panduaji

Kategori: Uncategorized

Create Mind Map

Diperbarui:

Sebagai bagian dari komitmen kami terhadap transparansi, beberapa link di situs kami adalah link afiliasi. Artinya, tanpa biaya tambahan untuk Anda, kami mungkin mendapatkan komisi jika Anda memutuskan untuk melakukan pembelian melalui link tersebut. Komisi ini membantu kami membiayai keberlangsungan blog ini.

Create Mind Map 1Mind map, mungkin sebuah kata yang belum terlalu familiar buat kita para pelajar. Karena memang belum tau apa itu mind map. Sekedar mau berbagi sedikit pengalaman dari orang yang sukses. Mind map itu sendiri terdiri dari 2 kata, yaitu mind yang berarti fikiran dan map adalah peta. Jadi Mind Map bisa diartikan Peta konsep tentang apa yang kita fikirkan.

Layaknya hardisk pikiran kita telah menyimpan data yang banyak. Semakin penuh hardisk kita maka kecepatan hardisk akan menurun. Otak kita pun sama dalam hal ini. Semakin banyak pikiran kita semakin kita sulit mengingat hal – hal sepele yang bahkan sudah ada di luar otak kita.

Untuk mengoptimalkan kinerja otak, kita perlu membuat sebuah mind map. Karena dapat mengurangi pikiran kita. Mind map layaknya virtual hardisk buat otak kita. Kita dapat menuliskan apa yang kita fikirkan kedalam sebuah perangkat digital. Dan untuk mengurangi pikiran kita dapat melupakan hal yang sudah kita tulis. Ini digunakan untuk mengurangi beban otak kita dalam mengingat suatu hal. Untuk mengingatnya kita tinggal membuka mind map virtual kita.

Dengan adanya Mind Map kita juga akan terbantu dalam pengelompokan kegiatan yang telah kita fikirkan. Sehingga otak kita seperti telah di defrag. Sehingga mudah dalam mengingat suatu hal. ini dapat diumpamakan dalam sebuah perpustakaan dimana kita telah memiliki banyak buku dan letaknya telah tertata rapi sesuai dengan kelompoknya. Maka kita akan mudah dalam mencari sebuah buku dibandingkan dengan sebuah perpustakaan dengan letak buku yang tidak beraturan.

Dalam virtual hardisk ini kita dapat menggunakan software open source yang bisa dijalankan di berbagai operasi sistem. Software ini bernama FreeMindMap yang bisa di dapatkan di Sourceforge.net

Shopee Lovember

2 thoughts on “Create Mind Map”

Leave a Comment