panduaji

Kategori: Uncategorized

Konsep 3D

Diperbarui:

Sebagai bagian dari komitmen kami terhadap transparansi, kami ingin informasikan bahwa beberapa link di situs kami adalah link afiliasi. Artinya, tanpa biaya tambahan untuk Anda, kami mungkin mendapatkan komisi jika Anda memutuskan untuk melakukan pembelian melalui link tersebut

Konsep 3D 1
3D img by Wikipedia
Beberapa waktu lalu teman saya meminta saya untuk menulis tentang konsep 3D, karena dia ingin sekali belajar tentang 3D. Kali ini saya akan sedikit menjelaskan konsep 3D menurut pandangan saya.

3D merupakan kependekan dari 3 Dimensi. 3 dimensi yang dimaksud adalah panjang, lebar dan tinggi, biasanya diwakili dengan istilah X, Y dan Z. Sebuah objek dapat dikatakan objek 3D apabila memiliki 3 dimensi tersebut. Bertemunya ketiga dimensi tersebut memberikan sebuah istilah lagi, yaitu volume atau ruang.

Saat ini 3D banyak dingunakan dalam berbagai bidang, seperti seni, komputer, matematika dan animasi. Saya tidak mungkin membahas 3D dalam matematika, karena itu cukup membuat otak saya mendidih :D. Oleh karena itu saya akan bahas 3D dalam animasi yang sedang saya dalami.

Saya gunakan software Blender untuk menerangkan 3D. Dalam dunia animasi ada 2 sudut pandang 3D, yaitu sudut pandang prespektif dan sudut pandang orthographic

Sudut pandang Perspektif merupakan sudut pandang mata (gampangannya). Karena dengan sudut pandang perspektif kita pandangan kita pada objek 3D memiliki satu titik lenyap, sama seperti kita kita melihat dengan mata.
Konsep 3D 2
Sudut Pandang Prespektif

Sedangkan sudut pandang Orgthographic merupakan sudut pandang 2D. Dimana objek 3D terlihat sebagai sebuah objek 2D yang hanya memiliki panjang dan lebar.
Konsep 3D 3
Sudut Pandang Orthographic / Orthogonal
Tolong dikoreksi jika ada yang salah, guna mendapat tulisan yang bagus. Terima kasih 🙂
Shopee Lovember

Leave a Comment