panduaji

Kategori: Uncategorized

Worskhop Blender UTY

Diperbarui:

Sebagai bagian dari komitmen kami terhadap transparansi, beberapa link di situs kami adalah link afiliasi. Artinya, tanpa biaya tambahan untuk Anda, kami mungkin mendapatkan komisi jika Anda memutuskan untuk melakukan pembelian melalui link tersebut. Komisi ini membantu kami membiayai keberlangsungan blog ini.

Worskhop Blender UTY 1
Rigging

Minggu 9 Januari 2011, Saya dan Mas Hiza perlahan tapi pasti menuju daerah utara Yogyakarta (ring road utara). Ada Workshop Blender di UTY (Universitas Teknologi Yogyakarta) yang harus kami datangi. Sesampainya di area kampus UTY kami langsung menuju lab komputer di lantai 3 yang merupakan lokasi workshop. Setelah sedikit ngobrol dengan dosen dan panitia workshop, saya langsung mempersiapkan peralatan untuk workshop.

Sekitar 40an mahasiswa yang hadir dalam lab tersebut, jumlah yang cukup banyak untuk sebuah workshop ‘dadakan’. Ini merupakan Workshop internal yang hanya diikuti oleh mahasiswa UTY. Pada awal acara, kami tidak langsung otak-atik Blender. Ada pepatah yang mengatakan bahwa tak kenal maka tak sayang, oleh karena itu pada awal acara yang dimulai pukul 9 kami memperkenalkan kepada peserta, apa Blender itu?

Sekitar pukul 10.00 bantuan blender army dari Open Studio Society datang membantu kami untuk sekedar berbagi ilmu Blender kepada peserta. Banyak peserta yang dapat mengikuti apa yang disampaikan oleh mas Hiza meliputi modeling dan texturing. Memasuki Rigging dan Animasi yang dibawakan oleh mas Abe banyak peserta yang kebingungan. Menurut saya pribadi bagian rigging merupakan bagian yang sulit, karena harus memahami constraint.

Worskhop Blender UTY 2
Demo Piandu
Setelah semua itu dipelajari, saya mendapat kesempatan 1 jam mengisi materi tentang pengenalan game engine. Awalnya saya mendemokan apa yang pernah saya buat menggunakan BGE (Blender Game Engine) seperti Piandu. Tidak lupa saya juga tampilkan game karya teman-teman OSS, Adventure Boy. Setelah itu saya menerangkan dasar logika game engine. Saya meminta para peserta untuk langsung mengikuti apa yang saya lakukan. Saat itu saya praktekkan dengan logika sederhana, yaitu bagaimana membuat objek bergerak ketika kita menekan tombol pada keyboard, pada dasarnya peserta merupakan mahasiswa yang mendalami programing, mereka tidak mengalami kesulitan saat bermain-main dengan logika yang disediakan Blender.

Tidak terasa workshop yang berlangsung selama 6 jam hampir selesai, karena sudah tidak ada yang ingin dibicarakan lagi, kita tutup workshop tersebut dengan sebuah film animasi berjudul Big Buck Bunny, yang di produksi oleh Blender Foundation pada tahun 2007. Tampak beberapa peserta akrab dengan teman-teman OSS. Semoga perjuangan peserta di dunia kreatif yang bebas dan legal bisa berlanjut. 
Worskhop Blender UTY 3
Join US!

Salam Blender!
Shopee Lovember

2 thoughts on “Worskhop Blender UTY”

Leave a Comment