Blender Template

Blender Template 1
Splash screen Blender
Blender merupakan salah satu software multimedia yang powerful, dimana kita bisa memulai sebuah project animasi hingga selesai menggunakanannya. Jika kita dapat memanfaatkan semua fitur yang ada, kita tidak perlu menggunakan software lain untuk membuat sebuah project animasi.

Oleh karena Blender dapat digunakan untuk berbagai macam pengolahan digital, jangan heran jika banyak sekali jenis jendela yang disediakan. Kita dapat memilih tampilan-tampilan sesuai dengan keinginan, selain itu konsep tampilan yang freestyle cocok buat tiap individu untuk mendapatkan tampilan sesuai dengan keinginan masing-masing.

Lepas dari semua itu, Blender pada defaultnya telah menyediakan beberapa template tampilan, tentunya tiap tampilan memiliki fungsi tersendiri. Berikut tampilan default  Blender yang biasanya digunakan untuk modeling. Pada template default kita disediakan tool 3D View, Outline, Properties, dan Timeline
Blender Template 2
Tampilan default Blender
Tampilan tersebut biasanya digunakan untuk modeling, namun tampilan tersebut bisa kita ubah sesuai dengan keinginan dengan cara split and join area.

Saat kita ingin melakukan pekerjaan lain, yang tidak cocok dengan tampilan default, sedangkan kita merasa kesulitan dalam melakukan split dan join area, kita bisa memilih template yang sudah disediakan oleh Blender.
Blender Template 3
Pilihan template tampilan
Untuk template yang paling atas adalah Animation, Pada jendela ini, kita disediakan tool-tool yang paling sering digunakan dalam membuat animasi, seperti Dopesheet, Graph Editor, 3D View, Timeline, Outline, Camera view dan Properties
Blender Template 4
Template tampilan animasi
Template Compositing digunakan untuk melakukan compositing yang mana kita akan disediakan Node Editor, UV / Image Editor, 3D View, Properties dan Timeline.
Blender Template 5
Pilihan template compositing
Untuk template default sudah saya bahas diatas. Setelah default merupakan template Game Logic. Template ini digunakan untuk membuat game. Pada tampilan ini kita akan disediakan 3D View, Outline, Text Editor, Logic Editor, dan Properties
Blender Template 6
Pilihan template game logic
Template scripting digunakan bisa digunakan untuk animasi maupun game, pada template ini kita disediakan tool Text Editor, 3D View, Outline, Properties, dan 2 jendela Console yang kita gunakan saat coding.
Blender Template 7
Pilihan template scripting
Pada template UV Mapping kita hanya disediakan jendela UV / Image Editor dan 3D View yang digunakan untuk UV Texture dll.
Blender Template 8
Pilihan template UV Mapping
Pada template Video Editing, kita disediakan jendela Graph Editor, Timeline, dan 2 jendela Video Sequence Editor, yang mana salah satunya digunakan untuk melihat preview video dan satunya digunakan untuk menata video, image, sound maupun effect.
Blender Template 9
Pilihan template video editing

Tampilan yang disediakan Blender tersebut belum tentu nyaman buat kita, namun setidaknya tampilan tersebut bisa menjadi referensi tool-tool yang kita butuhkan pada saat pengerjaan sebuah project. Kita bisa otak-atik lagi tampilan tersebut sesuai keinginan. Semoga sedikit share saya ini bisa bermanfaat.


Saya juga ada di Instagram facebook Twitter dan Youtube Suka menulis tentang blogging di panduaji.com

Leave a Comment