3 April 2017

Tsukiji Fish Market, Surganya Penggemar Kuliner Seafood di Tokyo

Jum'at mungkin hari yang enggak panjang di Indonesia, karena menjelang bedug udah bukan jam produktif lagi untuk bekerja. Sebagian sudah bersiap-siap untuk menunaikan ibadah sholat jum'at. Aku pun juga sama, lebih banyak males-malesan kalau jum'at di rumah. Biasanya juga masak buat sarapan habis gitu baru aktivitas produktif ba'da jum'atan.
Tsukiji Fish Market

Berbeda dengan di Jepang. Sebagai minoritas yang sedang piknik. Tidak ada yang namanya produktif. Agenda di hari jum'at itu main ke Tsukiji Fish Market. Sebelumnya memang ada wacana buat ikutan pelelangan ikan, tapi karena sepertinya enggak worthed mending cari sarapan aja di Tsukiji Fish Market.

Kuliner Seafood Segar di Tsukiji Fish Market

Penjual di Tsukiji Fish Market
Penjual di Tsukiji Fish Market
Hari kedua di Jepang rencana emang main ke salah satu tempat wajib buat pecinta kuliner di Tokyo. Yaitu Tsukiji Fish Market. Bisa dibilang tempat ini merupakan surganya kuliner untuk para pecinta seafood.

Dari stasiun Asakusa yang deket sama Enaka Asakusa Central Hostel aku naik Asakusa Line jurusan Nishi-Magome (Platform 1) turun Higashi-ginza Station oper ke Hibiya Line jurusan Kita-Senju dan turun di Tsukiji Station. Ini adalah sebuah kesalahan, harusnya aku turun di Tsukiji Shijo Station biar lebih deket. Aku lupa waktu dari stasiun itu keluar ke arah mana. Pokoknya tembus ke sentral pergudangan ikan gitu. Tapi aku enggak menemukan banyak penjual makanan seafood seperti yang ada di video video youtube. Memang ada beberapa penjual makanan tapi kok beda sama yang di youtube ya?

Setelah berjalan cukup lama dan muter-muter, ternyata kita baru sadar berada di Tsukiji Market yang berbeda dengan di video.  Akhirnya cari wifi dan searching posisi untuk memastikan bahwa berada di jalan yang benar biar sama kaya di video youtube.

Setelah menemukan Tsukiji Market yang seperti di youtube, Aku memberanikan diri untuk mencoba beberapa menu yang ada. Ada Bulu Babi yang dijual segar mentah dengan harga 1200 yen. Awalnya aku kira cuma 200yen, tapi ternyata angka satunya ketutupan sama tangan orangnya yang lagi njualin orang. Duh, apes! Jatah makan sehari habis gegara Bulu Babi segar satu ekor. Terlanjur gengsi karena udah pesen, aku bayar pakai 2000 yen. Mungkin karena orangnya males ngasih kembalian, jadi aku cuma perlu bayar 1000 yen aja. Duh, gusti matur nuwun!

Bulu babi segar
Bulu babi segar
Aku hampir muntah makan bulu babi mentah yang segar. Sepertinya memang enggak cocok makan kaya ginian. Tapi berhubung terlanjur beli mahal, kan sayang kalau enggak dihabisin. Jadi ya habis aja.

Karena masih eneg sama bulu babi, aku coba pesan belut bakar dengan harga 200yen. Nah lumayan buat penawar eneg bulu babi dan pengganjal perut. Karena hari sudah semakin siang dan semakin lapar belum lagi ngejar waktu Jum'atan. Akhirnya kami nyari kedai dan mencoba pesan Sashimi.
Tsukiji Fish Market
Tsukiji Fish Market
Pertama kali makan sashimi, kesannya cukup sekali aja dan enggak mau makan lagi. Perpaduan rasanya bener-bener nggak cocok buatku. Maklum enggak pernah makan makanan mentah :D.

Baca : Nyoba Ramen Halal di Naritaya Tokyo

Potongan ikan segar dan udang segarnya sih enak. Tapi yang telur ikan, cabe-cabean entah apa yang rasanya pedesnya aneh itu bikin nggak banget deh buat lanjut makan. Udah cukup sekali aja beli sashimi yang dibandroll 1500 yen,

Sashimi di Tsukiji Fish Market
Sashimi di Tsukiji Fish Market
Selain nyobain Sashimi, waktu pulang nyobain macha ice cream yang harganya 400 Yen. Banyak yang jual di sekitar Tsukiji Fish Market. Selain matcha, tersedia juga rasa-rasa lain. Jadi bisa kamu coba untuk menghilangkan rasa enek habis makan seafood yang rata-rata mentah :D.
Matcha Ice Cream di Tsukiji Fish Market
Matcha Ice Cream di Tsukiji Fish Market
Ice creamnya lembut dan beneran krasa matchanya. Recomended buat dicoba sih. Tapi jangan coba-coba untuk dirupiahin ya. Berasa banget mahalnya. Masa iya 1 cone harganya hampir 50 ribu :D. But worth banget buat dicoba.

Cara Menuju Tsukiji Fish Market

Salah satu penjual di Tsukiji Fish Market
Salah satu penjual di Tsukiji Fish Market

Buat kamu yang pengen nyobain ke Tsukiji Fish Market, jam bukanya itu kondisional ya sesuai kebijakan masing-masing toko. Kalau mau ke sana jangan hari Minggu, karena hari Minggu banyak yang tutup. 

Untuk menuju Tsukiji Fish Market kamu bisa mencoba menggunakan beberapa alternatif berikut.
  • Dari Tokyo Station ambil Marunouchi Subway Line dari Tokyo ke Ginza (3 menit). Setelah itu pindah ke Hibiya Subway Line ke Tsukiji Station (3 menit). Kalau pakai rute itu, harga tiket 170 Yen
  • Dari Shinjuku naik Oedo Line langsung turun Tsukiji Shijo Station. One way trip butuh waktu sekitar 20 menit. Harga tiketnya 270 Yen.
Kalau pakai JR dan mau jalan jauh, kamu bisa coba turun di Stasiun Shimbasi dan jalan sekitar 15 menitan lah. Berhubung aku masih pakai Subway Metro, jadi perjalanan roundtrip ke Tsukiji Fish Market ke cover.

FYI aja, katanya Tsukiji Fish Market mau ditutup dan dipindah ke daerah Toyosu akhir taun 2017 ini. Make sure aja sebelum berangkat apakah lokasinya sudah berubah atau belum. Kemarin sih belum. 



Posting Komentar

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search