6 Tempat Wisata Dekat Stasiun Blitar

panduaji

17 comments

Link

Banyak yang bertanya tentang tempat wisata dekat stasiun Kota Blitar. Ya nggak salah sih, karena saya memang tinggal di Kota Blitar.

Biar nanti mudah kalau ada yang bertanya hal serupa, saya tulis saja di sini tempat wisata dekat stasiun Blitar yang bisa kamu kunjungi ketika singgah sebentar di sini.

Pantai di Blitar jauh nggak dari Stasiun? JAUH! Kalau cuma singgah sebentar tidak disarankan untuk main ke pantai. Setidaknya butuh waktu 3 – 4 jam kalau mau main ke Pantai. Buat perjalanan PP dan buat bersantai menikmati keindahan pantai di Blitar.

Kalau akhir pekan, biasanya ada orang-orang dari Malang / Surabaya maupun daerah lain yang dilewati kereta api dhoho maupun kereta api penataran yang liburan singkat ke Kota Blitar.

Berikut enam tempat wisata untuk city tour setengah hari di Blitar. yang bisa kamu kunjungi.

Menikmati Es Pleret di Aloon-Aloon Kota Blitar

Aloon Aloon Blitar

Aloon – Aloon Kota Blitar ini letaknya cukup dekat dengan stasiun kereta api, kamu bisa jalan kaki dari stasiun menuju tempat ini. Jaraknya cuma 500an meter dari stasiun Blitar.

Aloon-Aloon Blitar merupakan salah satu alun-alun terbesar se karesidenan Kediri. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan seperti jogging, dan olahraga. Tapi kalau wisatawan biasanya sih kulineran sambil ngadem.

Beberapa jajan khas Blitar yang bisa ditemui dengan mudah di sekitaran alun-alun adalah Susu Sapi Tunggal yang bisa ditemui sekitar pukul 6 pagi, es pleret dan es drop yang biasanya bisa ditemui sekitar pukul 10 siang.

Es Pleret di Kota Blitar

Kuliner Soto Bok Ireng Dekat Aloon Aloon Blitar

Kalau udah mulai lapar, kamu bisa mampir ke Soto Bok Ireng yang hanya beberapa ratus meter di sebelah timur Aloon-Aloon. Seporsi soto daging bok ireng disajikan dalam porsi priyayi ini dibandrol dengan harga sepuluh ribu (tahun 2022). Nambah sebungkus kerupuk dan teh yang disediakan pas jadi sepuluh ribu.

Soto Bok Ireng

Enggak suka soto daging? Coba mampir di sebelah utara soto bok ireng, ada soto ayam kampung sor seri yang rasanya juga lumayan enak dengan porsi sama bok ireng tapi harga sekitar 10 ribu kalau nggak salah. 

Meski bukan makanan khas Blitar, namun penjual soto tersebut berhasil menjadi salah satu kuliner legendaris di Blitar.

Kenapa bukan nasi pecel? Saya belum menemukan nasi pecel enak di sekitaran alun-alun yang bisa ditempuh dengan jalan kaki.

Waterpark Sumber Udel

Waterpark Sumber Udel

Waterpark Sumber Udel bisa jadi opsi buat yang mau main basah-basahan, jaraknya cuma sekitar 1km dari Stasiun Blitar. Tiket masuk ke waterpark terbesar di Blitar ini memiliki banyak fasilitas dengan HTM sebesar 13 ribu untuk hari biasa dan 15rb untuk weekend. 

Sumber Udel Waterpark

Area Makam dan Perpustakaan Bung Karno

Makam Bung Karno

Tidak lengkap rasanya kalau main ke Blitar tanpa singgah untuk berziarah ke Makam Bung Karno. Setidaknya untuk mengenang jasa-jasanya untuk republik ini.

Dalam komplek makam bung karno ini juga terdapat perpustakaan nasional RI dan galeri museum bung karno yang berisi berbagai dokumentasi dan beberapa barang peninggalan Bung Karno.

Saran saya, datang dari arah selatan menuju ke utara, biar enggak terlalu banyak muter

6 Tempat Wisata Dekat Stasiun Blitar 1

Keluar dari galeri bung karno kamu bisa berjalan ke arah utara, terdapat sebuah kolam di tengah dan tembok sebelah timur terdapat ornamen yang menceritakan tentang Proklamasi.

Setelah menaiki anak tangga ada petugas yang mengarahkanmu untuk mengisi buku tamu. Retribusi untuk pengunjung makam bung karno ini Rp3.000, tapi kalau warga kota Blitar biasanya enggak ditarik sih.

Setelah mengisi buku tamu, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke utara melewati sebuah gerbang yang menghubungkan kita ke Makam Bung Karno dan kedua orang tuanya.

Bersantai Sejenak di Kebono Rojo

Kebonrojo Blitar

Kebonrojo Blitar merupakan taman kota yang senantiasa ramai, terutama di akhir pekan. Taman kota dengan banyak koleksi satwa ini memang cocok dikunjungi bersama keluarga. Apalagi kamu tidak harus membayar tiket masuk. Cukup bayar parkir kendaraan saja.

Selain terdapat banyak satwa, tempat ini juga menyediakan berbagai macam fasilitas menyenangkan untuk anak-anak, seperti patung yang bisa bergerak, flying fox (hanya ada saat weekend), persewaan mobil-mobilan dan berbagai permainan menyenangkan untuk anak-anak

Penjual makanan dan jajanan juga ada banyak sekali di sini, jadi bisa beristirahat sekaligus kulineran di Kebonrojo.

Peninggalan Bung Karno di Istana Gebang

Istana Gebang

Istana gebang merupakan rumah kakak Bung Karno, yaitu Bu Wardoyo yang saat ini dikelola oleh Pemerintah Kota Blitar. Meski begitu, ada banyak peninggalan Bung Karno di rumah ini. Bahkan beberapa perabotan di rumah ini masih otentik

Mulai dari tempat tidur, kursi, meja dan berbagai perabotan rumah lainnya terawat cukup baik. Untuk masuk ke Istana Gebang, pengunjung tidak dikenakan biaya tiket masuk, hanya perlu mengisi buku tamu saja

Istana Gebang

Di sebelah barat Istana Gebang terdapat balai kesenian yang biasnaya digunakan sanggar tari untuk berlatih di sore hari

Setelah dari Istana gebang kamu bisa langsung menuju stasiun Blitar untuk langsung kembali pulang. Saya pikir inilah tempat-tempat wisata di sekitaran stasiun Kota Blitar yang bisa dikunjungi seharian penuh.  Karena kalau mau ambil yang agak jauh dikit ya terlalu jauh.

Rute Perjalanan Keliling Kota Blitar Seharian

Stasiun Blitar

Mungkin enam tempat wisata diatas lah yang cocok buat kamu yang cuma singgah sebentar di Blitar. Tapi kalau kamu mau mengunjungi wisata alam di Blitar seperti pantai, kebun teh, air terjun dan sebagainya. Bisa sih, tapi harus bawa kendaraan sendiri atau mau rental? Kalau mau rental sekaligus sopirnya saya bisa bantu carikan.

Lain kali saya tulis deh untuk daftar tempat wisata yang juga bisa dikunjungi dalam satu hari. Datang dengan kereta api pertama dan kembali dengan kereta api terakhir. Karena beberapa waktu lalu sempat ada yang minta dianterin. Untuk menekan biaya, berangkatnya enggak dari stasiun Kota Blitar.

Lihat Jadwal Kereta Api Stasiun Kota Blitar biar nggak ketinggalan kereta api untuk melanjutkan perjalanan. Kalau ketinggalan kereta, bisa cari penginapan di bawah ini

Saya juga menulis lebih proper tentang Wisata Dekat Stasiun Blitar

Tags:

Share:

Related Post

17 responses to “6 Tempat Wisata Dekat Stasiun Blitar”

  1. Phohan Avatar
    Phohan

    Mas, bisa minta list temmpat wisata yang bisa dikunjungi dalam 1 hari saja. Berangkatnya via KA dari Malang ke Blitar dan pulangnya via KA juga sih kalau sempat. Terimakasih sebelumnya mas.

    1. panduaji Avatar
      panduaji

      Semua destinasi di atas bisa kok dikunjungi dalam sehari 🙂

  2. Unknown Avatar
    Unknown

    Kpn2…pgin berkunjung k sini

    1. Khoirun nisa Avatar
      Khoirun nisa

      Kak..mau tanyak.. Tgl 1 besok saya mau ke blitar .kira” ke museum bungkarno tutup apa ndak ?

      1. panduaji Avatar
        panduaji

        semua tempat wisata di Blitar tutup sampai tanggal 4 Januari 2021

  3. ferdian Avatar
    ferdian

    mas tempat penginapan yg dekat dari stasiun apa ya mas, penginapan yang terjangkau buat dompey remaja yg mau soli traveling xixi

    1. panduaji Avatar
      panduaji

      waduh, kurang begitu tahu aku kalau penginapan. taunya hotel deket stasiun. haha nggak pernah soalnya

  4. Bilavatif Avatar
    Bilavatif

    Mas mau tanya kira” kalo ke kampung coklat dari stasiun naik apa yaa mas

    1. panduaji Avatar
      panduaji

      bisa naik angling / bemo. atau mau naik ojol juga ada, tapi jalannya agak jauhan dikit. soalnya nggak boleh di stasiun

  5. pri Avatar
    pri

    mas tempat wisata makan bung karno bsk tgl 23 maret buka?

    1. panduaji Avatar
      panduaji

      Buka

  6. Ria Ayu Nastiti Avatar
    Ria Ayu Nastiti

    Mas kalau dari stasiun ke waterpark sumber udel naik gr*b car ada ya di sana ?

    1. panduaji Avatar
      panduaji

      ada, cuma harus jalan kaki agak jauh dulu. Karena grab gak boleh ambil dalam stasiun

      1. Ria Ayu Nastiti Avatar
        Ria Ayu Nastiti

        Biasanya titik nya di mana ya soalnya saya bukan orang blitar jadi gk tau

        1. panduaji Avatar
          panduaji

          depan pasar wage, jalan kaki sekitar 300 meter ke timur

  7. Sutrisni risni Avatar
    Sutrisni risni

    mas kalau mau ke blitar park naik KA jauh tidak

    1. panduaji Avatar
      panduaji

      Nggak terlalu jauh, sekitar 5km. Kalau dari stasiun garum lebih dekat cuma sekitar 3km. angkutan umum ada bus / kol kalau dari stasiun garum. Kalau dari stasiun blitar kota cuma ada ojol

Leave a Comment