Langkah - Langkah Install MIUI 8, TWRP, Root dan Fix 4G di Redmi Note 3 Pro untuk Pemula

Kamis, Oktober 27, 2016

Beberapa bulan terakhir ini aku sudah menggunakan handphone redmi note 3 pro. Sebuah handphone yang cukup untuk berbagai macam kebutuhan jualan onlineku. Salah satu hal yang menarik dari perangkat ini adalah sudah mendukung jaringan 4G. Itu bisa digunakan ketika baru beli dan kamu sudah menggunakan kartu 4G. Kalau belum menggunakan SIM card 4G, bisa datang ke galeri operator terdekat untuk ditukarkan.
Langkah - Langkah Install MIUI 8, TWRP, Root dan Fix 4G di Redmi Note 3 Pro
Fastboot Mode Redmi
Ternyata, setelah melakukan update, pilihan jaringan 4G hilang dari menu. Sehingga paketan 4G enggak berguna sama sekali ketikka main ke Surabaya. Karena penyesalan ada dibelakang, sekarang sudah saatnya move on. Sebenernya ada banyak referensi cara yang bisa digunakan. Aku banyak mencoba cara-cara yang ada di forum resmi, blog-blog dan group facebook.

Dari banyak cara yang sudah aku coba, akhirnya aku menemukan panduan paling berhasil aku coba di beberapa perangkat redmi note 3 pro. Revisi panduan terakhir ini oleh Ad Hi Tya di group facebook [Official] Xiaomi  Redmi Note 3 Pro Indonesia.  Tertulis dalam file doc group yang berjudul "[TUTORIAL MUDAH] ubl+trwp+root+4g+flash SEMUA ROM atasi bootloop bagi NEWBEE(awam)". Gabung aja kalau kamu pemilik handphone redmi note 3 pro, bisa sharing antar anggota yang bener-bener baik banget.

Meski sudah ada panduan lengkapnya, tetapi aku mengurangi beberapa langkahnya, karena kalau ngikutin persis ternyata ada yang enggak beres, mulai dari unable to mount '/data' sehingga enggak bisa buat ambil foto kalau enggak pakai SD Card. Jadi sedikit di sini ada sedikit modifikasi dari tutorial yang ada di group facebook tersebut.

Peralatan untuk Install MIUI 8, TWRP, Root dan Fix 4G di Redmi Note 3 Pro

Berikut daftar peralatan yang perlu kamu siapkan sebelum melakukan tutorial ini. Pastikan semua sudah tersimpan rapi dalam satu folder sehingga kamu enggak kebingungan mencarinya. Berikut bahan-bahan yang perlu di download terlebih dahulu (yang enggak aku pakai enggak aku cantumin)
  1. Anf
  2. Rom Fastboot (aku pakai 6.9.29 waktu bikin tutorial ini)
  3. TWRP Cofface
  4. Supersu
  5. Lazyflahser
  6. Boot edl (wajib untuk yang bootloop)
  7. Fix 4G (Android Lollipop dan Android Marshmallow) special thanks buat Indra Binunners
  8. Install Mi PC Suite
  9. Install Mi Flash
  10. Download Mi Unlock
  11. Install ADB
  12. PC / Laptop Windows 64bit
  13. Kabel OTG dan Flashdisk (Simpan file SuperSu, Lazy Flasher dan Fix 4G di dalamnya)
Sebelum memulai proses ini, langkah pertama adalah mendownload semua file diatas. 

Unlock Mi Devices

unlock mi device
Cara Unlock Mi Device ada pada gambar diatas
Langkah pertama sebelum memulai semua langkah diatas adalah melakukan unlock device. silakan request permission unlock mi device dulu setelah itu baru baca lanjutannya. Proses request ini membutuhkan waktu sekitar 10 - 12 hari. Jadi alangkah baiknya sabar dulu untuk proses unlock bootloader ini.

10 hari kemudian setelah disetujui jalankan Mi Unlock dan login menggunakan akun mi yang sudah disetujui untuk melakukan unlock. Untuk proses unlock ini kamu perlu masuk ke mode fastboot gambar kelinci mi. Caranya

Cara Masuk Mode Fastboot dan Unlock Redmi Note 3 Pro

Matikan smartphone. Ketika ponsel dalam posisi mati, tekan dan tahan tombol power dan volume down secara bersamaan. Tunggu sampai muncul kelinci yang unyu-unyu muncul. Selamat, kamu sudah masuk dalam mode fastboot. 

