13 Juni 2017

Tips Pakai Wifi Gratisan Selama 12 Hari di Jepang! Backpackeran Lebih Hemat Tanpa Rental Wifi

Tidak bisa dipungkiri kalau koneksi internet merupakan salah satu hal yang wajib bisa diakses oleh para backpacker, apalagi di negara sebesar Jepang. Tentu dengan adanya jaringan internet dalam perjalanan backpacker ke Jepang akan sangat membantu untuk mencari rute menuju suatu daerah. Tapi bagaimana kalau ternyata anggaran untuk menikmati internet dimana saja cukup mahal (baik menggunakan pass operator maupun rental wifi)?
Backpackeran di Jepang Tanpa Rental Wifi / Paket Internet
Backpackeran di Jepang Tanpa Rental Wifi / Paket Internet
Satu-satunya cara untuk menekan pengeluaran dari kebutuhan internet ini adalah memanfaatkan wifi gratisan selama liburan di Jepang. Jujur selama 12 hari keliling Jepang yaitu ke Tokyo, Kyoto dan Osaka, aku berhasil survive mengandalkan wifi gratisan. Bahkan temenku yang kuliah di Jepang sangat menyarankanku buat rental wifi dan cukup khawatir dengan keputusanku untuk memanfaatkan wifi gratisan selama di Jepang! Dia aja sudah beberapa tahun di Jepang masih sering nyasar kalau menuju suatu tempat, apalagi orang yang belum pernah ke Jepang sama sekali sepertiku. (Baca : Nongkrong di Shinjuku). Untungnya bisa pulang dan nulis artikel ini sekarang :D.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini aku mau berbagi tips dan trick memanfaatkan wifi gratisan yang ada di Jepang selama traveling. Karena beberapa kali ada orang yang cari referensi tentang pakai wifi gratisan di Jepang belum nemu. Bahkan ada seorang mbak-mbak yang mau pergi ke Jepang bilang. Sepertinya baru sampean yang pernah survive lama di Jepang tanpa rental wifi sama sekali. Nah, mungkin di luar sana banyak yang memilih untuk menggunakan wifi gratisan tetapi mereka memang enggak nulis blog. Jadi pada enggak tahu ceritanya.

Mayoritas yang ditanyakan saat mau liburan ke Jepang itu rental dimana yang murah? Atau pakai kartu apa :D.

Download Aplikasi untuk Konek Wifi Gratis di Jepang

Buat kamu yang mau berangkat ke Jepang, HARUS download dan mengaktifkan akun sebelum datang ke Jepang! Ada beberapa pilihan aplikasi wifi gratis yang bisa digunakan, namun selama di Jepang aku cuma menggunakan aplikasi Japan Wifi!

Untuk aktivasinya cukup mudah, yaitu menggunakan akun jejaring sosial seperti facebook maupun twitter. Cukup buka aja aplikasinya setelah install buat aktivasi. Temenku kemarin baru buka aplikasinya setelah sampai di bandara haneda. Dan itu dalam kondisi belum teraktivasi. Sehingga enggak bisa digunakan sama sekali selama seharian keliling.
Aplikasi Japan Free Wifi
Aplikasi Japan Free Wifi
Ada baiknya sebelum terbang ke Handea / Narita / KIX, kamu buka aplikasinya dan memastikan kalau konten di aplikasi sudah terupdate! Kemarin aku sempat ngupdate waktu di subway, dan di tengah jalan koneksi terputus karena kereta jalan. Alhasil aplikasi enggak bisa digunakan sama sekali hingga update berhasil aku lakukan waktu di guest house. 

Meski ada banyak wifi gratisan di Jepang, tanpa menggunakan aplikasi ini kamu tidak akan bisa terhubung. Karena untuk memanfaatkan wifi gratis tersebut kamu harus menyetujui beberapa peraturan. Fungsi aplikasi ini adalah untuk melakukan redirect ke halaman web persetujuan. Kalau sudah kamu accept tanpa perlu baca kamu sudah bisa menggunakan koneksi internet tersebut. Penyedia hotspot gratis ini bervariasi dengan berbagai macam halaman redirect yang berbeda-beda. Sehingga dengan aplikasi ini kamu bisa langsung diarahkan ke halaman persetujuan untuk menekan tombol accept.

Salah satu contoh yang aku inget sih waktu di Family Mart, persetujuannya adalah penggunaan wifi ini dibatasi 20 menit untuk setiap sesinya dengan jumlah maksimal 5 sesi per harinya. Jadi kalau sudah datang ke 5 family mart berbeda-beda di hari yang sama, kamu enggak bisa menggunakannya lagi di family mart ke enam hari itu. Ada baiknya menggunakan wifi di Lawson / Sevel. Gampang kan :D ?

Untuk mendownload aplikasi ini, kamu bisa search di google play atau dengan menekan link di bawah ini. Sama saja


Dimana Aja Lokasi Wifi Gratisnya?

Dari perjalanan 12 hari di Jepang tanpa rental wifi, aku menemukan fakta mencengangkan *walay! Wifi gratis ini tersebar di seluruh Convenience Store. Hampir bisa dipastikan kalau setiap convenience store itu ada wifi gratisnya. Pokoknya wifi yang mengandung frase FREE_WIFI, hampir bisa dipastikan dapat kamu gunakan secara gratis. Namun ada beberapa yang nggak bisa konek seperti NamaOperator_FREE_WIFI. Aku coba itu enggak bisa konek. Kalau misal lagi di sevel / lawson ada wifi gratis gak bisa konek, ada kemungkinan kalau sedang ada gangguan dengan jaringannya :D. Silakan coba di toko lain. 

Selain ada di Convenience Store, wifi gratis ini juga bisa dinikmati di public area. Kalau di Tokyo ada di Tokyo Tower, Stasiun, Mall dan sejenisnya. Kalau di Kyoto agak susah, karena public area dan kawasan wisatanya merupakan tempat yang bersejarah, sehingga jarang ada wifi. Kamu akan sangat terbantu dengan adanya peta offline dalam bentuk hardcopy ketika di Kyoto. Di Osaka juga mudah menemukan wifi gratisan hampir di setiap destinasi wisata.

Cara Menggunakan Aplikasi Wifi Gratis

Aplikasi Wifi Gratisan di Jepang
Aplikasi Wifi Gratisan di Jepang
Cara menggunakannya sebenernya cukup simple kok. Berikut langkah-lalngkahnya
  1. Buka aplikasi Japan Wi-Fi
  2. Pastikan ada wifi gratisan di sekitarmum. Selama nama hotspotnya memiliki kata-kata free wifi, coba konekin aja. Siapa tahu bisa
  3. Tekan tombol Connect
  4. Tunggu proses konek dan kamu akan diarahkan ke halaman persetujuan
  5. Setelah accept di halaman persetujuan kamu bisa memanfaatkan wifi gratis sesuai dengan ketentuan penyedia hotspot.
Mudah kan? Kalau ada pertanyaan seputar wifi silakan tinggalkan di kolom komentar, nanti akan saya coba buat balas dan update di bawah artikel ini supaya bisa membantu temen-temen yang juga mau berhemat ke Jepang tanpa rental wifi.

Posting Komentar

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search