panduaji

Kategori: Uncategorized

Hidden Folder di Ubuntu

Diperbarui:

Sebagai bagian dari komitmen kami terhadap transparansi, beberapa link di situs kami adalah link afiliasi. Artinya, tanpa biaya tambahan untuk Anda, kami mungkin mendapatkan komisi jika Anda memutuskan untuk melakukan pembelian melalui link tersebut. Komisi ini membantu kami membiayai keberlangsungan blog ini.

Kali ini saya akan share sedikit tips and trick mengenai ubuntu. Jangan khawatir, The Making of Piandu Insyaallah rilis pada awal bulan Mei, semoga tidak ada halangan seperti sebelumnya. Kali ini saya akan share mengenai hidden folder di Ubuntu. 

Berbeda dengan windows, pada ubuntu kita tidak akan menemukan option / plihan hidden ketika memilih properties pada menu klik kanan. Beberapa dari kita mungkin ingin menyembunyikan beberapa folder yang dianggap berbahaya jika diketahui orang lain, misalkan foto-foto pribadi, rahasia perusahaan atau yang lainnya.

Untuk melakukan hidden pada folder kita cukup tambahkan . (titik) didepan folder yang ingin kita hidden. Setelah menambahkan titik coba close nautilus kemudian buka lagi, Insyaallah folder yang kita tambahkan titik didepannya tidak akan kelihatan lagi.
Hidden Folder di Ubuntu 1
hidden

Untuk menampilkan atau menyembunyikan folder yang terhidden kita cukup tekan Ctrl + H. Atau dengan menekan menu View – Show Hidden Files. Cukup mudah bukan? Semoga membantu dalam menyembunyikan data-data penting yang rahasia.

Hidden Folder di Ubuntu 2
hidden preview

Shopee Lovember

Leave a Comment