Sambungkan kabel Redmi Note 3 Pro ke PC dengan kabel USB Ori. Nantinya di Mi Unlock akan muncul gambar fastboot mode dan tekan unlock. Tunggu prosesnya hingga proses unlock selesai. Enggak lama kok prosesnya. 

Selamat, smartphone kamu sekarang sudah dalam kondisi unlock, sehingga kamu bisa melakukan flash ROM.

Flash ROM MIUI 8 Redmi Note 3 Pro

Buat sebuah folder yang mudah diakses untuk menyimpan semua data seperti ANF, ROM Fastboot, Boot EDL (Nama filenya Unbrick Redmi Note 3 Pro Tanpa Testpoint). Anggep aja nama foldernya Kenzo ya.

Extract Fastboot Room sampai 2 kali hingga kamu menemukan folder images. Ukurannya cukup gede jadi lumayan lama extractnya. 

Masukkan HP ke dalam mode fastboot dan klik 2 kali pada file reboot.bat. File ini akan membuat handphone masuk dalam mode reboot edl.
Browse Folder Image Fastboot
Browse Folder Image Fastboot
Buka Mi Flash terbaru (Install dulu) klik browse dan arahkan ke folder kenzo yang di dalamnya terdapat folder image (lihat gambar). Setelah ketemu tekan tombol refresh sehingga handphone dikenali oleh komputer. Tandanya muncul tulisan COMXX di komputermu.

Pada bagian bawah, pilih clean_all / flash_all.bat. Tunggu sampai proses flashing selesai. Biasanya sih membutuhkan waktu sekitar 200a detik. Kalau sudah selesai, jangan langsung dinyalakan. Matikan aja dulu handphonenya.

Install TWRP, Root dan Fix 4G

Masuk ke mode fastboot lagi untuk, lupa caranya? Scroll keatas. Pastikan handphone masih terhubung dengan komputer / laptop dengan kabel USB. Buka file cmd.exe yang ada di folder kenzo (hasil extract file ANF).
Perintah Install TWRP
Perintah Install TWRP
Ketik 
fastboot oem unlock-go 
Setelah itu handphone akan terestart. Jangan cabut kabelnya dulu ya. Masih di tempat yang sama, ketik
fastboot flash recovery lokasifiletwrp.img (bisa drag n drop file twrp.img by cofface dari file explorer ke cmd)
Setelah itu langsung ketik
fastboot boot lokasifiletwrp.img (sama kaya atasnya)
Ganti Bahasa di TWRP
Ganti Bahasa di TWRP
Tidak lama, handphone akan ter-restart dan masuk ke mode recovery twrp. Cabut kabel yang terhubung ke komputer / laptop. Jangan bingung kalau pakai bahasa cina, cukup tekan tombol yang kanan dan pilih english maka semua tulisan akan berubah menjadi bahasa inggris. Swipe tombolnya dan pilih install

Select storage dan pilih USB Storage kalau kamu pakai USB yang terhubung ke OTG. Pilih file Super SU, Lazyflasher dan Mod Teleservice. Mod teleservice download yang sesuai dengan OS Androidnya ya. Setelah itu swipe dan tunggu sampai prosesnya selesai.
Proses install via TWRP
Proses install via TWRP
Kalau udah tinggal reboot system dan tunggu prosesnya dengan mandi dulu atau makan dulu. Karena prosesnya cukup lama sekitar 10 menitan. Ketika berhasil, nanti kamu akan kembali setup sama seperti baru beli dulu, bedanya kalau beli masih MIUI 7, sekarang sudah MIUI 8.

Kalau ada yang mau ditanyakan bisa langsung tinggalkan komentar di kolom komentar atau langsung tanya ke group facebook [Official] Xiaomi  Redmi Note 3 Pro Indonesia.

Catatan : Segala resiko kerusakan akibat mengikuti tutorial ini ditanggung sendiri ya. Aku udah berhasil nyoba cara ini di dua handphone Redmi Note 3 Pro. Jadi, kalau kamu sudah paham dengan resiko Install MIUI 8 + TWRP + Root + Fix 4G di Redmi Note 3 Pro bisa langsung dicoba. Siapa tahu cara ini cocok buat kamu yang pengem mengembalikan settingan 4G di Redmi Note 3 Pro.

Kalau ada kesalahan dalam penulisan postingan ini tolong dikoreksi ya :)

You Might Also Like

0 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe