jadwal Kereta Api Stasiun Kota Blitar

You Might Also Like

0 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe